Efektivitas Model Pembelajaran DIIASE (Display Problem, Identify Problems, Investigation, Analysis, Sharing, Evaluation) untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis pada Pembelajaran Fisiska di SMA

Lu'luul Maknuniyah, I Ketut Mahardika, Supeno Supeno

Abstract


One of the main qualifications needed by qualified Human Resources to face the challenges of the 21st century is critical thinking skills. Critical thinking skills in learning are still weak, therefore an innovation is needed in learning, one of which is the learning model. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the DIIASE learning model to improve critical thinking skills in physics learning in high school. This research is a development research that uses a 4D development design. The method used was the purposive sampling area method so that 4 schools were obtained, namely SMAN 3 Jember for small and large class trials, while for distribution schools, namely SMAN Mumbulsari, SMAN Jenggawah, and SMAN Ambulu. The test subjects were students of class X SMA. The results obtained were that the DIIASE learning model was declared effective for improving critical thinking skills based on the N-gain value in small class trials 0.68 medium category, large class trials 0.77 high categories, and school dissemination trials 0.71 high categories . The overall average N-gain is in the high category.

 

Salah satu kualifikasi utama yang dibutuhkan oleh Sumber Daya Manusia yang berkualitas untuk menghadapi tantangan abad ke-21 adalah keterampilan berpikir kritis. Keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran masih lemah, oleh karena itu diperlukan sebuah inovasi dalam pembelajaran salah satunya yaitu model pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran DIIASE untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran fisika di SMA. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan desain pengembangan 4D. Metode yang digunakan adalah metode purposive sampling area sehingga didapatkan 4 sekolah yaitu SMAN 3 Jember untuk uji coba kelas kecil dan besar, sedangkan untuk sekolah penyebaran yaitu SMAN Mumbulsari, SMAN Jenggawah, dan SMAN Ambulu. Subjek uji coba yaitu siswa kelas X SMA. Hasil yang diperoleh yaitu model pembelajaran DIIASE dinyatakan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis berdasarkan nilai N-gain pada uji coba kelas kecil 0,68 kategori sedang, uji coba kelas besar 0,77 kategori tinggi, dan uji coba sekolah diseminasi 0,71 kategori tinggi. Keseluruhan rerata N-gain berada pada kategori tinggi.


Keywords


Efektivitas, Model pembelajaran, Keterampilan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Arif, D. S. F., Zaenuri, Z., & Cahyono, A. N. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis matematis pada model problem based learning (PBL) berbantu media pembelajaran interaktif dan google classroom. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 3(1), 323–328.

Chusni, M. M., Sanjaya, M. R., Assani, Q. M., & Suryani, R. (2018). Belajar dan Pembelajaran Fisika: Seri Peta Konsep, Bagan Konsep dan Peta Pikiran. Pelita Gemilang Sejahtera (PGS).

Facione, P. A. (2011). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight Assessment, 1(1), 1–23.

Fitzgerald, D. (2013). Employing think–pair–share in associate degree nursing curriculum. Teaching and Learning in Nursing, 8(3), 88–90.

Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. Indiana: Indiana University.

Nasution, S. W. R. (2018). Penerapan model inkuiri terbimbing (guided inquiry) dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran fisika. Jurnal Education and Development, 3(1), 1.

Nawahdani, A. M., Triani, E., Azzahra, M. Z., Maison, M., Kurniawan, D. A., & Melisa, D. (2022). Analisis Hubungan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1).

Nurazizah, S., Sinaga, P., & Jauhari, A. (2017). Profil kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kritis siswa sma pada materi usaha dan energi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197–202.

OECD, R. (2019). Programme for international student assessment (PISA): Results from PISA 2018. OECD., 1–10.

Purwanto, J. P. (2016). Profil Pembelajaran Fisika dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Aliyah se-DIY. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(1), 8–18.

Puspadewi, M. M., Sadia, I. W., & Yasa, P. (2017). Penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran fisika siswa kelas x mia 2 SMA Negeri 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan Fisika Undiksha, 7(2), 131–140.

Rahmat, R., Suwarma, I. R., & Imansyah, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Multirepresentasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Getaran Harmonik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (e-Journal), 8, SNF2019-PE.

Ririn, R., Budiman, H., & Muhammad, G. M. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Solving. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–15.

Sari, A. L. R., & Parno & Taufiq, A. (2016). Kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep fisika siswa sma pada materi hukum Newton. Prosiding Seminar Nasional Pend. IPA Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Stefani, S., Elva, N., & Sumiati, C. (2021). Peningkatan proses pembelajaran tematik terpadu dengan menggunakan model problem based learning (PBL) berbasis TPACK di Kelas V SDN 07 Pandam gadang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 3255–3260.

Sugiarti, M. I., & Dwikoranto, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Pembelajaran Blended Inquiry Learning Berbantuan Schoology Pada Pembelajaran Fisika: Literature Review. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 12(1), 49–62.

Sundari, P. D., & Sarkity, D. (2021). Keterampilan berpikir kritis siswa sma pada materi suhu dan kalor dalam pembelajaran fisika. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 149.

Tambunan, L. (2021). Implementasi Pembelajaran Cooperative Learning dan Locus of Control dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1051–1061.

Wela, G. S., Sundaygara, C., & Pratiwi, H. Y. (2020). PBL dengan pendekatan multiple representation terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari kemampuan kolaborasi. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(3), 209–220.

Windari, C. O., & Yanti, F. A. (2021). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 9(1), 61–70.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i2.3287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats