Pengaruh Model Think-Talk-Write (TTW) Berbasis Kartu Bergambar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X MA Nurul Fata

Ma’rifatul Hasanah, Miftahus Surur, Zainul Munawwir

Abstract


Kemampuan berpikir kritis dapat membantu peserta didik untuk mengelola segala informasi dan permasalahan yang didapat dengan membuat keputusan tentang apa yang akan dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) berbasis kartu bergambar terhadap kemampuan berpikir kritis pesserta didik pada mata pelajaran ekonomi kelas X MA Nurul Fata. Peneliti dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode Quasi-eksperimental dan desain Nonequivalent control group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini kelas X MA Nurul Fata yang terdiri dari 4 kelas. Dalam teknik penetuan sampel, peneliti menggunakan Purposive Sampling dan diperoleh peserta didik kelas X-C sebagai kelas kontrol dan peserta didik kelas X-D sebagai kelas eksperimen. Teknik penggunaan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes dengan memberikan post-test ke masing-masing kelas. Analisis data menggunakan uji independent sample t-test menggunakan SPSS for windows release 25. Dilihat pada hasil uji t setelah diberikan perlakuan kemampuan berpikir kritis di kelas eksperimen dan kelas kontrol dilihat dari kolom t-test for equality variances assumed diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,005. Karena nilai 0,005 < 0,05 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) berbasis kartu bergambar terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mat apelajaran ekonomi kelas X MA Nurul Fata.

 

Kata kunci: Model Think-Talk-Write, kartu bergambar, kemampuan berpikir kritis

 

Abstract

Critical thinking skill can help students to manage all the information and problems obtained by making decisions about what to do. The purpose of this study was to determine the effect of a picture card based Think-Talk-Write (TTW) cooperative learning model on the critical thinkinh skills of students in economics class X MA Nurul Fata. Researches in this study used quantitative research with quasi-experimental methods and nonequivalent control group pretest-posttest design. The population in this study was class X MA Nurul Fata which consisted of 4 classes. In the technique of determining the sample, the researcher used purposive sampling and obtained students in class X-C as the control class and students in class X-D as the experimental class. The data usage technique used in this research is a test by giving a post-test to each class. Data analysis using independent sample t-test using SPSS for windows release 25. Seen on the results of the t-test after being given treatment with critical thinking skills in the experimental class and control class, it can be seen from the column t-test for equality variances assumed that the Sig value is known. (2-tailed) of 0,005. Because the value of 0,005 < 0,05, it can be concluded that there is an effect og the picture card based Think-Talk-Write (TTW) cooperative learning model on the critical thinking skills of students in the class X economics subject at MA Nurul Fata.

 

Keywords: Think-Talk-Write model, picture cards, critical thinking skills

 


Keywords


Model Think-Talk-Write, kartu bergambar, kemampuan berpikir kritis

Full Text:

PDF

References


Facione, P. A. P. D., & Facione, N. C. P. D. (2008). The Holistic Critical Thinking Scoring Rubric. 18–21.

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861

Karame, O. M., Sepang, E. A., & Monoarfa, S. (2021). Kemampuan Menulis Karangan Narasi dengan Menggunakan Model Pembelajaran Think-Talk-Write ( TTW ) Siswa Kelas VII SMP. 2(2015), 16–20.

Karim, N. (2015). KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL JUCAMA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. 3(April).

Mianti, S. R. I. E. (2016). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTs NEGERI GODEAN.

Mufidah, A., Lilawati, E., & S., F. N. (2020). Penggunaan Media Kartu Bergambar Untuk Mengetahui Hasil Belajar Materi Struktur Jaringan Hewan. … : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan …, 04(02), 55–59. http://ejournal.unwaha.ac.id/index.php/eduscope/article/view/449

Nafiah, Y. N. (2017). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 1(1), 45–53. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Nurdiansyah, S., Sundayana, R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis serta Habits Of Mind Menggunakan Model Inquiry Learning dan Model Creative Problem Solving Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika diperhatikan dan nampak bahwa guru. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95–106. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv10n9/705

Nurlaelah, N., & Sakkir, G. (2020). Model Pembelajaran Respons Verbal dalam Kemampuan Berbicara. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 113-122, 4(1), 113–122. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/230

Ramadhan, S., & Mulyadin, E. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think , Talk , Write ( TTW ) terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Program Linier Siswa Kelas XI SMAN 1 Sape. 9(1), 150–157. https://doi.org/10.25273/jems.v9i1.9395

Setyowati, A., & Subali, B. (2011). KRITIS SISWA SMP KELAS VIII. 7, 89–96.

Sukristiani, D. (2014). PENGETAHUAN TENTANG KOSMETIKA PERAWATAN KULIT WAJAH DAN RIASAN PADA MAHASISWI JURUSAN KESEJAHTERAAN KELUARGA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI PADANG. September. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jhet/article/view/4325/3390

Suparya, I. K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Terhadap Hasil Belajar. 19–24.

Tridayani, I. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS XI SMA NEGERI 1 INDRALAYA. https://repository.unsri.ac.id/32032/

Tu, M., & Simanjuntak, M. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Think Talk Write ( TTW ) dalam Pembelajaran Menulis Surat Pribadi pada Siswa Kelas VII SMP Pelita Kasih Kota Bengkulu Abstrak The Application of the Think Talk Write ( TTW ) Cooperative Learning Model in Learning to. 3316, 213–230. https://www.ojs.stkippgri-lubuklinggau.ac.id/index.php/SIBISA/article/view/1325/661

Yulhendri. (2021). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MATERI ZAT TUNGGAL DAN CAMPURAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK,TALK,WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS V-B UPT. SD NEGERI 01 LIMO KAUM YULHENDRI. 3(2), 195–200. http://jurnal.ensiklopediaku.org/ojs-2.4.8-3/index.php/ensiklopedia/article/view/841/pdf

Zaini, M. (2021). URGENSI PENELITIAN PENGEMBANGAN DALAM MENGGALI KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS. 2015. http://jbse.ulm.ac.id/index.php/PMPIPA/article/view/23

Zubaidillah, M. H., & Hasan, H. (2019). Pengaruh Media Kartu Bergambar (Flash Card) Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Arab. Al Mi’yar: Jurnal Ilmiah Pembelajaran Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(1), 41. https://doi.org/10.35931/am.v2i1.90




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i2.2504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats