MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN VAKSIN YANG MENDUKUNG BERPIKIR KOMPUTASIONAL MAHASISWA PADA MATA KULIAH TREN PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Anita Dewi Utami, Puguh Darmawan, Tomi Listiawan, Ramadhan Fazrianto Sawarman, Imam Rofiki, Sri Wahyuni

Abstract


Pandemi covid-19 yang terjadi sejak 2020 mempengaruhi sektor pendidikan dalam penerapannya. Ditambahkan dengan perkembangan zaman yang memanfaatkan teknologi untuk kebutuhan sehari-hari membuat pendidik harus menerapkan metode pembelajaran yang tepat, yaitu dengan menerapkan model blended learning berbantuan VAKSIN (Video Animasi untuk Sistem Pembelajaran Online) yang mendukung berpikir komputasional, yang memang dibutuhkan oleh peserta didik untuk menyelesaikan sebuah masalah, pada mata kuliah tren pembelajaran matematika. Penelitian ini adalah penelitian Study Literature Review (SLR).Tahapan yang digunakan adalah (1) merumuskan pertanyaan penelitian, (2) mencari artikel-artikel yang sesuai dengan tujuan penelitian, (3) mengevaluasi artikel, (4) meringkas artikel, dan (5) menginterpretasikan temuan artikel ke dalam bentuk deskripsi Data didapatkan dengan mereview beberapa artikel yang sesuai dengan kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model blended learning berbantuan VAKSIN (Video Animasi untuk Sistem Pembelajaran Online) mendukung berpikir komputasional pada mata kuliah tren pembelajaran matematika.  

Keywords


Video animasi, pembelajaran daring, blanded learning, berpikir komputasional

Full Text:

PDF

References


Angeli, C., & Giannakos, M. (2020). Computational thinking education: Issues and challenges. Dalam Computers in Human Behavior (Vol. 105). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.106185

Angraini, L. M., Arcat, A., & Sohibun, S. (2022). Pengaruh Bahan Ajar Berbasis Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Computational Thinking Matematis Mahasiswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 370. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6937

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. edukatif: jurnal ilmu pendidikan, 3(3), 880–989. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.476

Cahdriyana, R. A., & Richardo, R. (2020). Berpikir Komputasi Dalam Pembelajaran Matematika. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 11(1), 50. https://doi.org/10.21927/literasi.2020.11(1).50-56

Città, G., Gentile, M., Allegra, M., Arrigo, M., Conti, D., Ottaviano, S., Reale, F., & Sciortino, M. (2019). The effects of mental rotation on computational thinking. Computers and Education, 141. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103613

Dziuban, C., Graham, C. R., Moskal, P. D., Norberg, A., & Sicilia, N. (2018). Blended learning: the new normal and emerging technologies. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 15(1). https://doi.org/10.1186/s41239-017-0087-5

Fatah, A., Arif, I., Farchan, F., Varbi Sununianti, V., Amalia Madi, R., Satria, E., Fourianalistyawati, E., Bempah, I., Ermayanti Susilo, D., Ridho Kismawadi, E., Nopriadi, Sumiati, R., Novita Sari, I., Kusnadi Kusumah Putra, F., Fajrin, H., Danius, E. E., Subekti, P., Noviyanty, Y., Siregar, N., … Puspa Dewi, S. (2019). Application of knuth-morris-pratt algorithm on web-based document search. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012117

Fauji, T., Deniyanti Sampoerno, P., El Hakim, L., & Negeri Jakarta, U. (2022). Penilaian Berpikir Komputasi Sebagai Kecakapan Baru Dalam Literasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah dan Kependidikan Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 498-514.

Ge, Z.-G. (2021). Does mismatch between learning media preference and received learning media bring a negative impact on Academic performance? An experiment with e-learners. Interactive Learning Environments, 29(5), 790–806. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1612449

Gecer, A., & Dag, F. (2012). A Blended Learning Experience. Educational Sciences: Theory and Practice, 12(1), 438–442.

Griselda, V. E. (t.t.). Peningkatan Computational Thinking Guru Dalam Menghadapi Blended Learning. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 1(1), 2021–2033. https://doi.org/10.47709/jpsk.v1i1.1291

Griselda, V. E. (2021). Peningkatan Computational Thinking Guru Dalam Menghadapi Blended Learning. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, 1(01), 56–61. https://doi.org/10.47709/jpsk.v1i01.1291

Hasanudin, C., Teguh Supriyanto, R. M., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Dan Google Classroom Sebagai Bentuk Self-Development Siswa Mengikuti Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (Akb) The Elaboration Of Flipped Classroom Learning Model And Google Classroom As A Form Of Student’s Self Development In Joining Indonesian Language Learning In New Normal Era. Dalam Jurnal Intelegensia (Vol. 08).

Hrastinski, S. (2019). What Do We Mean by Blended Learning? TechTrends, 63(5), 564–569. https://doi.org/10.1007/s11528-019-00375-5

Imaniah, I., & Al Manar, M. A. (2022). Menjadi Guru Profesional Di Era Digital: Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Dan Media Sosial. Community Services and Social Work Bulletin, 2(1), 49. https://doi.org/10.31000/cswb.v2i1.6889

Iskandar, A., Sogen, M. D. T., Chin, J., Satria, E., & Dijaya, R. (2019). Mobile based android application pharmaceutical dictionary with direct search as searching process. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(6), 44–46.

Jannah, R., & Santoso, H. (2021). Tingkat Stres Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 130–146. https://doi.org/10.22373/jrpm.v1i1.638

Jatmika, D. (2020). Webinar Growth-Mindset untuk Pembelajaran Online Pada Siswa SMA di Samarinda Growth-Mindset Webinar for Online Learning among High School Students in Samarinda. Altruis: Journal of Community Services, 1(4), 188.

Karmen, R. F., & Pribadi, F. (2022). Dampak Positif Negatif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. ADALAH, 6(3), 62–75. https://doi.org/10.15408/adalah.v6i3.23336

Kholisho, Y. N., & Marfuatun, M. (2020). Daya Serap Pelaksanaan Mata Kuliah Kependidikan DiTengah Pandemi Covid-19. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 4(1), 131–140. https://doi.org/10.29408/edumatic.v4i1.2155

Lalima, Dr., & Lata Dangwal, K. (2017). Blended Learning: An Innovative Approach. Universal Journal of Educational Research, 5(1), 129–136. https://doi.org/10.13189/ujer.2017.050116

Lupita, L., Anwar, C., & Andriani, S. (t.t.). Video Edukatif Youtube Berbantuan Powtoon Aplication Berbasis Etnomatematika Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Siswa Smp/Mts. Dalam Maret (Vol. 8, Nomor 1).

Malik, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Melalui Multimedia Interaktif Berbasis Model Quantum Teaching and Learning. Universitas Pendidikan Indonesia.

Mondal, G. C., Majumder, P., & Mandal, M. (2019). Effect Of Blended Learning Strategy for Secondary School Science Students. International Journal of Research and Analytical Reviews, 6(1), 381–387.

Moskal, P., Dziuban, C., & Hartman, J. (2013). Blended learning: A dangerous idea? The Internet and Higher Education, 18, 15–23. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2012.12.001

Mufidah, N. L., & Surjanti, J. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Blended Learning dalam Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Masa Pandemi Covid-19. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 187. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.34186

Pradilasari, L., Gani, A., & Khaldun, I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual pada Materi Koloid Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i1.13293

Radiah, R. (2022). Pengaruh Pembelajaran Blended Learning Model Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Belajar Biologi. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(1), 14–18. https://doi.org/10.21009/jep.v13i1.23930

Rainer Christi, S. N., Rajiman, W., Tinggi Ilmu Manajemen Informatika Kreatindo Manokwari, S., Kali Bambu, J., Puncak, R., Barat, P., Muhammadiyah Palopo, U., Jend Sudirman NoKm, J., & Wara Selatan, K. (2023). Pentingnya Berpikir Komputasional dalam Pembelajaran Matematika. Journal on Education, 05(04), 12590–12598.

Saddhono, K., Satria, E., Erwinsyah, A., & Abdullah, D. (2019). Designing SwiSH Max Learning Software Based of Multimedia. Journal of Physics: Conference Series, 1364(1), 012032. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1364/1/012032

Sagala, H. S. (2006). Konsep dan makna pembelajaran: untuk membantu memecahkan problematika belajar dan mengajar. Alfabeta.

Sawitri, D. (2020). Penggunaan Google Meet Untuk Work From Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). ). Jurnal Prioritas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 51–62.

Septiadi, M. A., Prawira, N. H., Aepudin, S., & Lestari, V. A. (2022). Dampak Covid-19 Terhadap Sistem Pendidikan. Khazanah Pendidikan Islam, 4(2), 51–61. https://doi.org/10.15575/kp.v4i2.19478

Sun, A., & Chen, X. (2016). Online Education and Its Effective Practice: A Research Review. Dalam Journal of Information Technology Education: Research (Vol. 15). http://www.informingscience.org/Publications/3502

Supriadi, N. (2012). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Melalui Blended Learning Berbantuan Geogebra. . . Pasundan Journal of Mathematics Education: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1).

Suriyah, P., Utami, A. D., & Hasanudin, C. (2022). Effectiveness Of Vaksin Assisted Blended Learning Model On Student Learning Outcomes In Geometry. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 8(1), 39–47. https://doi.org/10.29407/jmen.v8i1.17785

Utomo, S. W., & Wihartanti, L. V. (2019). Penerapan Strategi Blended Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Era Revolusi Industri 4.0. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 30–44. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n1.p30--44

Walmsley, H. (2003, Maret). International bright young things. Internet Magazine, 44–45.

Wing, J. M. (2006). Computational thinking. Communications of the ACM, 49(3), 33–35. https://doi.org/10.1145/1118178.1118215

Yustitia, V., & Kusmaharti, D. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Secara Daring: Studi Kasus Pada Mahasiswa Pgsd Saat Pandemi Covid-19. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(2), 252–258. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1263




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i2.3278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats