Analisis Keterampilan Siswa Melalui Model Demonstrasi pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Siti Fatimah Soenaryo, Kuncahyono Kuncahyono, Erna Yayuk, Arina Restian, Bustanol Arifin

Abstract


Abstract: The purpose of this research was to describe the student's skills through demonstration models in thematic learning and to find out the constraints of applying demonstration models in thematic learning in elementary schools. This research used a qualitative approach with research subjects of fourth-grade students at SDN Tlogomas 2 Malang City. The results of the research showed that the application of the demonstration model involved students in various learning situations. The theme of the learning material in this case, is the theme 1: The Beautiful Diversity: be grateful for diversity. The demonstration model is carried out by following the syntax or stages as follows: planning, implementation, and evaluation. The planning stage is done by making lesson plans and learning media, the implementation phase is done by integrating into groups, and evaluation is carried out by conducting question and answer as a form of further reflection. The obstacles faced by teachers are the lack of facilities and infrastructure to support learning such as media reality.

 

Keywords: Skills, demonstration model, thematic learning

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan keterampilan siswa melalui model demonstrasi dalam pembelajaran tematik dan mengetahui kendala penerapan model demonstrasi dalam pembelaajran tematik di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas IV SDN Tlogomas 2 Kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model demonstrasi melibatkan siswa dalam berbagai situasi pembelajaran. Adapun tema materi pembelajaran dalam hal ini yaitu tema 1 Indahnya Keberagaman: Bersyukur atas keberagaman. Model demonstrasi dilakukan dengan mengikuti sintak atau tahapan sebagai berikut perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan dilakukan dengan membuat RPP dan media pembelajaran, tahap pelaksanaan dilakukan dengan mengintegrasikan ke dalam kelompok, dan evaluasi dilaksanakan dengan melakukan tanya jawab sebagai bentuk refleksi selanjutnya. Kendala yang dihadapi guru yaitu kurangnya sarana dan prasarana penunjang pembelajaran seperti media realita.

 

Kata Kunci : Keterampilan, model demonstrasi, pembelajaran tematik


Keywords


keterampilan, model demonstrasi, pembelajaran tematik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2005). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Baharuddin dan N. E. (2007). Teori Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta : ARRUZZ MEDIA

Depdikbud. (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Wahyuningsih, T. (2005). Peningkatan Pembelajaran Seni Tari Melalui Penerapan Metode Imitatif dan Penugasan di SD N Sidorejo, Selomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan.

Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Panduan Lengkap Aplikatif. Yogyakarta: Diva Press.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 57 Tahun 2014 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Rara, G. P., dkk. (2015). Penggunaan Model Demonstrasi dalam Materi Ajar Instalasi Sistem Operasi. Dinamika: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan Dasar & Menengah, 5 (3).




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i1.362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats