Improving Students' Critical Thinking during Covid-19 through Online Learning
Abstract
Abstract: The application of Problem Based Learning model by online learning during the Covid-19 period is one way to improve students' thinking abilities. This research aims to obtain empirical data about the comparison of student’s critical thinking skills levels by using the online based Problem Based Learning (PBL) model using the Zoom application and Whatsapp Grup in class X IPS SMAN 5 Tangerang Regency. The method of this research used quantitative that is quasi-experimental design. This research’s samples were class X IPS as an experimetal class or class A and class X IPS 2 as a control class or class B. The researcher analyzed the data in descriptive statistic by using SPSS 25 version. The results showed that applying the Problem Based Learning model has apositive impact on improving student’s critical thinking skills.
Keywords: Problem Based Learning (PBL); Critical Thinking; Covid-19; Daring
Abstrak: Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning melalui daring pada masa covid-19 merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berpikir siswa. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh data empiris tentang perbandingan tingkat berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis onine dengan menggunakan aplikasi Zoom dan Whatsaap Grup pada siswa kelas X IPS SMAN 5 Kabupaten Tangerang. Metode penelitian ini menggunakan kuantitatif yaitu quasi eksperimen desain. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 1 sebagai kelas eksperimen atau kelas A dan kelas X IPS 2 sebagai kelas control atau kelas B. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, dokumentasi dan observasi. Peneliti menganalisis data secara statistic deskriptif dengan menggunkan SPSS 25 versi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model Problem Based Learning berdampak positif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah; BerpikirKritis; Covid-19; Daring
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anindhyta, C., Budiharti, R., & Rahardjo Teguh, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran AIR ( Auditory , Intellectually , and Repetition ) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir kritis. Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 9, 133. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jmpf.v9i2.38627
Anwar, B., Munzil, & Hidayat, A. (2017). Pengaruh Collaborative Learning Dengan Teknik Jumping Task Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar. Jurnal Pembelajaran Sains, 1, 15–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i2p15-25
Apriyani, L., Nurlaelah, I., & Setiawati, I. (2017). Penerapan Model PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Ditinjau Dari Kemampuan Akademik Siswa Pada Materi Biologi. 9(1), 43.
Asriningtyas, A. N., Kristin, F., & Indri, A. (2018). Penerapam Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. 5(April), 25. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jkpm.5.1.2018.23-32
Bashith, A. (2017). The Effect of Problem Based Learning on EFL Students ’ Critical Thinking Skill and Learning Outcome. 24(2), 93–102.
Candrarini, P. K., Sunarto, & Nugroho, A. J. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kolaboratif Dengan Strategi Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Siswa Pada Mata Pelajaran Marketing Kelas X-6 Kompetensi Keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran SMK Negeri 1 Karanaganyar Tahun Pelajaran 2017/20. Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 4, 3.
Dewi, D. T. (2020). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 2.
Diani, N. L. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tife Numbered Heads Together Berbantuan Mdia Gambar Dalam Pembelajaran Ekonomi Siswa Kelas X-1 SMAN 1 Sawan Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi (JPPE), 7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v7i2.7672
Fakhriyah, F. (2014). Penerapan Problem Based Learning Dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 96.
Firman, & Rahman, S. rahayu. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science, 02(02), 81. https://doi.org/https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Fitriyani, M. D., & Kamsi, N. (2020). Penggunaan Aplikasi Zoom Cloud Meeting Pada Proses Pembelajaran Online Sebagai Solusi Di Masa Pandemi Covid 19. 3.
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education : Student perspectives on learning with cellphones , smartphones & social media. The Internet and Higher Education, 19, 18–26. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002
Haqien, D., & Rahman, A. A. (2020). Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. 5(1).
Hidayati, N. (2016). Hasil Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Tsanawiyah dalam Pembelajaran IPA Melalui Kerja Ilmiah (Vol. 13).
J, W, S. (2011). Educational Psychology. New York: McGrawHill.
Kay, K. (2008). Preparing Every Child for the 21 st Century. Partnership for 21st Century Skills APEC.
Kurniawansyah, A. S., & Siswanto. (2020). Kolaborasi Whatsapp Grup , Zoom Cloud Meeting, Dan Google Drive Sebagai Formula Dalam Pelaksanaan Kegiatan Perkuliahan Online Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Media Infotama, 16(2), 61–62. https://doi.org/https://doi.org/10.37676/jmi.v16i2.1155
Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Penggunaan Platform Whatsapp Grup Dan Webinar Zoom Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik Covid 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5, 101. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942
Manalu, R. W., & Siregar, Y. E. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematiis Siwa Di SMP Negeri 2 Pandan. Mathematic Education Journal, 2(2), 94.
Marbun, P. (2020). Disain Pembelajaran Onlin Pada Era Dan Pasca Covid-19. CSRID Journal, 12, 133. https://doi.org/ttps://www.doi.org/10.22303/csrid.12.2.2020
Masini, N. M., Haris, I. A., & Indrayani, L. (2019). Studi Komparatif Aktivitas Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Koopratif Tipe Make A Match Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Negeri 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(1), 130. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v11i1.20095
Muslim, I., Halim, A., & Safitri, R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran PBL Untuk Meningkatkan Pengausaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Konsep Di SMA Negeri Unggul Harapan Persada. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 3(2), 38.
Nainggolan yanti, D. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berbantuan Aplikasi Math Moblie Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 93.
Noordyana, M. A. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metacognitive Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika, 5, 121.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 3, 155. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10490
Odabas, H. F. (2009). Computers & Education Effects of an online problem based learning course on content knowledge acquisition and critical thinking skills. Computer & Education, 53, 132–141. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2009.01.008
Rachmawati, N. Y., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 9(2016), 249.
Rezkillah, I. I., & Hayanto. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terintegrasi High Order Thingking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Percaya Diri. Ndonesian Journal of Science Education, 8, 259. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.17322
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(1), 216. https://doi.org/https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Saepuloh, D., & Rodiah, S. (2020). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Melalui Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Literasi Ekonomi Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 32. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.17977/UM014v13i12020p030
Saepuloh, D., & Suryani, S. (2020). Improving Student’s Creative Thinking And Self-Efficacy Through Project-Based Learning Models. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 9, 44. https://doi.org/10.22202/economica.2020.v9.i1.4250
Santoso, E. (2016). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Matematika Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 2(1), 59.
Satrio, Y. D., Handayani, S., Abbas, M. H. I., & Kustiandi, J. (2020). Studi Komparasi Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Literasi Keuangan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25314
Setyorini, U., Sukiswo, & Subali, B. (2011). Pnerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keammpuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7, 52–56.
Simanjuntak, M. F., & Sudibjo, N. (2019). Menigkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 109. https://doi.org/DOI: https://dx.doi.org/10.19166/johme.v2i2.1331
Sulisworo, D., Kusumaningtyas, D. A., & Handayani, T. (2019). E-Learning Impacts on Critical Thinking Skills in Science Learning. International Journal of Recent Technology and Engineering (IJRTE), (4), 34. https://doi.org/10.35940/ijrte.D6795.118419
Summaries, C. E. (2018). PISA 2018 Results. I, 18.
Surur, M., & Oktavia, S. T. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery LLearning Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Pendidikan Edutama), 6(1), 11–18. https://doi.org/10.30734/jpe.v6i1.341
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.
Tosuncuoglu, I. (2018). Place of Critical Thinking In EFL. Nternational Journal of Higher Education, 7(September), 26. https://doi.org/10.5430/ijhe.v7n4p26
Widayanti, Y. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Modul Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning ( PBL ). Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1), 167. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpe.v12i1.25648
Yulianto, E., Cahyani, P. D., & Silvianita, S. (2020). Perbandingan Kehadiran Sosial dalam Pembelajaran Daring Menggunakan Whatsapp group dan Webinar Zoom Berdasarkan Sudut Pandang Pembelajar Pada Masa Pandemic COVID-19. Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 3(2), 332. https://doi.org/https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.277
Yuliati, L. (2013). Efektivitas Bahan Ajar IPA Terpadu Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9, 57. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jpfi.v9i1.2580
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C : Learning and Innovation Skilss Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. (October 2018), 2.
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i2.1334
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Edutama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/Â is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.