Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Peta Konsep dengan Media Fotografi terhadap Hasil Belajar Siswa

Boedy Irhadtanto, Fruri Stevani, Ayis Crusma Fradani

Abstract


Abstract: This research aims to determine the effect of the concept map learning model with photographic media on economics learning outcomes on the subject of the Indonesian economy for class X students of SMA Muhammadiyah Sumberrejo Bojonegoro in the 2021/2022 academic year. This research is an experimental type of posttest-only control design with a quantitative approach. Statistical data analysis used was t test. After doing the research and obtaining the data, the data then to be analyzed where the tcount Value is 11.42 which is compared to the ttable value is 2.003 at the 5% significance level in the two-party test. Because the value of tcount is greater than the value of tcount (11.42 > 2.003), then H1 is accepted and H0 is rejected. From the results of this research, it can be concluded that the application of the concept map learning model with photographic media has a positive effect on economic learning outcomes on the subject of the Indonesian economy for class X students of SMA Muhammadiyah Sumberrejo Bojonegoro in the 2021/2022 academic year.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran peta konsep dengan media fotografi terhadap hasil belajar Ekonomi pada pokok bahasan perekonomian Indonesia siswa kelas X SMA Muhammadiyah Sumberrejo Bojonegoro tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan eksperimen yang berjenis posttest-only control design dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data statistik yang digunakan adalah uji t. Setelah dilakukan penelitian dan diperoleh data, data tersebut kemudian dianalisis dimana perolehan nilai thitung sebesar 11,42 yang dibandingkan dengan nilai ttabel sebesar 2,003 pada taraf signifikansi 5% dalam uji dua pihak. Karena nilai thitunglebih besar daripada nilai ttabel (11,42 > 2,003), maka H1 diterima dan H0 ditolak. Dari hasil penelitian tersebut dapat dikesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran peta konsep dengan media fotografi berpengaruh positif terhadap hasil belajar Ekonomi pada pokok bahasan perekonomian Indonesia siswa kelas X SMA Muhammadiyah Sumberrejo Bojonegoro tahun pelajaran 2021/2022.


Keywords


pembelajaran peta konsep, media fotografi

Full Text:

PDF

References


Akbari, S. (2019). Dampak Gadget Terhadap Interaksi Sosial Mahasiswa. [Skripsi]. Aceh: UIN Ar-Raniry

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Ginintasasi, R. (2012). Interaksi Sosial. Depok: Universitas Pendidikan Indonesia

Hakikin,MI. (2017). Pengaruh Gadget Terhadap Perilaku Sosial Santri Al-Luqmaniyah Yogyakarta. [Skripsi]. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Jankovi, B., Nikoli, M., Vukonjanski, J., dan Terek, E. (2016). Benturan facebook dan penggunaan ponsel pintar pada kegiatan rekreasi dan penyesuaian perguruan tinggi mahasiswa di serbia. Komputer dalam Perilaku Manusia, 55:354– 363.

Lepp, A., Li, J., Barkley, JE, dan Salehi-Esfahani, S. (2015). Menjelajahi hubungan antara penggunaan ponsel mahasiswa, kepribadian dan waktu luang. Komputer dalam Perilaku Manusia, 43:210–219.

Lestari I, Riana A.W & Budi M. T. (2015). Pengaruh Gadget Pada Interaksi Sosial Dalam Keluarga. [Artikel]

McDaniel, BT dan Coyne, SM (2016). Technoference: Interferensi teknologi dalam hubungan pasangan dan implikasinya bagi kesejahteraan pribadi dan relasional wanita. Psikologi Budaya Media Populer, 5(1):85.

Miller-Ott, AE, Kelly, L., dan Duran, RL (2012). Efek sel aturan penggunaan telepon pada kepuasan dalam hubungan romantis. Komunikasi Triwulanan, 60(1):17–34.

Misra, S. dan Stokols, D. (2012). Tipologi hubungan manusia-lingkungan tionship di era digital. Teknologi di Masyarakat, 34(4):311–325.

Mok, J.-Y., Choi, S.-W., Kim, D.-J., Choi, J.-S., Lee, J., Ahn, H., Choi, E.-J., dan Song, W.-Y. (2014). Analisis kelas laten tentang kecanduan internet dan smartphone pada mahasiswa. Penyakit neuropsikiatri dan pengobatannya, 10:817.

Mumford, L. dan Pemenang, L. (2010). Teknik dan peradaban. Universitas Pers Chicago.

Nadhila, I. (2013). Mempermudah Hidup Manusia dengan Teknologi Modern, Jakarta: Penamadani.

Norhidayah, F. (2017). Pengaruh Penggunaan Handphone dan Keterlibatan Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MTsN 4 Tabalong. [Skripsi]. Malang: UIN Maliki

Nurhakim, S. (2015). Dunia Komunikasi dan Gadget Jakarta: Bestari.

Nurhayati, A. (2010). Inovasi Kurikulum: Telaah terhadap Pengembangan Kurikulum Pesantren. Tulungagung: Teras

Priyatno, D. (2016). Belajar Alat Analisis Data dan Cara Pengolahannya dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media

Setiadi, Elly & Kolip, U. (2011). Pengantar Sosiologi: Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial. Teori Aplikasi dan Pemecahan. Jakarta: Prenada Media

Sprecher, S., Hampton, AJ, Heinzel, HJ, dan Felmlee, D. (2016). Bisakah saya terhubung dengan Anda dan jaringan sosial saya? Akses ke teknologi komunikasi penting jaringan dan interaksi kenalan. Komputer dalam Perilaku Manusia, 62:423–432.

Sugiyono, (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

Zahro, AF. (2015). Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Terhadap Kedisiplinan Menghafal Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Muntaha Cebongan Salatiga. Salatiga : Institut Agama Islam Negeri (IAIN)




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i1.2326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats