Implementasi Aplikasi Pembelajaran Bangun Datar pada Siswa Sekolah Dasar Berbasis Mobile
Abstract
Abstract : Learning is a process that helps students to study well and understand the material easily. Learning media itself is a means of delivering material. Currently, books are still used as a learning tool in the teaching and learning process. But with today's technological advances, many learning environments are supported by technology. The author designs and builds learning applications based on Android mobile devices. Researchers use research and development methods when conducting research. Research and development methods are research methods used to produce a particular product and test the effectiveness of the product. System design and development is done by making diagrams and implemented into Android applications. The results of the design are in the form of an Android-based flat wake learning program as a learning tool for elementary school students which includes various shapes of flat shapes, characteristics and properties, formulas and exercises that can help students learn flat shapes easily.
Keyword: mobile learning, two-dimentional, elementary school
Abstrak : Pembelajaran adalah suatu proses yang membantu siswa untuk belajar dengan baik dan memahami materi dengan mudah. Media pembelajarn sendiri merupakan sarana penyampaian materi. Saat ini, buku masih digunakan sebagai alat belajar dalam proses belajar mengajar. Namun dengan kemajuan teknologi saat ini, banyak lingkungan belajar yang didukung oleh teknologi. Penulis merancang dan membangun aplikasi pembelajaran berbasis perangkat mobile Android. Peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan saat melakukan penelitian. Metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Perancangan dan pengembangan sistem dilakukan dengan membuat diagram dan diimplementasikan menjadi aplikasi Android. Hasil perancangan berupa program pembelajaran bangun datar berbasis android sebagai sarana belajar siswa sekolah dasar yang meliputi berbagai bentuk bangun datar, ciri dan sifat-sifat, rumus dan latihan soal yang dapat membantu siswa belajar bangun datar dengan mudah.
Kata kunci:mobile learning, bangun datar, sekolah dasar
Full Text:
PDFReferences
Dewi, P.F, (2012). “Upaya Meningkatkan Minat Dan Kemampuan Membaca Permulaan Dengan Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Pada Siswi Kelas 1 SDN Maospati 3 Kabupaten Magetan”. Skripsi, Universitas IKIP PGRI MADIUN.
Ngadiyanto., I.P,(2010). “Perancangan Dan Pembuatan CD Pembelajaran Rumus Bangun Ruang Dan Bangun Datar Untuk Tingkat Sekolah Dasar Berbasiskan Multimedia Di SD Gesing Wonosari Gungungkidul”. Tugas Akhir, Amikom Yogyakarta.
Septiawan, A.T., 2012. “Pengenalan Dan Pembelajaran Cara Membaca Al-Qur’an (Ilmu Tajwid) Berbasis Mobile Android”. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Android, Developer. “Platform Versions”. Diakses 05 Agustus 2017.
Subroto, E. N., Qohar, A., & Dwiyana, D. (2020). Efektivitas pemanfaatan komik sebagai media pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 135-141.
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i2.3394
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/Â is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.