Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia SD

Fransisca Neni Dilliati, Iskandar Wiryokusumo, Ibut Priono Leksono

Abstract


Abstract: This research aims to determine the differences that occur between student learning outcomes and motivation taught by using inquiry learning methods with interactive media and inquiry learning with image media. The method used in this research is a quantitative research method that uses a deductive-inductive approach with data collection techniques such as motivation questionnaires and learning achievement tests between interactive media inquiry methods and image media inquiry methods. This data analysis uses ANOVA analysis which requires homogeneous sample data while data validation using SPSS, where the validity test results obtained value of the significance of the question is less than 0.05 with the conclusion that the instrument used is valid. With the research hypothesis test value sig 0.00 <0.05 where H0 is rejected and H1 is accepted. From the results of the research that has been done, it is obtained data that (1) there is a difference between the inquiry learning method with interactive media and the inquiry learning method with image media on the results of Indonesian language learning. (2) there is a difference in learning motivation between the inquiry learning method with interactive media and the inquiry learning method with picture media on Indonesian learning outcomes.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan ini untuk mengetahui perbedaan yang terjadi antara hasil dan motivasi belajar siswa yang diajar dengan menggunakan metode inquiry learning dengan media interaktif dan inquiry learning dengan media gambar. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif yang menggunakan pendekatan deduktif-induktif dengan teknik pengumpulan data berupa angket motivasi dan tes hasil belajar antara metode inquiry media interaktif dan metode inquiry media gambar.Analisis data ini menggunakan analisis anova yang mempersyaratkan data sample homogen sedangkan validasi data menggunakan SPSS, dimana hasil uji validitas didapatkan nilai signifikasi soal kurang dari 0,05 dengan kesimpulan instrumen yang digunakan adalah valid. Dengan nilai uji hipotesis penelitian sig 0,00 < 0,05 dimana H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh data bahwa (1) terdapat perbedaan antara metode inquiry learning dengan media interaktif dan metode inquiry learning dengan media gambar terhadap hasil belajar bbahasa Indonesia. (2) terdapat perbedaan motivasi belajar antara metode inquiry learning dengan media interaktif dan metode inquiry learning dengan media gambar terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia.


Keywords


Metode inquiry learning dengan media interaktif, media gambar

Full Text:

PDF

References


Al-Tabani, T. I. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum 2013. Jakarta: Kencana.

Arief S, S., & dkk. (2003). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

M Sardiman, A. (1986). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali.

Purwanto, N., & Alim, D. (1997). Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: Rosda Jayaputra.

Rusman. (2012). Model Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. (2004). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar . Bandung: Sinar Baru Algensindo Offset.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i2.974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats