Pemanfaatan Media YouTube untuk Pembelajaran Mendongeng Era Digital

Afifatur Rosyidah, Cahyo Hasanudin, Iib Marzuki

Abstract


abstrak— Dalam era digital semua aspek dalam kehidupan selalu berhubungan dengan media digital, seperti contoh YouTube. YouTube dijadikan sebagai salah satu pemanfaatan media pembelajaran di beberapa materi pelajaran, khusunya pembelajaran dongeng. Sebelumnya kegiatan mendongeng ini diangakat sebagai pembelajaran karena agar budaya bangsa tidak hilang, selain itu dengan mendongeng dapat sebagai hiburan dan pembentukan karakter. Kesulitan dalam pembelajaran mendongeng adalah penjelasan yang diberikan guru terlalu membosankan, dan kaku. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mengambil sampel 6 siswa. Hasil dari penelitian menjelaskan jika pemanfaatan Youtube sebagai media pembelajaran mendongeng dapat menjadikan siswa lebih paham karena merasa tertarik, dan dalam mendongeng siswa menggunakan alat peraga dengan proses pembalajaran yang berlangsung. Jadi di dalam era digital saat ini pendidikan dapat memanfaatkan media digital dalam proses pembelajaran berlangsung.

Kata kunci— Era Digital, Media YouTube, dan Pembelajaran Mendongeng

 

Abstract— In the digital era, all aspects of life are always related to digital media, for example, YouTube. YouTube is used as one of the uses of learning media in several subject matter, especially learning fairy tales. Previously, this storytelling activity was appointed as learning because so that the nation's culture would not be lost, besides that, storytelling could be entertainment and character building. The difficulty in learning storytelling is that the explanation given by the teacher is too boring and stiff. The method in this study used a qualitative method which took a sample of 6 students. The results of the study explain that the use of Youtube as a storytelling learning media can make students understand more because they feel interested, and in storytelling students use props with the learning process that takes place. So in the current digital era, education can utilize digital media in the learning process.


Full Text:

PDF

References


Ananda, R. (2019). Perencanaan Pembelajaran. Medan. Indonesia: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPI)

Handayani, D. (2020). Pemanfaatan media youtube pada saat pandemi covid 19 untuk media pembelajaran bahasa inggris dalam meningkatkan vocabulary dan pemahaman siswa. Jupendik: Jurnal Pendidikan, 4(2), 12-18. http://jupendik.or.id/index.php/jupendik/article/view/33

Hudhana, W. D., & Fadhillah, D. (2019). Menumbuhkan Kecerdasan Bahasa dan Karakter Bangsa Melalui Aktivitas Mendongeng pada Siswa Sekolah Dasar. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(1), 99-105. http://dx.doi.org/10.31000/lgrm.v7i1.1622

Kusmiadi, A., Sriwahyuningsih, S., & Nurfalah, Y. (2008). Strategi Pembelajaran PAUD melalui Metode Dongeng Bagi Pendidik PAUD. Jurnal Ilmiah Visi, 3(2), 198-203. https://doi.org/10.21009/JIV.0302.11

Mujianto, H. (2019). Pemanfaatan Youtube sebagai media ajar dalam meningkatkan minat dan motivasi belajar. Jurnal Komunikasi Universitas Garut: Hasil Pemikiran dan Penelitian, 5(1), 135-159. https://dx.doi.org/10.10358/jk.v5i1.588

Putra. (2014). Megenal dan Memahami Ragam Karya Prosa Lama. Yogyakarta: Graha Ilmu

Priyono. K (2006). Terampil Mendongeng. Jakarta: Grasindo

Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube sebagai sumber belajar generasi milenial. Journal of Civic Education, 2(3), 313-323. http://jce.ppj.unp.ac.id/index.php/jce/article/view/135

Setiyana, F. N., & Kusuma, A. B. (2021). Potensi Pemanfaatan Youtube dalam Pembelajaran Matematika. EduMatSains: Jurnal Pendidikan, Matematika dan Sains, 6(1), 71-90. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2945

Sutarti, T., & Astuti, W. (2021). Dampak Media Youtube dalam Proses Pembelajaran dan Pengembangan Kreatifitas Bagi Kaum Milenial. Widya Aksara, 26(1), 89-101. http://ejournal.sthd-jateng.ac.id/index.php/WidyaAksara/article/view/151

Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan media youtube sebagai media pembelajaran pada siswa kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 15(1), 26-30. https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.7531

Utomo, S. B. (2013). Mendongeng dalam perspektif pendidikan. Agastya: Jurnal Sejarah Dan Pembelajarannya, 3(01). http://doi.org/10.25273/ajsp.v3i01.901

Wahyuningsih, S. P., Budiman, M. A., & Sari, V. P. (2022). Analisis Manfaat Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Online Bahasa Inggris Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. Praniti: Jurnal Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 2(1), 1-7. http://jurnal.unw.ac.id/index.php/praniti/article/view/1472

Azis, T. N. (2019, December). Strategi pembelajaran era digital. In The Annual Conference on Islamic Education and Social Science . 1(2).308-318. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/ACIEDSS/article/view/512




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i1.3288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.