Pemanfaatan Aplikasi Youtube untuk Media Pembelajaran

Tryas Mutoharoh, Maya Dewi Kurnia, Jaja Jaja, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak—Youtube adalah situs web untuk menyampaikan informasi. Dengan media pembelajaran siswa dapat mengembangkan keterampilan pengguna dalam pengembangan keterampilan dan meningkatkan perbaikan pembelajaran dalam bentuk video sehingga memudahkan dalam mempelajari dan mengembangkan keterampilan serta mengembangkan pendidik profesional dalam penggunaannya. Tujuan media pembelajaran melalui YouTube adalah agar siswa dapat mengembangkan video yang lebih kreatif dan memotivasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan yaitu suatu metode pengumpulan data dengan memahami dan mempelajari teori-teori yang berasal dari berbagai literatur terkait dengan menggunakan penelitian. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menonton video di youtube dan membaca komentar, jumlah likes, jumlah video yang ditonton netizen. Data penelitian ini berupa data sekunder yang dianggap relevan dengan topik penelitian yang diperoleh dari buku ilmiah, majalah ilmiah atau sumber bacaan lainnya. Hasil penggunaan youtube untuk media pembelajaran 1) membuat konsep video pembelajaran 2) edit video 3) upload video ke youtube. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran membantu siswa untuk menjadikan pembelajarannya lebih menarik, efektif dan relevan dengan isi pembelajaran. Media Youtube juga sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa dan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran.

Kata kunci—Youtube, Media Pembelajaran

 

Abstract—Youtube is a website for conveying information. With learning media students can develop user skills in skill development and improve learning improvements in the form of videos so that this makes it easier to learn and develop skills and develop pro-fessional educators in their use. The purpose of learning media through YouTube is for students to develop more creative and motivational videos. This research uses library research, which is a method of collecting data by understanding and studying theories derived from various related literatures using research. The data collection used in this study is watching videos on YouTube and reading the comments, the number of likes, the number of videos watched by netizens. This research data is in the form of second-ary data that is considered relevant to the research topic obtained from scientific books, scientific magazines or other reading sources. The results of using youtube for learning media 1) create learning video concepts 2) edit videos 3) upload videos to youtube. The conclusion in this study is that the use of youtube for learning media helps students to make their learning more interesting, effective and relevant in learning content. Youtube media is also very useful in the learning process to increase student motiva-tion and to be more active in participating in learning

Keywords— Youtube, Learning Media


Full Text:

PDF

References


Arham, M. (2020). Efektivitas penggunaan youtube sebagai media pembelajaran. Academia Education, 1-13. Retrived from https://www.academia.edu/download/63960854/Artikel_Mutmainnah_Arham20200719-31533-e13121.pdf.

Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh penggunaan media pembelajaran e-learning terhadap motivasi mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 11-16. Doi https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.105133.

Cahyono, G., & Hassani, N. (2019). Youtube seni komunikasi dakwah dan media pembelajaran. Jurnal Dakwah, 23, 23-38. Retrived from https://pdfs.semanticscholar.org/e695/33b91d22b4d52e80c199b3287787232db2bc.pdf.

Dwijayani, N. M. (2017). Pengembangan media pembelajaran ICARE. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 126-132. Doi http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10014.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1-11. Retrived from https://www.researchgate.net/profile/Putu-Ekayani/publication/315105651_PENTINGNYA_PENGGUNAAN_MEDIA_PEMBELAJARAN_UNTUK_MENINGKATKAN_PRESTASI_BELAJAR_SISWA/links/58ca607eaca272a5508880a2/PENTINGNYA-PENGGUNAAN-MEDIA-PEMBELAJARAN-UNTUK-MENINGKATKAN-PRESTASI-BELAJAR-SISWA.pdf.

Fridayanti, Y., Irhasyuarna, Y., & Putri, R. F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Audio-Visual Pada Materi Hidrosfer Untuk Mengukur Hasil Belajar Peserta Didik Smp/Mts. Jupeis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 1(3), 49-63. Retrived from https://doi.org/10.55784/jupeis.Vol1.Iss3.75.

Jusmaniar, W. O. N. A., Genggong, M. S., & Kamil, S. U. R. (2022). Pengunaan youtube sebagai media pembelajaran. Jurnal Literasi Perpustakaan dan Informasi UHO, 2(1), 32-43. Retrived from http://doi.org/10.52423/jlpi.v%vi%i.24109.

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). Doi http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v7i1.1778 .

Khotimah, S. K. S. H. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran, Inovasi di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2149-2158. Doi https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.857 .

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. MISYKAT: Jurnal Ilmu-ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. Retrived from https://lmsspada.kemdikbud.go.id/pluginfile.php/423559/mod_resource/content/2/Bahan%20bacaan.pdf.

Pratiwi, B., & Hapsari, K. P. (2020). Kemampuan berpikir tingkat tinggi dalam pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282-289. Doi https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2521.

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(2), 173-181. Doi https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762.

Pratiwi, I. T. M., & Meilani, R. I. (2018). Peran media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 3(2), 173-181. Retrived from https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/11762.

Setiadi, Erik Fahron, Alia Azmi, and Junaidi Indrawadi. "Youtube sebagai sumber belajar generasi milenial." Journal of Civic Education 2.3 (2019): 313-323.. doi https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.135.

Sumato, 2012. Modul Pengembangan Media Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang.

Yusriani, Y., Nasution, M., & Syahputra, E. (2022). Pemanfaatan Aplikasi You Tube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE), 1(3), 215-218. Doi https://doi.org/10.37676/mude.v1i3.2521.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v1i2.2883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.