Analisis Bentuk Konjungsi pada Novel Berguru pada Kelana Karya Anisa Prem dan Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA

Dina Fitria Ningrum, Cahyo Hasanudin, Joko Setiyono

Abstract


Abstrak—Penelitian ini dilatarbelakangi karena melihat bahwa penggunaan konjungsi dalam sebuah teks sangatlah penting, melalui penggunaan konjungsi yang tepat maka tulisan yang disampaikan akan mudah dipahami oleh pembaca. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (1) bentuk konjungsi pada novel Berguru Pada Kelana karya Anisa Prem dan (2) cara mengaitkan hasil temuan penelitian dengan pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan deskriptif analisis dan merupakan jenis penelitian kualitatif. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik Miles and Hubermen analisis yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi, penyajian, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) bentuk konjungsi pada novel Berguru Pada Kelana karya Anisa Prem ditemukan hanya 4 bentuk kojungsi yaitu (1) konjungsi koordinatif, (2) koordinatif subordinatif, (3) koordinatif antarkalimat dan (4) konjungsi antarparagraf dan hasil penelitian berikutnya menunjukan bahwa (2) Novel Berguru Pada Kelana karya Anisa Prem dapat dijadikan bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA untuk kelas X. Jadi, novel Berguru Pada Kelana karya Anisa Prem ditemukan terdapat 4 bentuk konjungsi dan bisa dijadikan sebagai bahan ajar pembelajaran Bahasa Indonesia karena konjungsi memiliki peranan penting untuk para siswa agar dapat memperbaiki dalam merangkai kata untuk menjadi sebuah kalimat yang padu sehingga dapat dipahami oleh si pembacanya dan pengajaran tentang konjungsi diperlukan oleh siswa guna untuk menambah ilmu kebahasaan.

Kata kunci—konjungsi, novel, pembelajaran

 

Abstract— This research is motivated by seeing that the use of conjunctions in a text is very important, through the use of proper conjunctions, the writing conveyed will be easily understood by the reader. This study aims to describe (1) the form of conjunction in the novel Berguru Pada Kelana by Anisa Prem and (2) how to relate the research findings to Indonesian language learning in high school. The method used is descriptive analysis and is a type of qualitative research. The analytical technique used is the Miles and Hubermen analysis technique which is carried out through three stages, namely reduction, presentation, and drawing conclusions. The results of this study indicate that (1) the forms of conjunctions in the novel Berguru Pada Kelana by Anisa Prem found only 4 forms of conjunctions, namely (1) coordinating conjunctions, (2) subordinating coordinating conjunctions, (3) inter-sentence coordinating and (4) inter-paragraph conjunctions and research results. The next step shows that (2) Anisa Prem's Berguru Pada Kelana novel can be used as teaching material for Indonesian language learning in high school for class X. So, Anisa Prem's Berguru Pada Kelana novel found there are 4 forms of conjunctions and can be used as Indonesian learning teaching materials because Conjunctions have an important role for students to be able to improve in stringing words to become a coherent sentence so that it can be understood by the reader and teaching about conjunctions is needed by students in order to increase linguistic knowledge.

Keywords—conjunction, novel, learning


Full Text:

PDF

References


A Akbar, M. R. M. (2020). Fobia Tokoh Yousuke Fukamachi dalam Novel Kimi ga Denwawo Kaketeita Basho Karya Sugaru Miaki (Doctoral dissertation, Univesitas Komputer Indonesia).

Al-Hafizh, M. (2012, November). Menakar Fungsi Dulceet Utile Karya Sastra Remaja Indonesia. In International Conference on Languages and Arts (pp. 445-452).

Anwar, T. F., & Anis, M. Y. TEKNIK PENERJEMAHAN UNSUR KOHESI GRAMATIKAL KONJUNGSI PADA NOVEL FĪ SABĪLI A'T-TĀJ. Jurnal CMES, 11(2), 187-202.

ASTUTI, A. (2016). Bentuk Dan Fungsi Konjungsi Dalam Novel “a Stolen Life” Oleh Jaycee Dugard (Sebuah Analisis Sintaksis). JURNAL ELEKTRONIK FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SAM RATULANGI, 4(3).

Ciptani, F. A. V. (2016). Wujud budaya dan nilai pendidikan tanggung jawab serta relevansinya dengan pembelajaran sastra di SMA (Novel Kerudung Santet Gandrung Karya Hasnan Singodimayan) (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Dia, E. E. (2019). Analisis Bentuk Praanggapan dalam Novel Gadis Kretek Karya Ratih Kumala. LECTURER REPOSITORY.

Effendi, M. J. (2021). ANALISIS KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN PADA

PT. BUANA RAYA MOTOR BANJARMASIN (Doctoral dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB).

Fikri, A. A. (2014). Analisis Konjungsi pada Terjemahan Surat An-Nisa (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Firwan, M. (2017). Nilai Moral Dalam Novel Sang Pencerah Karya Akmal Nasrey Basral. Jurnal Bahasa dan Sastra, 2(2), 49-60.

Ghofur, A. (2014). Analisis Dekonstruksi Tokoh Takeshi dan Mitsusaburo Dalam Novel Silent Cry Karya Kenzaburo Oe Perspektif Jacques Derrida. OKARA: Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(1), 57-76.

Hariyono, N. (2021). Nilai-Nilai Sosial dalam Novel Hujan Karya Tere Liye.

Hidayatullah, S. (2016). Bentuk, jenis, dan fungsi konjungsi dalam tajuk rencana Surat kabar Kompas edisi bulan Agustus 2015 (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

https://zuhriindonesia.blogspot.com/2017/09/rpp-teks-eksposisi-kd-33-dan-43- kelas-x.html

JAMALUDIN, J., Seken, M. P. I. K., & Artini, L. P. (2013). Analisis Bentuk, Fungsi dan Makna Lelakaq dalam Acara Sorong Serah pada Ritual Pernikahan Adat Sasak. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Ganesha, 2, 206965.

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69-80.

Komara, M. R. (2020). Gangguan Kepribadian Antisosial Tokoh Akira Kayama (Doctoral dissertation, Univesitas Komputer Indonesia).

KRISTIANA, K. (2012). Analisis Konjungsi Subordinatif Waktu Dan Konsesif Pada Novel Edensor Karya Andrea Hirata (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Laela, N. (2015). Nilai Budi Pekerti dalam Cerita Bersambung Kembang Kertas Karya Ariesta Widya dan Relevansinya dengan Kehidupan Sekarang (Doctoral dissertation, PBSJ-FKIP).

Lafamane, F. (2020). Karya Sastra (Puisi, Prosa, Drama).

Latifah, N., & Supena, A. (2021). Analisis Attention Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1175-1182.

Maharini, S. B. (2018). Referensi dan konjungsi sebagai pemarkah relasi proposisi gramatikal dalam wacana. Hasta Wiyata, 1(2), 65-78.

Minderop, A. (2010). Psikologi sastra: karya, metode, teori, dan contoh kasus.

Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

NELLY, Z., Kasmansyah, K., & Utami, S. (2007). SISTEM KATA TUGAS

DALAM BAHASA KOMERING (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).

Ngalimmudin, M. E., & Sabardila, A. (2016). Analisis Kesalahan Penggunaan Konjungsi dalam Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMA N Gondangrejo (Doctoral dissertation, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan).

Ningsih, A. R. (2018). Penggunaan Konjungsi dalam Novel Dalam Mihrab Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy dan Implikasinya pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

Paramita, A. A. (2010). Citra Wanita dalam Novel Tabula Rasa Karya Ratih Kumala: Tinjauan Sastra Feminis (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Paramita, A. A. (2010). Citra Wanita dalam Novel Tabula Rasa Karya Ratih Kumala: Tinjauan Sastra Feminis (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Purba, A. M. C. (2020). ANALISIS NILAI AGAMA DAN NILAI SOSIAL PADA NOVEL CANTIK ITU LUKA KARYA EKA KURNIAWAN.

Qomariyah, S., Sinaga, M., & Charlina, C. (2015). Penggunaan Konjungsi dalam Surat Kabar Kompas (Doctoral dissertation, Riau University).

Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam penelitian kualitatif.

RIMA SETYA, N. A. D. I. A. (2017). BENTUK DAN MAKNA KONJUNGSI PADA RUBRIK” EKSKLUSIF” MAJALAH KARTINI EDISI SEPTEMBER SD NOVEMBER 2016 DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS DI SMA (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA).

Rohman, S., & Wicaksono, A. (Eds.). (2018). Tentang sastra: Orkestrasi teori dan pembelajarannya. Garudhawaca.

Romlah, S., & Rokhmawan, T. (2018). RASA, KEINDAHAN DAN FUNGSI KARYA SASTRA DALAM NOVEL SELALU ADA KAPAL UNTUK

PULANG KARYA RANDU ALAMSYAH. Konvergensi Sains & Humaniora, 1(1), 128-142.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). Deepublish.

Santiung, W. (2019). Kesantunan Berbahasa Dalam Tuturan Novel Personifikasi Sastra dan Filsafat. KLASIKAL: JOURNAL OF EDUCATION, LANGUAGE TEACHING AND SCIENCE, 1(3), 1-11.

Santoso, D. N. (2014). Nilai-nilai kemanusiaan dalam novel Na'ib Izrail karya Yusuf As-Siba'i (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Santoso, D. N. (2014). Nilai-nilai kemanusiaan dalam novel Na'ib Izrail karya Yusuf As-Siba'i (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

SARISATI, S. P. (2017). PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL EXPERIENTAL LEARNING PADA SISWA KELAS XI SMAN 20 BANDUNG TAHUN PELAJAR.

Simanjuntak, M. (2020). ANALISIS PENGGUNAAN REDUPLIKASI PADA NOVEL “MERAGU” KARYA INDAH HANACO.

Sulasmi, S., & Sabardila, A. (2019). Analisis Penggunaan Konjungsi Koordinatif Dan Subordinatif Pada Terjemahan Alquran Surat Al-Ma'idah (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Syaharuddin, H. (2016). KEMAMPUAN MENYUSUN RINGKASAN CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PANCA LAUTAN KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. Cakrawala Indonesia, 1(1), 39- 52.

Syahputra, A. K. (2020). Nilai Moral Dalam Novel Dilan Dia Adalah Dilanku Tahun 1990 Karya Pidi Baiq (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Jember).

Syarif, H., & Rosa, R. N. (2014). Konjungsi koordinatif dan subordinatif lintas bahasa.

TAMAHEANG, N. (2017). Analisis Kohesi Pada Pidato Barrack Obama Di Universitas Indonesia. JURNAL ELEKTRONIK FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS SAM RATULANGI, 1(4).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.