Pemanfaatan Aplikasi Webtoon untuk Meningkatkan Minat Baca bagi Peserta Didik

Dadang Suhada, Sabrina Ghina Fauziyyah, Maya Dewi Kurnia, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Aplikasi Webtoon adalah komik berbasis web, webtoon dapat diartikan sebagai media penyampaian humor modern, serta kumpulan gambar bercerita yang dipublikasikan secara online. Tujuan dari penelitian ini adalah dapat menarik minat baca peserta didik dalam mengembangkan kemampuan ataupun kreativitasnya menggunakan aplikasi webtoon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan metode tidak langsung ini yang artinya studi literatur sebagai penelitian yang dilakukan dengan cara menelaah berbagai kajian kepustakaan yang diperlukan dalam penelitian. Pada penelitian ini line webtoon adalah salah satu aplikasi untuk meningkatkan minat baca bagi peserta didik diera digital untuk menambah wawasan.

Kata kunci— Peserta Didik, Minat Baca, Aplikasi Webtoon

 

 

 

Abstract— Webtoon application is a web-based comic, webtoon can be used as a medium of modern humor, as well as a collection of images that are linked online. The purpose of this research is to attract students' interest in developing their abilities or creativity using webtoon applications. The method used in this research is the indirect method, which means the study of literature as research carried out by examining various literature studies needed in research. In this study, the line webtoon is an application to increase reading interest for students in the digital era to add insight.

Keywords— Students, Reading Interest, Webtoon Applications


Full Text:

PDF

References


Anugra, H., Yusup, P. M., & Erwina, W. (2013). Faktor-Faktor Dominan yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa Survei Eksplanatori Tentang Minat Baca Mahasiswa di UPT Perpustakaan ITB. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 1(2), 137-146. https://doi.org/10.24198/jkip.v1i2.9980

Baroroh, K. (2011). Upaya meningkatkan nilai-nilai karakter peserta didik melalui penerapan metode role playing. Jurnal Ekonomi dan pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.21831/jep.v8i2.793

Dharma, I. D. P. P. W., Pujiastuti, E., & Harianja, M. (2019, February). Penerapan Model Pembelajaran TPS (Think-Pair-Share) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Percaya Diri Peserta Didik Kelas X MIPA 1 SMA Negeri 6 Semarang Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Tahun Pelajaran 2018/2019. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 239-246). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28918

Faidah, U. S. (2018). Resepsi Pembaca Terhadap Webcomic di LINE Webtoon (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro). Retrieved from http://eprints.undip.ac.id/67084/

Fasya, M. A. (2016). Studi fenomenologi komik digital noblesse pada aplikasi webtoon (doctoral dissertation, perpustakaan). Retrieved from http://repository.unpas.ac.id/9791/

Hapsari, Y. I., Purnamasari, I., & Purnamasari, V. (2019). Minat Baca Siswa Kelas V Sd Negeri Harjowinangun 02 Tersono Batang. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 2(3), 371-378. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJERR/article/view/22634

Harmoko, D. B. (2017). Pengembangan Mobile Webtoon Pada Mata Kuliah Pemrograman Game DiUniversitas Negeri Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(01). Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/20999

Hasanudin, C., Subyantoro, S., Zulaeha, I., & Pristiwati, R. (2021, December). Strategi Menyusun Bahan Ajar Inovatif Berbasis Mobile Learning untuk Pembelajaran Mata Kuliah Keterampilan Menulis di Abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 4, No. 1, pp. 343-347). https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/902

Hidayat, R., Pitoewas, B., & Nurmalisa, Y. (2017). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi Terhadap Minat Baca Peserta Didik di Perpustakaan. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(3). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/12639

Irwansyah, R., Darmayani, S., Mastikawati, M., Saputro, A. N. C., Wihartanti, L. V., Fauzi, A., ... & Hartono, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Retrieved from https://repository.penerbitwidina.com/publications/339459/perkembangan-peserta-didik

Isma, C. N., Rohman, N., & Istiningsih, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Minat Baca Siswa Kelas 4 di MIN 13 Nagan Raya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7932-7940. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3650

Jumatriadi, J. (2019). Hubungan Minat Baca dan Penguasaan Kosakata dengan Pemahaman Bacaan Berbahasa Inggris. ISLAMIKA, 1(2), 154-180. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.342

Kamaliah, K. (2021). HAKIKAT PESERTA DIDIK. EDUCATIONAL JOURNAL: General and Specific Research, 1(1), 49-55. Retrieved from https://adisampublisher.org/index.php/edu/article/view/24

Nurjanah, N. E., & Mukarromah, T. T. (2021). Pembelajaran Berbasis Media Digital Pada Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0: Studi Literatur. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 66-77. https://doi.org/10.33369/jip.6.1.66-77

Nuryanah, N., Zakiah, L., Fahrurrozi, F., & Hasanah, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Webtoon untuk Menanamkan Sikap Toleransi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3050-3060. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1244

Putri, D. M., & Lubis, E. E. (2018). Pengaruh media sosial line webtoon terhadap minat membaca komik pada mahasiswa universitas riau (Doctoral dissertation, Riau University). Retrieved from https://www.neliti.com/publications/208551/pengaruh-media-sosial-line-webtoon-terhadap-minat-membaca-komik-pada-mahasiswa-u

Rahman, F., Anam, A. K., & Muzaki, A. (2022). Gaya bahasa dalam humor webtoon berjudul tahilalats karya nurfadli mursyid. Pujangga: Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(1), 59-70. http://dx .doi.org/10.47313/pujangga.v8i1.1619

Ramli, M. (2015). Hakikat pendidik dan peserta didik. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 5(1). http://dx.doi.org/10.18592/jtipai.v5i1.1825

Salirawati, D. (2012). Percaya diri, keingintahuan, dan berjiwa wirausaha: tiga karakter penting bagi peserta didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.1305

Sudarsana, U. (2014). Pembinaan minat baca. Universitas Terbuka, 1(028.9), 1-49. Retrieved from http://repository.ut.ac.id/4222/1/PUST4421-M1.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v1i2.2870

Refbacks

  • There are currently no refbacks.