Dampak Era Digital terhadap Minat Baca Remaja

Azeta Fatha Zuhria, Maya Dewi Kurnia, Jaja Jaja, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak-Era digital membuat manusia sangat ketergantungan dengan teknologi terlebih lagi gadget yang sangat ramai digandrungi para remaja. Era digital telah memberikan banyak kemudahan bagi remaja namun tak sedikit pula dampak negatifnya. Artikel ini menggunakan metode penelitian studi pustaka (library research) dengan memanfaatkan artikel, jurnal, buku-buku, dan akses internet sebagai sumbernya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak era digital terhadap minat baca para remaja milenial serta peran literasi digital bagi remaja. Adapun hasil yang diperoleh dalam panelitian ini yaitu gadget mempunyai dampak besar terhadap minat baca karena kurangnya pengawasan dari orang tua ataupun guru dalam pemakaiannya. Adapun simpulan dari penelitian ini dampak positif ataupun dampak negatif dapat diatasi tergantung bagaimana pemanfaatan gadget tersebut.

Kata kunci— membaca, remaja, era digital

 

 

Abstract -The digital era makes humans very dependent on technology, especially gadgets which are very popular with teenagers. The digital era has provided many conveniences forteenagers, but there are also many negative impacts. This article uses a library research method by utilizing articles, journals, books, and internet access as sources. This study aims to determine the impact of the digital era on millennial youth's reading interest and the role of digital literacy for adolescents. The results obtained in this study are that gadgets have a major impact on reading interest because of the lack of supervision from parents or teachers in their use. The conclusion of this study is that positive or negative impacts can be overcome depending on how the gadget is used.

Keywords— reading, youth, digital age


Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/3394

Arini, D. (2020). Penyuluhan Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Terhadap Kalangan Remaja Di Desa Way Heling Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. Abdimas Universal, 2(1), 49-53. https://doi.org/10.36277/abdimasuniversal.v2i1.38

Artana, I. K. (2015). Perpustakaan, masyarakat, dan pembudayaan gemar membaca. ACARYA PUSTAKA: Jurnal Ilmiah Perpustakaan dan Informasi, 1(1). https://doi.org/10.23887/ap.v1i01.7145

Hermawan, H., Komalasari, G., & Hanim, W. (2019). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa: Sebuah Studi Pustaka. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 65-69. https://core.ac.uk/download/pdf/270174341.pdf

Ilmi, N., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Gerakan Literasi Sekolah dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2866-2873. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.990

Isma, C. N., Rohman, N., & Istiningsih, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Minat Baca Siswa Kelas 4 di MIN 13 Nagan Raya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 7932-7940. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/3650

Laily, I. F. (2014). Hubungan kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan memahami soal cerita matematika sekolah dasar. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 3(1). http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8

Lestari, S. (2018). Peran teknologi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94-100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Lubis, S. S. W. (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 9(1). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v9i1.7167

Masykur, A. M., & Kustanti, E. R. (2019). Persepsi terhadap keberfungsian keluarga dan juvenile delinquency pada remaja siswa SMA. Wacana, 11(1), 13-31. https://doi.org/10.13057/wacana.v11i1.133

Monanda, R., & Nurjanah, N. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram@ Awkarin Terhadap Gaya Hidup Hedonis Di kalangan Followers Remaja (Doctoral dissertation, Riau University).https://www.neliti.com/publications/183339/pengaruh-media-sosial instagram-awkarin-terhadap-gaya-hidup-hedonis-di-kalangan

Muhasim, M. (2017). Pengaruh tehnologi digital terhadap motivasi belajar peserta didik. Palapa, 5(2), 53-77. https://doi.org/10.36088/palapa.v5i2.46

Murjani, M. (2021). Hakikat dan sistem nilai dalam konteks teknologi pendidikan. Adiba: Journal of Education, 1(1), 107-119. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/47

Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352-376. https://doi.org/10.24252/ad.v5i2.4854

Pratiwi¹, A. D., & Afandi¹, E. S. W. (2019). Potensi aplikasi zoom cloud meetings dalam pembelajaran di era digital. https://www.researchgate.net/publication/343859632

Rahayu, A. H., & Widodo, A. (2019). Understanding of nature of science pre-service students and elementary school teachers in the digital age. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 9(2). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v9i2.3251

Rahim, A. (2013). Peranan Orang Tua Terhadap Pendidikan Karakter Remaja Putri Menurut Islam. Al-Ulum, 13(1), 87-102. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/au/article/view/182

Rahmawati, N. S. (2018). Peran pustakawan dalam menumbuhkan minat baca di era digital. Jurnal IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia), 3(2), 148-151. https://doi.org/10.1234/jurnal%20ipi.v4i1.70

Samad, S. A. A. (2021). Diskursus Hakikat Kurikulum Pendidikan Islam. Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 97-108. https://doi.org/10.32505/ikhtibar.v8i2

Simbolon, M. E., Marini, A., & Nafiah, M. (2022). Pengaruh literasi digital terhadap minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 532-542. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2449

Solahudin, D., Misdalina, M., & Noviati, N. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Minat Baca Pada Siswa Kelas 5 SD Negeri 4 Tanjung Lago. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 1404-1407. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.5465

Sudarisman, S. (2015). Memahami hakikat dan karakteristik pembelajaran biologi dalam upaya menjawab tantangan abad 21 serta optimalisasi implementasi kurikulum 2013. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 2(1). http://doi.org/10.25273/florea.v2i1.403

Sugiarti, U. (2012). Pentingnya Pembinaan Kegiatan Membaca Sebagai Implikasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Basastra, 1(1). https://doi.org/10.24114/bss.v1i1.201

Sukmawati, S., & Nasran, N. (2021). Studi Pustaka Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning pada Mahasiswa PPKn Masa New Normal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7188-7191. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2110

Susanti, R. (2002). Penguasaan kosakata dan kemampuan membaca bahasa inggris. Jurnal pendidikan penabur, 1(1), 87-93. https://www.academia.edu/download/33598826/Hal.87-93_Penguasaan_Kosa_Kata_Dan_Kemampuan_Membaca_Bahasa_Inggris.pdf

Triatma, I. N. (2016). Minat baca pada siswa kelas VI sekolah dasar negeri delegan 2 prambanan sleman Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166-178. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/fiptp/article/view/3098

Wahyuni, D. (2020). Meningkatkan Pembelajaran Sastra Melalui Perkembangan Era Digital. Jurnal Edukasi Kultura: Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya, 7(1). https://doi.org/10.24114/kultura.v1i1.18268




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v1i2.2871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.