Meningkatkan Literasi Siswa melalui Pemanfaatan Aplikasi iPusnas

Wanda Ayu Salsabila, Maya Dewi Kurnia, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Literasi bukan hanya kemampuan membaca dan menulis, akan tetapi literasi juga merupakan kemampuan berpikir kritis yang harus dimiliki oleh setiap siswa. Keberhasilan generasi muda juga bergantung pada kemampuan literasi yang dimiliki, semakin banyak membaca maka semakin banyak pula informasi dan kosa kata yang di dapat. Perkembangan teknologi yang pesat salah satunya perpustakaan digital harus dimanfaatkan oleh generasi muda sebaik mungkin. Salah satu perpustakaan digital ialah iPusnas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pemanfaatan aplikasi Ipusnas untuk meningkatkan kemampuan literasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka atau library research. Sumber data penelitian ini terdapat pada artikel ilmiah yang sudah dipublikasi di jurnal nasional dan internasional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital di mana pada aplikasi terdapat banyak koleksi buku dan berbagai fitur menarik yang bisa dimanfaatkan siswa dalam meningkatkan kemampuan literasi. Sehingga dapat digunakan untuk membantu siswa dalam meningkatkan minat baca atau kemampuan literasinya.

Kata kunci— Literasi siswa, Aplikasi iPusnas 

 

 

Abstract— Literacy is not only the ability to read and write, but literacy is also a critical thinking ability that must be possessed by every student. The success of the younger generation also depends on their literacy skills, the more they read, the more information and vocabulary they get. The rapid development of technology, one of which is a digital library, must be utilized by the younger generation as well as possible. One of the digital libraries is iPusnas. This study aims to find out about the use of the Ipusnas application to improve students' literacy skills. This research uses the method of library research. The data sources for this research are scientific articles that have been published in national and international journals. This study concludes that the iPusnas application is a digital library where in the application there is a large collection of books and various interesting features that students can use in improving literacy skills. So that it can be used to help students improve their reading interest or literacy skills.

Keywords— Student literacy, iPusnas App


Full Text:

PDF

References


Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal teknologi pendidikan, 10(1), 46-62. Retrieved from http://www.yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/meyakinkan-validitas-data-melalui-triangulasi-pada-penelitian-kualitatif.pdf

Fauzan, F., & Suwanto, S. A. (2018). Analisis pemanfaatan aplikasi iPusnas berbasis android di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(4), 11-20. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/download/22944/20981

Hidayat, F. P., & Lubis, F. H. (2021). Literasi media dalam menangkal radikalisme pada siswa. Jurnal Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 31-41. http://dx.doi.org/10.30596%2Finteraksi.v5i1.5564

Inayah, M. R., & Hasanudin, C. (2022). Pemanfaatan google books untuk meningkatkan literasi siswa. Senada PBSI, 2(1), 64-69. Retrieved from https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1244

Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017, June). Pentingnya penguasaan literasi bagi generasi muda dalam menghadapi MEA. In Proceedings Education and Language International Conference (Vol. 1, No. 1). 640-647. Retrieved from http://lppm-unissula.com/jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1282

Jariah, S., & Marjani, M. (2019, March). Peran guru dalam gerakan literasi sekolah. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang (Vol. 12, No. 01). 846-856. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2643

Kharizmi, M. (2015). Kesulitan siswa sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2). 11-21. Retrieved from http://jfkip.umuslim.ac.id/index.php/jupendas/article/view/233

Lestari, I. T., Sari, D. P., & Andrian, R. (2022). Redesign user interface aplikasi ipusnas berdasarkan user experience dengan metode design thinking. Jurnal Ilmiah Betrik: Besemah Teknologi Informasi dan Komputer, 13(2), 120-129. https://doi.org/10.36050/betrik.v13i2.485

Mardiyanto, V. (2018). Opini dan analisis program layanan informasi di perpustakaan dengan metode jarak jauh (studi kasus layanan informasi menggunakan aplikasi imobile ipusnas). Tik Ilmeu: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 1-22. http://dx.doi.org/10.29240/tik.v2i1.396

Prastiwi, M. A., & Jumino, J. (2018). Efektivitas aplikasi ipusnas sebagai sarana temu balik informasi elektronik perpustakaan nasional republik indonesia. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 7(4), 231-240. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/download/22966/21003

Puspita, G., & Irwansyah, I. (2018). Pergeseran budaya baca dan perkembangan industri penerbitan buku di indonesia: studi kasus pembaca e-book melalui aplikasi ipusnas. Bibliotika : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 2(1), 13-20. http://dx.doi.org/10.17977/um008v2i12018p013

Srinawati, W., Haryanto, H., Jakiyah, I., & Rustianengsih, R. (2021). Model edukasi e-learning berbasis aplikasi dalam meningkatkan literasi membaca dan berpikir kritis siswa pada masa pandemi covid-19. In Seminar Internasional Riksa Bahasa (pp. 299-306). Retrieved from http://proceedings.upi.edu/index.php/riksabahasa/article/view/1691

Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(02), 154-163. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.195

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di indonesia (studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Tarmidzi, T., & Astuti, W. (2020). Pengaruh kegiatan literasi terhadap minat baca siswa di sekolah dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 3(1), 40-51. http://dx.doi.org/10.33603/cjiipd.v3i1.3361

Yuliati, Y. (2017). Literasi sains dalam pembelajaran IPA. Jurnal cakrawala pendas, 3(2). 21-28. Retrieved from https://core.ac.uk/download/pdf/228882834.pdf

Wikipedia. (2014). Berkas: Logo of the National Library of Indonesia (2014).png. retrieved from https://id.m.wikipedia.org/wiki/Berkas:Logo_of_the_National_Library_of_Indonesia_(2014).png.

Zakiah, D. M., Riadi, S., & Darus, P. (2022). Pemanfaatan aplikasi i-pusnas perpustakaan nasional Republik Indonesia berbasis android di kalangan mahasiswa program studi perpustakaan dan sains informasi fakultas ekonomi dan ilmu sosial universitas sari mutiara indonesia. Jurnal Teknologi Kesehatan Dan Ilmu Sosial (Tekesnos), 4(1), 1-7. Retrieved from http://114.7.97.221/index.php/tekesnos/article/view/2893




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v1i2.2869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.