Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Evaluasi Pembelajaran Keterampilan Menulis di Perguruan Tinggi

Dwi Nur Afifah, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Keterampilan menulis merupakan keterampilan yang membutuhkan kreativitas tinggi untuk menghasilkan kalimat yang jelas dan mudah terstruktur agar mudah dipahami oleh pembaca. Hal inilah yang menyebabkan keterampilan menulis sedikit diminati dan menduduki posisi terendah dibandingkan keterampilan berbahasa lain. untuk menarik perhatian mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran keterampilan menulis, tujuan dari penelitian ini bahwa adanya aplikasi Quizizz dapat dimanfaatkan sebagai bahan evaluasi pembelajaran keterampilan menulis di perguruan tinggi. Prosedur penelitian ini menggunakan metode studi pustaka (library research) dari Mary W. George yang sumber datanya berupa data sekunder yakni berasal dari buku, artikel, dan jurnal ilmiah. Sumber data penelitian ini memiliki korelasi terhadap judul penelitian seperti perguruan tinggi, keterampilan menulis, dan aplikasi Quizizz. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak bebas, libas cakap. Validasi data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini yaitu menjelaskan lima langkah dalam proses pengimplementasian aplikasi Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran keterampilan menulis di perguruan tinggi. Penelitan ini dapat disimpulkan bahwa aplikasi Quizizz dapat dimanfaatkan sebagai media evaluasi pembelajaran keterampilan menulis di perguruan tinggi. 

Kata kunci—Perguruan Tinggi, Keterampilan Menulis, Aplikasi Quizizz

 

 

Abstract— Writing skills are skills that require high creativity to produce clear and easily structured sentences so that readers can easily understand them. This is what causes writing skills to be of little interest and occupy the lowest position compared to other language skills. To attract students' attention in participating in learning writing skills, the purpose of this study is that the Quizizz application can be used as an evaluation material for learning writing skills in tertiary institutions. The research procedure used the library research method from Mary W. George, where the data source was secondary data, namely books, articles and scientific journals. This research data source has a correlation with research titles such as college, writing skills, and Quizizz applications. In this study, the data collection technique used was the free listening technique. The data validation used is source triangulation. The results of this study are to explain the five steps in the process of implementing the Quizizz application as an evaluation medium for learning writing skills in tertiary institutions. This research can conclude that the Quizizz application can be used as an evaluation medium for learning writing skills in tertiary institutions.

Keywords— College ,Writing Skills, Quizizz App


Full Text:

PDF

References


Abbas, S. (2008). Manajemen perguruan tinggi. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode penelitian kualitatif studi pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394.

Alimin, A. A., Hariyadi, H., & Safrihady, S. (2017). Sikap bahasa mahasiswa program studi pendidikan bahasa Inggris terhadap bahasa Indonesia. JP-PBSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia), 2(1), 36-40. https://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v2i1.237.

Amany, A. (2020). Quizizz sebagai media evaluasi pembelajaran daring pelajaran mantematika. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 2(2). https://journals.ums.ac.id/index.php/bppp/article/view/13811.

Amin, A. R. (2014). Sistem pembelajaran pendidikan agama Islam pada perguruan tinggi umum. Yogyakarta: Deepublish.

Andayani (2015). Problema dan aksioma: Dalam metodologi pembelajaran bahasa Indonesia. Yogyakarta: Deepublish.

Ardi, N. M. S., & Muis, T. (2014). Perilaku seksual remaja mahasiswa fakultas bahasa dan seni Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK, 4(03), 650-657. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/8768.

Carebesth, S. (2022). Yang tertulis yang abadi. Jakarta: Galeri Buku Jakarta.

Cristiyanda, G., & Sylvia, I. (2021). Pengaruh penggunaan webquiz quizizz terhadap hasil belajar sosiologi siswa di sma n 16 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 174-183. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.110.

Fikri, S., Wiyani, W., & Suwandru, A. (2016). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas mahasiswa (studi pada mahasiswa strata l fakultas ilmu sosial dan ilmu politik Universitas Merdeka Malang). Jurnal Bisnis dan Manajemen, 3(1). https://doi.org/10.26905/jbm.v3i1.80.

Ghazali, A. M., & Arief, E. (2020). Korelasi keterampilan membaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas viii smp negeri 9 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 10-15. https://doi.org/10.24036/108258-019883.

Hamid, M. A. (2016). Pengembangan instrumen penilaian hasil belajar siswa berbasis tik pada pembelajaran dasar listrik elektronika. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 37-46. http://dx.doi.org/10.30870/volt.v1i1.822.

Hatmo, K. T. (2021). Keterampilan menulis bahasa Indonesia. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Hidayati, I. D., & Aslam, A. (2021). Efektivitas media pembelajaran aplikasi quizizz secara daring terhadap perkembangan kognitif siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(2), 251-257. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.37038.

Husna, H., & Pinem, K. (2011). Perbedaan hasil belajar siswa antara pengajaran multimedia dengan pengajaran konvensional pada materi iklim global di kelas x sma n 1 Seruway kabupaten Aceh Tamiang tp 2009/2010. Jurnal geografi, 3(2), 83-93. https://doi.org/10.24114/jg.v3i2.7363.

Khatrin, K., & Abdurrahman, A. (2020). Pengaruh model discovery learning terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas viii smp negeri 31 Padang. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 9(1), 112-120. https://doi.org/10.24036/108271-019883.

Lakilaf, N. S., & Suarjana, I. M. (2017). Penerapan model think-pair-share untuk meningkatkan keterampilan menulis kelas ii sdn 3 Banjar Jawa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(4), 284-287. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12295.

Lubis, H. Z., Eriska, P., Bismala L., Arifin, M., Hidayat, F. F., Rudianto, Jamaludin, Harfiana, R., Nasution, D. K., Panggabean, S., Zulkarnain, F., Sabrina, R., Mavianti, Sulasmi, & Lesmana, G. (2021). Inovasi pemberdayaan di masa merdeka belajar kampus merdeka (new normal): Antara peluang dan tantangan. Medan: Umsu Press.

Munadi, A. (2022). Belajar menulis bersama guru blogger Indonesia: Sebuah catatan belajar menulis di kelas online guru blogger Indonesia. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Munawarah, M., & Zulkiflih, Z. (2021). Pembelajaran keterampilan menulis (Maharah al-Kitabah) dalam bahasa Arab. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 22-34.https://doi.org/10.36915/la.v1i2.15.

Muthowiatin, A., Sutrimah, & Hasanudin, C. (2020). Penerapan metode quantum: Bagaimana siswa menulis teks negosiasi?. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 1(1), 35-47. Retrieved from https://ejournal.uinsaid.ac.id/index.php/tabasa/article/view/2590.

Novitasari, H., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Analisis keterampilan menulis teks drama dengan pembelajaran quantum. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 179-190. http://dx.doi.org/10.37905/aksara.6.2.191-202.2020.

Nurlelah, Wulandari, D., Muktiarni, Rokhani, Rahmawati, Y., Hidayat, R., Lesnawati, Guntur, M., & MaratusSoaliha, Hidayat, S. (2022). Strategi pembelajaran bahasa Indonesia. Yogyakarta: Zahir Publising.

Oktapiyani, R. (2021). Pemanfaatan gambar/ foto dalam meningkatkan keterampilan menulis cerpen. Dinamika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 4(1), 48-58. https://doi.org/10.35194/jd.v4i1.1025.

Padmadewi, N. N. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendidikan karakter untuk mata kuliah strategi pembelajaran bahasa jurusan pendidikan pendidikan bahasa Jepang di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4(1). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i1.4893.

Palupi, R. E. A., Purwanto, B., & Sutriyono, S. (2022). Analisis kecemasan berbicara peserta didik tingkat i pada mata kuliah bahasa Inggris. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 138-145. Retrieved from http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index.

Pasaribu, R. (2017). Perbandingan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif inkuiri dengan konvensional pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel (spltv) di Kelas x sma negeri 1 Bilah Hulu. Jurnal EduScience, 4(1), 1-7. https://doi.org/10.36987/jes.v4i1.796.

Pinasti, D. A., & Kustanti, E. R. (2018). Hubungan antara empati dengan adiksi smartphone pada mahasiswa fakultas ilmu budaya dan fakultas sains dan matematika Universitas Diponegoro Semarang. Jurnal Empati, 6(3), 183-188.https://doi.org/10.14710/empati.2017.19747.

Prabowo, H. (2010). Knowledge management di perguruan tinggi. Binus Business Review, 1(2), 407-415.https://doi.org/10.21512/bbr.v1i2.1087.

Purba, O. N., Rahayu, S., Khairot, I., Damanik, D. R. B. (2022). Media pembelajaran quizizz untuk guru dan dosen. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Putri, N. A., Warsiman, W., & Hermiati, T. (2022). Peningkatan keterampilan menulis teks eksposisi melalui model problem based learning dengan media gambar. Jurnal Metamorfosa, 10(1), 11-21. https://doi.org/10.46244/metamorfosa.v10i1.1730.

Riadi, B. (2016). Persepsi dan motivasi mahasiswa dalam memilih program studi pada jurusan pendidikan bahasa dan seni. Junal Pesona, 2(2). Retrieved fromhttp://ejournal.stkipmpringsewu-lpg.ac.id/index.php/pesona.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan aplikasi quizizz sebagai media pembelajaran ditengah pandemi pada siswa sma. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi JIITUJ, 4(2), 163-173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605.

Santoso, H. B., Adrian, F., & Putra, P. O. H. (2020). Mengemas materi online learning. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Sholeh, K., & Afriani, S. (2016). Teknik mind mapping sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen pada siswa sma. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 2(2), 27-45. Retrieved from http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya/article/view/3462.

Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan quizizz sebagai media pembelajaran berbasis game pada masa pandemi covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(2), 81-88. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88.

Supriadi, Tazkiyah, D., & Isro, Z. (2021). Penerapan aplikasi quizizz dalam pembelajaran daring di era covid-19. Jurnal Cakrawala Mandarin, 5(1), 42-51. http://dx.doi.org/10.36279/apsmi.v5i1.101.

Susanti, A. I. (2021). Media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi: Teori dan praktik. Pekalongan: PT. Nasya Expanding Management.

Syahputra, I. (2014). Strategi pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing dalam meningkatkan kemampuan berbahasa siswa. Kutubkhanah, 17(1), 127-145. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Kutubkhanah/article/view/813.

Tarigan, S. (2021). Meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis proyek. Indonesia Journal of Educational Development, 2(1), 148-157. https://doi.org/10.5281/zenodo.4781878.

Yana, A. U., Antasari, L., & Kurniawan, B. R. (2019). Analisis pemahaman konsep gelombang mekanik melalui aplikasi online quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 143-152. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14284.

Yanti, N., Suhartono, S., & Kurniawan, R. (2018). Penguasaan materi pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia mahasiswa s1 program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia fkip Universitas Bengkulu. Jurnal Ilmiah KORPUS, 2(1), 72-82. Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/korpus/article/view/5559.

Yolanda, S., & Meilana, S. F. (2021). Pengaruh aplikasi quizizz terhadap minat belajar ipa siswa kelas v di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 915-921. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1286.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i1.3306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.