Dampak Media Sosial terhadap Pemikiran Seorang Anak Usia Dini

Maya Liani Siswanto, Jaja Jaja, Maya Dewi Kurnia, Cahyo Hasanudin

Abstract


abstrak— Adanya media sosial di kehidupan manusia memang mempermudah manusia untuk berinteraksi, terhadap satu sama lain, menambah relasi dengan mudahnya. tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah media sosial mempunyai dampak terhadap pola pikir penggunanya terutama anak-anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi pustaka yang bersumber dari data-data skunder berupa artikel-artikel ilmiah, jurnal, dan buku-buku berbasis internet. hasil yang diperoleh yaitu media sosial dapat berdampak baik bagi pola pikir anak usia dini jika pengguaannya dengan pengawasan orang tua sebagai edukasi pertama anak usia dini. Adapun kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu penggunaan media sosial bagi kalangan anak usia dini harus mendapat perhatian khusus dari orang yang lebih tua untuk meninjau generasi muda yang cerdas bagi nusa dan bangsa

Kata kunci— Media sosial , pemikiran , anak usia dini

 

 

 

Abstract— The existence of social media in human life makes it easier for humans to interact with each other, add relationships easily. The purpose of this study is to find out whether social media has an impact on the mindset of its users, especially early childhood. This study uses a literature study research method sourced from secondary data in the form of scientific articles, journals, and internet-based books. The results obtained are that social media can have a good impact on the mindset of early childhood if it is used with parental supervision as the first education of early childhood. The conclusion that can be drawn from this research is that the use of social media for early childhood should receive special attention from older people to review the smart young generation for the homeland and nation.

Keywords— Social media, thinking, early childhood

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A., & Nurhidaya, N. (2020). Media Sosial Dan Tantangan Masa Depan Generasi Milenial. Avant Garde, 8(2), 134-148. http://dx.doi.org/10.36080/ag.v8i2.1158

Amini, M., & Aisyah, S. (2014). Hakikat anak usia dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini, 1-43. http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PAUD4306-M1.pdf

Baskara, I. P., & Hariyadi, G. T. (2014). Analisis pengaruh kepercayaan, keamanan, kualitas pelayanan dan persepsi akan resiko terhadap keputusan pembelian melalui situs jejaring sosial. Studi pada Mahasiswa di Kota Semarang, Universitas Dian Nuswantoro, Semarang, 1-15. https://core.ac.uk/download/pdf/35374501.pdf

Bulele, Y. (2020). ANALISIS FENOMENA SOSIAL MEDIA DAN KAUM MILENIAL: STUDI KASUS TIKTOK. Konferensi Bisnis, Ilmu Sosial Dan Teknologi Inovasi, 1 (1), 565-572. https://journal.uib.ac.id/index.php/cbssit/article/view/1463

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Publiciana, 9(1), 140-157 . https://doi.org/10.36563/publiciana.v9i1.79

Dewa, C., & Safitri, L. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65-71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

Evi Nurus Suroiyah. (2020). Manfaat Media Sosial dalam Pembelajaran Bahasa Arab untuk meningkatkan' Kemahiran Istima (Mendengar). Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab , 2 (1), 16-26.https://ejournal.iaiskjmalang.ac.id/index.php/muhad/article/view/148

Evivani M., & Oktaria R. (2020). PERMAINAN FINGER PAINTING UNTUK PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini , 5 (1), 23-31. https://doi.org/10.24903/jw.v5i1.427

Fajriyah, L. (2018). Pengembangan literasi emergen pada anak usia dini. Proceedings of the ICECRS, 1(3), v1i3-1394 https://doi.org/10.21070/picecrs.v1i3.1394

Fitriani, Y. (2017). Analisis Pemanfaatan Berbagai Media Sosial sebagai Sarana Penyebaran Informasi bagi Masyarakat. Paradigma, 19(2), 148-152. https://doi.org/10.31294/p.v19i2.2120

Haniza, N. (2019). Pengaruh Media Sosial terhadap Perkembangan Pola Pikir, Kepribadian dan Kesehatan Mental Manusia. J. Komun. https://core.ac.uk/download/pdf/345243132.pdf#page=32

Harahap, M., & Adeni, S. (2020). TREN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SELAMA PANDEMI DI INDONESIA. Profesional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik , 7 (2), 13-23. https://jurnal.unived.ac.id/index.php/prof/article/view/1273

Hasanah, U. (2018). Strategi pembelajaran aktif untuk anak usia dini. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 23(2), 204-222. https://doi.o rg/10.24090/insania.v23i2.2291

Jauhari, M. (2019). Media Sosial: Hiperrealitas dan Simulacra Perkembangan Masyarakat Zaman Now Dalam Pemikiran Jean Baudrillard. Al'Adalah, 20(1). http://dx.doi.org/10.35719/adl.v20i1.737

Khairi, H. (2018). Karakteristik perkembangan anak usia dini dari 0-6 tahun. Jurnal warna, 2(2), 15-28. http://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/warna/article/view/87

Khaironi, M. (2018). Perkembangan anak usia dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 01-12. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.739

Latifah, N., Marini, A., & Maksum, A. (2021). Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar (Sebuah Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 42-51. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.15051

Layaliya, F. N., Haryadi, H., & Setyaningsih, N. H. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA DAN SASTRA (STUDI PUSTAKA). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(2), 81-84. https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i2.12392

Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-11. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.26

Rahman, U. (2009). Karakteristik perkembangan anak usia dini. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 12(1), 46-57. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n1a4

Sembiring, K. D. R. (2017). Hubungan antara kesepian dan kecenderungan narsistik pada pengguna jejaring sosial media instagram. Jurnal Psikologi, 16(2), 147-154. https://core.ac.uk/download/pdf/35374501.pdf

SF Soliha, "Tingkat Ketergantungan Pengguna Media Sosial Dan Kecemasan Sosial," Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi , vol. 4, tidak. 1, hal. 1-10, Jan. 2015. https://doi.org/10.14710/interaksi.4.1.1-10

Sofyan, H. (2015). Perkembangan anak usia dini dan cara Praktis Peningkatannya. https://repository.unja.ac.id/11863/1/Cover.pdf

Sukmawati, S., & Nasran, N. (2021). Studi Pustaka Penggunaan Metode Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis E-Learning pada Mahasiswa PPKn Masa New Normal. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7188-7191. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2110

Supratman, L. P. (2018). Penggunaan media sosial oleh digital native. Jurnal Ilmu Komunikasi, 15(1), 47-60. https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1243

Tafsiruddin, T. (2021). PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP POLA PIKIR MASYARAKAT. Nathiqiyyah, 4(2), 104-116. https://doi.org/10.46781/nathiqiyyah.v4i2.369




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v1i2.2879

Refbacks

  • There are currently no refbacks.