Pemanfaatan Aplikasi Intagram sebagai Media Promosi Kampus

Nur Aidatus Syarifah, Cahyo Hasanudin, Iib Marzuki

Abstract


abstrak— Promosi berasal dari bahasa inggris yaitu kata promote yang artinya mengembangkan atau meningkatkan. Promosi adalah cara yang digunakan untuk mengenalkan kampus kepada banyak pihak. Dengan kata lain promosi adalah menarik perhatian, dan menginfor-masikan kepada masyarakat tentang visi, maksud, tujuan, dan layanan kampus. Menurut Swastha dan Irawan 2005 (dalam Yulianingsih dan Rahardjo 2016:3) promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan yang menciptakan pertukaran dalam metode pemasaran.metode kualitatif kajian pustakapenggunaan caption pada postingan atau instastory tidak harus ditulis menggukan bahasa yang baku atau formal, tetapi juga bisa menggunakan bahasa sehari-hari, yang terpenting bahasa yang digunakan itu sopan dan dalam pemilihan kalimat tidak menimbulkan pengertian. Dan yang harus diperhatikan dalam menulis caption adalah bantuan informasi yang jelas dan bisa memahamkan para pembaca, agar caption bisa menjadi lebih menarik juga bisa dikaitkan dengan topik yang sedang tranding di tengah-tengah masyarakat. Terutama jika target pasar kita adalah anak muda maka kita harus pintar-pintar membuat konten yang berhubungan dengan trend, karena anak muda masih terikat dengan hal sang sedang trend. Kesimpulan berikut ini dapat menguraikan gambaran tentang pemanfaatan aplikasi instagram sebagai media promosi kampus adalah pengikatan atau promosi tidak hanya dilakukan pada televisi atau sebgainya tetapi juga bisa melalui media sosial salah satunya melalui instangram. Instagram dapat dimanfaatkan untuk menarik perhatian masyarakat terutama anak muda yang sedang mencari kampus untuk melanjutkan pendidikan. Promosi dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur-fitur di instagram seperti, pengguaan stiker pada instastory, penggunaan caption yang menarik. Membangun citra instansi atau branding sangat penting karena dengan itu masyarakat dapat memberikan nilai plus bagi instansi atau kampus. Pemilihan caption pada saat memposting juga berpengaruh karena dari sini follower mendapatkan informasi, caption juga bisa ditulis menggunakan bahasa yang digunakan dalam sehari-hari untuk membangun rasa keakraban anatara follower dengan pihak kampus atau caption penulisan bisa dikaitkan dengan topik yang sedang trend sehingga anak muda bisa lebih memhami dan tertarik dengan apa yang disampaikan.

Kata kunci— promosi; kampus; instagram

 

Abstract— Promotion comes from the English word promote which means to develop or improve. Promotion is a way used to introduce the campus to many parties. In other words, promotion is attracting attention and informing the public about the vision, aims, objectives and services of the campus. According to Swastha and Irawan 2005 (in Yulianingsih and Rahardjo 2016: 3) promotion is a one-way flow of information or persuasion made to direct a person or organization to action that creates exchange in marketing methods. qualitative method of literature review using captions on posts or insta stories does not have to be written using standard or formal language, but can also use everyday language, the most important thing is that the language used is polite and does not make sense in choosing sentences. And what must be considered in writing captions is the help of information that is clear and can be understood by readers, so that captions can be more interesting and can also be linked to topics that are currently trending in society. Especially if our target market is young people, we must be smart in creating trend-related content, because young people are still attached to things that are trending. The following conclusions can describe an overview of the use of the Instagram application as a media for campus promotion, namely that binding or promotion is not only carried out on television or so on, but can also be done through social media, one of which is through Instagram. Instagram can be used to attract the attention of the public, especially young people who are looking for campuses to continue their education. Promotion can be done by utilizing features on Instagram such as using stickers on Instagram stories, using interesting captions. Building an institution's image or branding is very important because with that the community can provide added value to the institution or campus. The choice of captions when posting also has an effect because from here followers get information, captions can also be written using the language used in everyday life to build a sense of familiarity between followers and the campus or writing captions can be related to trending topics so that young people can be more understand and are interested in what is conveyed.

Keywords— promotion; campus; instagram


Full Text:

PDF

References


Arifin, M. (2017). Strategi Manajemen perubahan dalam meningkatkan disiplin di perguruan tinggi. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1). Doi https://dx.doi.org/10.30596%2Fedutech.v3i1.990

Damayanti, R. (2018). DIKSI DAN GAYA BAHASA DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM.

Garaika, G., & Feriyan, W. (2019). Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal AKTUAL, 16(1), 21-27. Doi https://doi.org/10.47232/aktual.v16i1.3

Garaika, G., & Feriyan, W. (2019). Promosi Dan Pengaruhnya Terhadap Terhadap Animo Calon Mahasiswa Baru Dalam Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal AKTUAL, 16(1), 21-27. Doi https://doi.org/10.47232/aktual.v16i1.3

Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan media sosial Instagram sebagai komunikasi pemasaran modern pada Batik Burneh. Kompetensi : Jurnal Studi Manajemen , 11 (2). Doi https://doi.org/10.21107/kompetensi.v11i2.3533

Mulyana, M. (2019). Strategi Promosi dan Komunikasi. Doi https://doi.org/10.31227/osf.io/v7dfr




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jr.v2i1.3286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.