Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 4 SDN 2 Kedungwaru
Abstract
Abstrak: Kampus Mengajar angkatan 4 yang berada di SD N 2 kedungwaru mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui pelaksanaan progam Kampus Mengajar Angkatan 4 di SD N 2 Kedungwaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari 1 Agustus 2022 di SD N 2 Kedungwaru yang berlokasi di Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora Jawa Tengah. Tehnik pengumpulan datanya menggunakan hasil kegiatan Kampus Mengajar angkatan 4 di SD N 2 Kedungwaru. Adapun program kerja yang dilakukan antara lain literasi sebelum pembelajaran dengan membaca buku yang telah disiapkan mahasiswa maupun membawa buku bacaan dari rumah, pojok baca, calistung, penambahan koleksi buku untuk perpustakaan “Jendela Literasi”, administrasi kelas, dan pembuatan media pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan berjalan dengan lancar, membawa dampak yang baik bagi peserta didik maupun sekolahnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adhi, Sigit Sutrisno, Firdaus K, Rachmat Imam M, Meilan Tri W. (2022). Pembudayaan Minat Baca Siswa Melalui Pembuatan Sudut Baca di SDN 1 Sendangdawuhan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM), 2 (2), 62-71.
Ashari, Rahma H. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kemendikbud Di Sekolah Dasar. Jurnal Dedikasi, 1(2), 1-8.
Direktorat Sekolah Dasar. Asesmen Nasional. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/asesmen-nasional
Diyan, Anggun N dan heni Nopianti. Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lancang Kuning, 166-173.
Imam, Thuba F, Nurmaita Puji A, dan Dwi Nur Umi R. (2021). Program Kampus Mengajar (PKM) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik Di SDN 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Jurnal Budimas, 3 (2), 483-490.
Mutiara, Livia S. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Junal Basicedu, 6 (1), 916-924.
Noerbella, Dwi. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Amgkatan 2 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8 (2), 480-489.
Suwanti, Vivi, I Ketut S, Rosita Dwi F, dan Wahyudi H. (2022). Analisis Dampak Implementasi Program MBKM Kampus Mengajar Pada Persepsi Mahasiswa. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 6(3), 814-822.
Triska, Amajida Meilia, dan gery erlangga. (2022). Aktualisasi Program Kampus Mengajar sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Dasar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 17 (2), 120-128.
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i2.2850
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/Â is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.