Pemanfaatan Aplikasi Schoology Sebagai Literasi Digital dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Islam Al Azhar 22 Sentra Primer Jakarta Timur

Fauzi Afriansyah, Imam Safi'i, Ade Hikmat, Wini Tarmini

Abstract


Abstract: This study aims to describe the learning process by utilizing Indonesian language learning at Islamic Junior High School Al Azhar 22 Sentra Primer East Jakarta. This research is a qualitative research, using a narrative method and a genre pedagogical approach. The data sources of this research were 19 students of class 9A and 23 students of class 9D with data collection techniques through tests and non-tests in the form of observation, filling out questionnaires, and documentation. Based on the research conducted, it was obtained data that the schoology application was very effective in improving students' skills in writing discussion texts. This can be seen in the acquisition of data on the average increase in class 9A from 77.92 to 82.92 and class 9D from 80 to 88. In the process of this study it was also concluded that the schoology application requires an appropriate learning approach to facilitate students' ability to operate it. This research is expected to be used as an alternative to improve the process and results of Indonesian language learning, especially the skill of writing discussion texts by utilizing the schoology application.

 Keyword: Digital Literacy, Schoology, Bahasa Indonesia

 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran dengan memanfaatkan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Islam Al Azhar 22 Sentra Primer Jakarta Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan metode naratif dan pendekatan pedagogi genre. Sumber data penelitian ini adalah 19 siswa kelas 9A dan 23 siswa kelas 9D dengan teknik pengambilan data melalui tes dan nontes berupa observasi, pengisian kuesioner, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh data bahwa aplikasi schoology sangat efektif dalam meningkatkan keterampilan siswa menulis teks diskusi. Hal tersebut terlihat pada perolehan data peningkatan rata-rata pada kelas 9A dari 77.92 menjadi 82.92 dan kelas 9D dari 80 menjadi 88. Pada proses penelitian ini diambil pula kesimpulan bahwa aplikasi schoology memerlukan pendekatan pembelajaran yang tepat untuk memfasilitasi kemampuan siswa dalam mengoperasikannya. Penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif untuk meningkatkan proses serta hasil pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan menulis teks diskusi dengan memanfaatkan aplikasi schoology.

 Kata kunci: Literasi Digital, Schoology, Bahasa Indonesia


Keywords


Kata kunci: Literasi Digital, Schoology, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Aminoto, Tugiyono dan Hairul Patoni. 2004 Peneraparan Media ELearning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jambi: Jurnal Sainmatika. Vol 8 No. 1.

Amiroh. Under ELearning, Edmodo, Moodle and Schoology (Online). Tersedia di http://amiroh.web.id, di akses pada tanggal 28 Oktober 2020.

Baswedan, Anies. 2016. Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI pada Hari Pendidikan Nasional. Jakarta: Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Bates, Tony. 2015. Teaching in a Digital Age: Guidelines for Designing Teaching and Learning. Vancouver BC: Tony Bates Associates Ltd.

Creswell, John. 2007. Qualiitative Inquiry and Research Design. London: Sage.

Halidjah, Siti. 2012. Evaluasi Keterampilan Berbiacara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Tanjungpura: Jurnal Untan.

Hikmat, Ade, Nani Solihati, Sugeng Riadi. 2020. Penulisan Akademik: Konsep, Jenis, dan Langkah-Langkah Penulisannya. Bekasi: Penerbit Paedea.

Irianto, Putri Oviolando, dan Lifia Yola Febrianti. 2017. Pentingnya Penguasaan Literasi bagi Generasi Muda dalam Menghadapi MEA. Bandung: Elic.

Mamik. 2015. Metodologi Kualitatif. Sidoarjo: Zifatama Publisher.

Nasrullah, Rullie, dkk. 2017. Materi Pendukung Literasi Digital. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Partinem. 2019. Pendekatan Sintesis Pedagogi Genre, Saintifik dan CLIL dengan Teknik UMKM2 untuk Mengoptimalkan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Kritik dan Esai Sastra Kelas XII SMA 1 Purworejo. Purwerejo. Jurnal Bahtera jilid 06.

Pratama, Wahyu Aji Pratama, dkk. 2019. Analisis Literasi Digital Siswa Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schoology. Prabumulih: Jurnal Inovasi dan Pembelarajan Fisika. 2019.

Saddhono, Kundharu, St. Y. Slamet. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.

Tarigan, Henry Guntur. 2007. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung: Angkasa.

Trianto, Agus. 2018. Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas IX Kurikulum 2012 Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i1.1753

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats