Penerapan Permainan Ular Tangga pada Operasi Bilangan Bulat Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Â
Abstrak: Sistem pembelajaran di SD Negeri 3 Kunduran masih menggunakan pembelajaran konvensional dan guru kurang menggunakan alat peraga. Hal ini merupakan faktor penyebab prestasi belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan permainan ular tangga pada operasi bilangan bulat (penjumlahan dan pengurangan) siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas II yang berjumlah 26 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, tes uraian, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model Miles dan Hubermen, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan menerapkan alat peraga ular tangga memudahkan siswa memahami konsep matematika dan memudahkan guru dalam menjelaskan materi penjumlahan dan pengurangan. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran matematika dengan menggunakan permainan ular tangga dapat diterapkan pada materi operasi bilangan bulat khususnya penjumlahan dan pengurangan siswa kelas II SD. Siswa yang memperoleh nilai di atas KKM ada 23 siswa (88,46%).
Â
Kata Kunci: Permainan Ular Tangga
Â
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alamsyah, Nur. (2016). Pengaruh Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN 102 Jakarta. Jurnal SAP 1(2), 155-164.
Atina, Edy Yusmin, dan Hamdani. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Pada Materi Operasi Bilangan Bulat Di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 5(4), 1-11.
Baiquni, Imam. (2016). Penggunaan Media Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal JKPM 1(2), 193-203.
Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: Sebelas Maret University Press.
Hasratuddin. (2014). Pembelajaran Matematika Sekarang Dan Yang Akan Datang Berbasis Karakter. Jurnal Didaktik Matematika 1 (2), 30 – 42.
Irawan, Andi dan Melda Ayu Wardani. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Dengan Menggunakan Permainan Ular Tangga Pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran 1(4), 342-348.
Irwanto. (2015). Penerapan Media Permainan Ular Tangga Dalam Operasi Hitung.
https://educationshare88.wordpress.com/2015/07/22/penerapan-media-permainan-ular-tangga-dalam-operasi-hitung
Muhamadnuroni. (2017). Permainan Media Ular Tangga.http://muhamadnuroni17.blogspot.com/2017/12/kelebihan-dan-kekurangan.html
Sandi, Eny Enawaty, dan Lukman Hadi. (2016). Penggunaan Media Visual Dan Permainan Ular Tangga Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 5(4).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widowati, Febryana dan Mulyani. (2014). Penggunaan Media Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Tema Hiburan. Jurnal JPGSD 2 (1), 1 - 10.
Wikipedia Ensiklopedia Bebas. Sekolah Dasar. https://id.wikipedia.org/wiki/sekolah_dasar//
Yumarlin MZ. (2013). Pengembangan Permainan Ular Tangga Untuk
Kuis Mata Pelajaran Sains Sekolah Dasar. Jurnal Teknik 3 (1), 75 – 84.
Zudhah, Putri F. (2017). Permainan Ular Tangga Dalam
Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra 29(100), 58-64.
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i1.713
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Edutama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/Â is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.