Peningkatan Prestasi Belajar IPA Melalui Team Game Tournament (TGT) Dengan Permainan Domino Pada Siswa Kelas IV SDN Bancer 1 Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2014/2015.

Sutrisno Sutrisno

Abstract


Materi panca indera di kelas IV merupakan cakupan materi yang diajarkan cukup luas. Selama ini peneliti melakukan pembelajaran tentang panca indera di kelas IV tahun sebelumnya menggunakan metode diskusi kelompok dan percobaan sederhana. Siswa sudah terlibat aktif dalam pembelajaran. Namun, berdasarkan analisis pencapaian kompetensi mengenai hasil belajar siswa tentang panca indera masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan masih rendahnya nilai tes tentang panca indera dan ketuntasan belajar secara klasikal 60%. Peneliti memperbaiki pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang panca indera dengan melaksanakan prosedur dan penggunaan media pembelajaran yang tidak membosankan melalui TGT dengan permainan domino. TGT dengan permainan domino merupakan salah satu strategi yang membuat siswa senang belajar dengan menerapkan prinsip â€belajar sambil bermainâ€. Siswa yang senang dalam pembelajaran mendapatkan daya ingat dan hasil belajar yang lebih baik. Dengan permainan ini siswa berperan lebih aktif dalam pembelajaran, mengemukakan permasalahan yang dimiliki, dan berani mengajukan alternatif penyelesaian masalah.Sehingga siswa mengalami pembelajaran bermakna yang terorganisir dalam sebuah pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Bancer 1 Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro semester I tahun pelajaran 2014/2015 berjumlah 34 siswa. Pengumpulan data berupa lembar obsevasi untuk mengetahui aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dan lembar tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing dua pertemuaan. Ketuntasan belajar awal sebesar 60%. Indikator keberhasilan siklus I adalah 65%, tetapi hanya tercapai ketuntasan sebesar 62% atau terjadi peningkatan 2%. Indikator keberhasilan siklus II adalah 75%, dan telah berhasil mencapai ketuntasan sebesar 85% atau terjadi peningkatan sebesar 23%. Dengan demikian permasalahan penelitian dapat terjawab dan tujuan penelitian tercapai. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terjadi peningkatan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Bancer 1 tentang panca indera melalui TGT dengan permainan domino.

Key words: Prestasi Belajar, TGT, Permainan Domino

Keywords


Prestasi Belajar, TGT, Permainan Domino

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v2i1.16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Edutama



Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats