Pengaruh Intelligence Quotient dan Emosional Quotient Terhadap Prestasi Belajar Mata Matakuliah Pengantar Akuntansi I Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI BojonegoroTahun Pelajaran 2015/2016
Abstract
Abstrak: Pengaruh Intelligence Quotient dan Emosional Quotient Terhadap Prestasi Belajar Mata Matakuliah Pengantar Akuntansi I Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI BojonegoroTahun Pelajaran 2015/2016. Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mengetahui prestasi belajar siswa sebelum dilakukan proses KBM dapat dilakukan dengan cara menggunakan Tes Intelligence Quotient (IQ) dan Emosional Quotient (EQ), sehingga dapat diketahui sejauh mana pengaruh IQ dan EQ terhadap Prestasi Belajar Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) ada tidaknya pengaruh langsung Intelligence Quotient terhadap prestasi belajar, (2) ada tidaknya pengaruh langsung Emosional Quotient terhadap prestasi belajar (3) ada tidaknya pengaruh simultan Intelligence Quotient dan Emosional Quotient terhadap prestasi belajar Mahasiswa semester III Program Studi Pendidikan Ekonomi. Analis data dalam penelitian ini menggunakan SPSS for windows versi 16, dengan uji t dan uji f. Dari uji t, Variabel intelligence quotient mempunyai angka signifikansi 0,023 dan Variabel emosional quotient mempunyai angka signifikansi 0,029. Karena probabilitas jauh lebih kecil dari 0,05, yang berarti H0 ditolak, yang berarti bahwa intelligence quotient dan emosional quotient secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar. Dari uji F diperoleh 21,777 dengan sig = 0,000 < α = 0,05. Menunjukkan H0 ditolak dan H1 tidak ditolak, berarti intelligence quotient dan emosional quotient berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa pada taraf α = 0,05. Hal ini berarti â€Terdapat Pengaruh Positif Pengaruh Intelligence Quotient Dan Emosional Quotient Terhadap Prestasi Belajar Mata Matakuliah Pengantar Akuntansi Mahasiswa Semester III Program Studi Pendidikan Ekonomi IKIP PGRI Bojonegoro Tahun Pelajaran 2015/2016
Kata Kunci: Intelligence Quotient, Emosional Quotient, dan Prestasi Belajar.
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Arifin, Zaenal. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Lentera Cendikia Surabaya.
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : rieneka.
Binet. 1997. Winkel. Hakikat inteligensi : Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Dinas Pendidikan Nasional. 2003. Pedoman Penciptaan Suasana Sekolah yang Kondusif Dalam Rangka Pembudayaan Budi Pekerti Luhur Bagi Warga Sekolah. Jakarta
Hamalik, Oemar. 1994. Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta Bumi Aksara.
Hamalik, Oemar. 2003. Prosedur Belajar Mengajar. Jakarta Bumi Aksara.
Nana Sudjana.1999. Teknik Analisa Regresi dan Korelasi. Bandung. Tarsito.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung. CV. Alfabeta
Sulistyo, Joko. 2010. 6 Hari Jago SPSS 17. Cakrawala Yogyakarta.
UnIIIersitas Negeri Malang. 2000. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Edisi keempat. Malang: UnIIIersitas Negeri Malang.
Undang-Undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional, (Online), (http/// www. depdiknas.go.id/ UU RI No 20/2003-Sistem Pendidikan Nasional, html, diakses 18 April 2016)
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v3i2.34
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Edutama
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/Â is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.