Peningkatan Prestasi Belajar Koperasi Pada Mata Pelajaran Ips Melalui Metode Belajar Resi¬tasi Pada Siswa Kelas IV SDN Kalirejo 1 Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro.

Sulistiyono Sulistiyono

Abstract


Peningkatan Prestasi Belajar Koperasi pada Mata Pelajaran IPS Melalui Metode Belajar Resitasi pada Siswa Kelas IV SDN Kalirejo 1 Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS pokok materi “Koperasiâ€. Subyek penelitian tindaqkan kelas ini adalah siswa Kelas IV SDN Kalirejo 1 Kecamatan Ngraho Kabupaten Bojonegoro semester genap tahun pelajaran 2013/2014 berjumlah 32 siswa. Penelitian ini dilaksanakan selama empat bulan yakni mulai bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2013. Alat pengumpulan data berupa lembar obsevasi untuk mengetahui aktifitas siswa dalam proses pembelajaran dan lembar tes untuk mengetahui prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan meningkatnya prosentase ketuntasan yakni pada refleksi awal angka ketuntasan sebesar 50% meningkat menjadi 66% pada siklus I dan meningkat menjadi 97% pada siklus II; rata-rata kelas pada refleksi awal 60,3 meningkat menjadi 69,8 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 84,1 pada siklus II.

Key words: prestasi belajar, metode resitasi.


Keywords


prestasi belajar, metode resitasi.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v2i2.25

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Edutama



Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats