Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 4 SDN 2 Kedungwaru

Authors

  • Ari Indriani IKIP PGRI BOJNEGORO, Indonesia
  • Wanda Revana Putri Universitas Muhammadiyah Surakarta, Indonesia
  • Siti Jumaria Universitas PGRI Semarang,, Indonesia
  • Meilisa Khonirma Sari Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Mu'izzu Nazaka Ramadha Universitas Muhammadiyah Semarang, Indonesia
  • Mahar Devi Octaviana STKIP Muhammadiyah Blora, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/jpe.v10i2.2850

Keywords:

Kata Kunci, Kampus Mengajar Angkatan 4

Abstract

Abstract: The Teaching Campus batch 4 which is located at SD N 2 Kedungwaru has the aim of knowing the implementation of the Teaching Campus batch 4 program at SDN 2 Kedungwaru. The type of research used is descriptive qualitative research. This research was carried out starting from August 1, 2022 at SD N 2 Kedungwaru located in Kunduran District, Blora Regency, Central Java. The data collection technique uses the results of the Teaching Campus batch 4 activities at SD N 2 Kedungwaru. The work plans carried out include literacy before learning by reading books that have been prepared by students or bringing reading books from home, reading corners, calistung, adding book collections for the "Window Literacy" library, classroom administration, and making learning media. The activities carried out run smoothly, bringing a good impact to students and the school.

Abstrak:  Kampus Mengajar angkatan 4 yang berada di SD N 2 kedungwaru mempunyai tujuan yaitu untuk mengetahui pelaksanaan progam Kampus Mengajar Angkatan 4 di SD N 2 Kedungwaru. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan mulai dari 1 Agustus 2022 di SD N 2 Kedungwaru yang berlokasi di Kecamatan Kunduran Kabupaten Blora Jawa Tengah. Tehnik pengumpulan datanya menggunakan hasil kegiatan Kampus Mengajar angkatan 4 di SD N 2 Kedungwaru. Adapun program kerja yang dilakukan antara lain literasi sebelum pembelajaran dengan membaca buku yang telah disiapkan mahasiswa maupun membawa buku bacaan dari rumah, pojok baca, calistung, penambahan koleksi buku untuk perpustakaan “Jendela Literasi”, administrasi kelas, dan pembuatan media pembelajaran. Kegiatan yang dilakukan berjalan dengan lancar, membawa dampak yang baik bagi peserta didik maupun sekolahnya.

References

Adhi, Sigit Sutrisno, Firdaus K, Rachmat Imam M, Meilan Tri W. (2022). Pembudayaan Minat Baca Siswa Melalui Pembuatan Sudut Baca di SDN 1 Sendangdawuhan. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM), 2 (2), 62-71.

Ashari, Rahma H. (2021). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 1 Program Merdeka Belajar Kemendikbud Di Sekolah Dasar. Jurnal Dedikasi, 1(2), 1-8.

Direktorat Sekolah Dasar. Asesmen Nasional. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/asesmen-nasional

Diyan, Anggun N dan heni Nopianti. Peran Mahasiswa Program Kampus Mengajar dalam Meningkatkan Kompetensi SDN 48 Bengkulu Tengah. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lancang Kuning, 166-173.

Imam, Thuba F, Nurmaita Puji A, dan Dwi Nur Umi R. (2021). Program Kampus Mengajar (PKM) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik Di SDN 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Jurnal Budimas, 3 (2), 483-490.

Mutiara, Livia S. (2022). Kegiatan Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi Dan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Junal Basicedu, 6 (1), 916-924.

Noerbella, Dwi. (2022). Implementasi Program Kampus Mengajar Amgkatan 2 Dalam Meningkatkan Kompetensi Literasi Dan Numerasi Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendas, 8 (2), 480-489.

Suwanti, Vivi, I Ketut S, Rosita Dwi F, dan Wahyudi H. (2022). Analisis Dampak Implementasi Program MBKM Kampus Mengajar Pada Persepsi Mahasiswa. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran), 6(3), 814-822.

Triska, Amajida Meilia, dan gery erlangga. (2022). Aktualisasi Program Kampus Mengajar sebagai Ruang Kontribusi Mahasiswa Terhadap Pendidikan Dasar Di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 17 (2), 120-128.

Downloads

Published

2023-07-20

How to Cite

Indriani, A., Putri, W. R., Jumaria, S., Sari, M. K., Ramadha, M. N., & Octaviana, M. D. (2023). Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 4 SDN 2 Kedungwaru. Jurnal Pendidikan Edutama, 10(2), 93–98. https://doi.org/10.30734/jpe.v10i2.2850

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.