Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka untuk Memenuhi Kebutuhan Pembelajaran Abad 21

Muhamad Frananda, Maya Dewi Kurnia, Jaja Jaja, Cahyo Hasanudin

Abstract


Abstract: Learning is an effort to equip students with materials to support learning activities in the classroom. To improve learning, this research aims to make the existence of an independent curriculum for learning in an independent campus is to meet the needs of learning in the 21st century. The method used in this research is library research, which is conducted by analyzing data sources. The data source is secondary data obtained from research articles that have been published in national journals. The result of this research is to explain about the 8 components of learning activities in the independent learning curriculum of the independent campus. The conclusion of this research is that learning activities in the independent curriculum of independent campus learning can fulfill the learning needs of the 21st century. 

 

Keywords: independent curriculum for independent learning, learning needs, 21st century

 

 

Abstrak: Pembelajaran merupakan upaya untuk membekali siswa dengan materi untuk menunjang kegiatan pembelajaran di kelas. Untuk meningkatkan pembelajaran dengan baik maka. Tujuan dari penelitian ini bahwa adanya kurikulum merdeka belajar kampus merdeka adalah untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran di abad 21. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi pustaka (library research) yang merupakan penelitian dengan cara menganalisis sumber data. Sumber data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari artikel hasil penelitian yang sudah dipublikasi dalam jurnal nasional. Hasil dari penelitian ini adalah menjelakan tentang 8 komponen kegiatan pembelajaran dalam kurikulum merdeka belajar kampus merdeka. Simpulan penelitian ini bahwa kegiatan pembelajaran dalam kurikulum merdeka belajar kampus merdeka dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran abad 21.

 

Kata Kunci: kurikulum merdeka belajar kampus merdeka, kebutuhan pembelajaran, abad 21


Keywords


kurikulum merdeka belajar kampus merdeka, kebutuhan pembelajaran, abad 21

Full Text:

PDF

References


Al Fatih, M., Alfieridho, A., Sembiring, F. M., & Fadilla, H. (2022). Pengembangan kurikulum pembelajaran implementasinya di SD Terpadu Muhammadiyah 36. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 421-427. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.2260

Alfianti, S., Hertati, L., Syafitri, L., Munandar, A., & Hendarmin, R. (2022). Sosialisasi pengembangan strategi pemasaran dan pengelolaan umkm potensi desa petanang melalui peningkatan kemampuan sumber daya manusia program kkn tematik mbkm mahasiswa Universitas Indo Global Mandiri. PRIMA: Portal Riset Dan Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1(4), 153-162. https://doi.org/10.55047/prima.v1i4.337

Amin, K. F., & Muliadi, M. (2021). Implementasi program MBKM berbasis IKU-7. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 1697-1706. http://dx.doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i2.5253

Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14-23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116

Arsanti, M., Wardani, O. P., Zulaeha, I., Subyantoro, S., Setyaningsih, N. H., & Hasanudin, C. (2022). Kebutuhan Pengembangan Buku Ajar Analisis Kesalahan Berbahasa berdasarkan Kompetensi Abad 21. Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), 41-50. http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i1.2242.

Astuti, T. (2011). Eksistensi Waduk Cacaban sebagai tempat kegiatan wirausaha bagi masyarakat. KOMUNITAS: International Journal of Indonesian Society and Culture, 3(1). https://doi.org/10.15294/komunitas.v3i1.2295

Aswita, D. (2022, June). Merdeka belajar kampus merdeka (MBKM): Inventarisasi mitra dalam pelaksanaan magang mahasiswa fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. In Prosiding Seminar Nasional Biotik (Vol. 9, No. 2, pp. 56-61). http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v9i2.11747

Aziz, F. Z., Setiawan, F., Hariadi, D., & Setianingsih, F. N. (2022). Transformasi kebijakan kurikulum pendidikan di Indonesia sebagai landasan pengelolaan pendidikan. Attractive: Innovative Education Journal, 4(2), 217-228. http://dx.doi.org/10.51278/aj.v4i2.438

Bahri, S. (2017). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15-34. http://dx.doi.org/10.22373/jiif.v11i1.61

Choirun’nisa, F. M., Aisy, N. R., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan manajemen kurikulum anak usia dini di kelompok bermain Bunda Rosa Desa Langkan 1 Banyuasin III. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(01 April), 164-174. Retrieved from http://azramedia-indonesia.azramediaindonesia.com/index.php/bharasumba/article/view/197.

Dalimunthe, D. (2016). Kajian proses islamisasi di Indonesia (studi pustaka). Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 12(1), 115-125. https://doi.org/10.23971/jsam.v12i1.467

Debora, A. B., & Deca, S. N. M. M. (2022). Proyek kemanusiaan kepada korban gempa temakung-penerapan kurikulum MBKM. LOKATARA SARASWATI, 1(1), 8-16. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/lokasaraswati/article/view/3709.

Dewa Made, D., I Nyoman, A., & I Kadek, D. N. (2022). Pelaksanaan program magang/praktik kerja mbkm pada CV. Bello Desain. http://repo.isi-dps.ac.id/id/eprint/4793

Dwanoko, Y. S., Kusufa, R. A. B. D., & Firdaus, R. M. (2022). Implementasi mbkm dalam bentuk pelatihan e-commerce untuk mewujudkan digital ekonomi masyarakat di Desa Druju Kecamatan Sumbermanjing Wetan Kabupaten Malang. Jurnal ABM Mengabdi, 9(01), 60-69. https://doi.org/10.31966/jam.v9i01.1041

Effendi, D., & Wahidy, A. (2019, July). Pemanfaatan teknologi dalam proses pembelajaran menuju pembelajaran abad 21. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Retrieved from https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977.

Elisa, E. (2018). Pengertian, peranan, dan fungsi kurikulum. Jurnal Curere, 1(02). http://dx.doi.org/10.36764/jc.v1i02.81

Hakim, A., & Herlina, N. H. (2018). Manajemen kurikulum terpadu di Pondok Pesantren Modern Daarul Huda Banjar. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 6(1), 111-132. https://doi.org/10.36667/jppi.v6i1.157

Hasanah, H., & Malik, N. (2019). Strategi pembelajaran Abad 21 bagi guru-guru SMK Kartika XX-1 Makassar. In Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 2019, No. 6). Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnaslpm/article/view/11597.

Hasibuan, A. T., & Prastowo, A. (2019). Konsep pendidikan abad 21: kepemimpinan dan pengembangan sumber daya manusia SD/MI. MAGISTRA: Media Pengembangan Ilmu Pendidikan Dasar dan Keislaman, 10(1). Retrieved from https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/MAGISTRA/article/download/2714/2676.

Huda, N. (2017). Manajemen pengembangan kurikulum. Al-Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 52-75. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i2.113

Irawan, D. (2022). Evaluasi program asistensi mengajar di satuan pendidikan program studi pendidikan teknik otomotif berbasis model kirkpatrick. Jurnal Teknik Otomotif: Kajian Keilmuan dan Pengajaran, 6(1), 1-8. http://dx.doi.org/10.17977/um074v6i12022p1-8

Kemendikbud (2020). Buku panduan merdeka belajar kampus merdeka. Jakarta, Indonesia: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemdikbud RI.

Khaeruddin, K., Haris, H., & Arwadi, F. (2021). Pengembangan petunjuk teknis BKP MBKM studi/proyek independen. In Seminar Nasional LP2M UNM. Retrieved from https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25200.

Kube, A. I., & Emawati, H. (2022). Pemberdayaan food truck berbasis sosial dan kewirausahaan dalam penguatan kegiatan mbkm. TA'AWUN, 2(01), 43-49. https://doi.org/10.37850/taawun.v2i01.237

Latifah, S., Gibran, Z., Saadiah, H., Prasetyawijaya, G., NC, A. S., Al Imam, A.,... & Ahmad, Z. (2021). Pertukaran pelajar Unram-UPM: inovasi pembelajaran mbkm dalam menumbuhkan ketangguhan lulusan sarjana kehutanan. Jurnal Pepadu, 2(1), 46-51. https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v2i1.290

Lazwardi, D. (2017). Manajemen kurikulum sebagai pengembangan tujuan pendidikan. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 7(1), 119-125. https://doi.org/10.24042/alidarah.v7i1.1112

Mariani, N., & Arapah, E. (2022). Penyusunan implementation of agreement (ia) untuk kegiatan pembelajaran di luar program studi mbkm. J-ABDI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(9), 2143-2156. Retrieved from https://www.bajangjournal.com/index.php/J-ABDI/article/view/1251.

Mevlevi, M. T. (2022). Metode pembelajaran yang disarankan untuk SD dalam menerapkan pembelajaran abad 21 pada muatan IPS. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3). http://dx.doi.org/10.30998/sap.v6i3.11521

Muhtarom, H., & Kurniasih, D. (2020). Pengaruh model pembelajaran abad 21 terhadap pembelajaran sejarah Eropa. BIHARI: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH DAN ILMU SEJARAH, 3(2). Retrieved from https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/bihari/article/view/2519.

Pawero, A. M. V. D. (2018). Analisis kritis kebijakan kurikulum antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra', 12(1), 42-59. http://dx.doi.org/10.30984/jii.v12i1.889

Prastowo, A. (2014). Paradigma baru madrasah dalam implementasi kebijakan kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 95-113. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.95-113

Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Ramadhani, A. E., Septia, A. Y., Wijayanti, R., & Septianingtias, A. (2021). Pengelolaan diri sebagai upaya membangun kerja sama dalam pertukaran pelajar di perguruan tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1), 71-84. https://doi.org/10.21009/PIP.351.8

Ruminda, M., Keke, Y., Saribanon, E., & Sari, M. (2022). Dampak penyelenggaraan proses pembelajaran kolaboratif merdeka belajar bagi mahasiswa Institut Transportasi Dan Logistik Trisakti. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan, 4(6), 2250-2260. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v4i6.1090

Saehana, S., Ali, M., Darsikin, D., Nurgan, N., & Ratnaningtyas, D. I. (2021). Pelatihan penggunaan learning management system (lms) bagi guru sebagai mitra asistensi mengajar program MBKM Prodi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Tadulako. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(4), 441-446. Retrieved from https://scholar.archive.org/work/nyzuvzumrncqlgn2hg6bi4kl4e/access/wayback/https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/btj/article/download/4333/pdf.

Saputra, R. R., Prasetyo, T. N., & Suraji, A. (2021, December). Implementasi bentuk kegiatan pembelajaran penelitian dalam program mbkm di program studi teknik sipil Universitas Widyagama Malang. In Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) (pp. 1039-1046). Retrieved from http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/3444.

Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi civitas akademik dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902-915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, Q. Y., & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan implementasi kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(1), 34-41. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458

Sopiansyah, D., Masruroh, S., Zaqiah, QY, & Erihadiana, M. (2022). Konsep dan implementasi kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Reslaj: Jurnal Sosial Pendidikan Agama Laa Roiba, 4 (1), 34-41. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i1.458

Surya, Y. F. (2017). Penggunaan model pembelajaran pendidikan karakter abad 21 pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 52-61. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.31

Susetyo, S. (2020, October). Permasalahan implementasi kurikulum merdeka belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. In Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Dan Sastra (Vol. 1, No. 1, pp. 29-43). Retrieved from https://ejournal.unib.ac.id/index.php/semiba/article/view/13358.

Syahputra, E. (2018, December). Pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Sains Teknologi Humaniora dan Pendidikan (QSinastekmapan) (Vol. 1).

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2019). Implementasi pendidikan kebencanaan di Indonesia (sebuah studi pustaka tentang problematika dan solusinya). Lectura: Jurnal Pendidikan, 10(2), 136-154. https://doi.org/10.31849/lectura.v10i2.3093

Tahmidaten, L., & Krismanto, W. (2020). Permasalahan budaya membaca di Indonesia (Studi pustaka tentang problematika & solusinya). Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 22-33. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i1.p22-33

Wafi, A. (2017). Konsep dasar kurikulum pendidikan agama islam. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 133-139. https://doi.org/10.33650/edureligia.v1i2.741

Widiyono, A., Irfana, S., & Firdausia, K. (2021). Implementasi merdeka belajar melalui kampus mengajar perintis di sekolah dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-Sd-An, 16(2). https://doi.org/10.17509/md.v16i2.30125




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.2868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats