PKM Inovasi Batik Cap Berbasis Limbah Spate Part Komputer bagi Kelompok Ekonomi Kreatif OKAI (Olah Kain Semai) Jepara

DS Drajad Wibowo, Teguh Tamrin, Yushinta Eka Farida, Santi Andriani

Abstract


ABSTRACT

The creative economy is one of the solutions to increase the economy in the current era. Preserving and developing Indonesian cultural heritage products such as batik is a challenge in the business. Partner in the service program is OKAI (Olah Kain Semai). It is one of creative economy Groups. The location of PKM is in Senenan village, Tahunan Jepara. Based on the interview and observation, there was main problem, namely the lack of innovation of contemporary batik motifs. The solution of this problem is assisting partners in training on innovation of stamped batik motifs using computer spare part waste. The results of this program are; 1) making batik stamp from computer spare part waste; 2) their skills improved; 3) their products especially for computer spare part waste motif increased.

 

Keywords: stamped batik, computer spare parts waste, creative economy

 

 

ABSTRAK

Ekonomi kreatif merupakan salah satu solusi peningkatan perekonomian di era sekarang. Melestarikan dan mengembangkan produk-produk warisan budaya Indonesia seperti batik merupakan tuntutan dan tantangan dalam dunia usaha. Mitra pada program pengabdian adalah salah satu kelompok  ekonomi  kreatif yaitu Kelompok Ekonomi Kreatif OKAI (Olah  Kain  Semai)  Jepara. Lokasi mitra terletak di desa Senenan, Tahunan Jepara. Berdasarkan hasil  wawancara dan observasi mitra, terdapat satu permasalahan utama yang menonjol pada mitra; 1) pada aspek produksi, yaitu kurangnya inovasi motif batik kekinian; Adapun solusi dari kedua permasalahan tersebut adalah: 1) mendampingi mitra  dalam pelatihan inovasi motif batik cap menggunakan limbah spare part computer. Hasil dari PKM ini adalah; 1) pembuatan batik cap dari limbah spare part computer;2) Meningkatnya keterampilan mitra membatik menggunakan limbah spare part computer; 3) Meningkatnya produk batik dari motif spare part komputer bekas.

 

Kata Kunci: batik cap, limbah sparepart komputer, digital marketing


Keywords


batik cap, limbah sparepart komputer, ekonomi kreatif

Full Text:

PDF

References


B. Azizah, N., Mahendra, D., & Lofian, “Pemanfaatan E-Commerce untuk Peningkatan Strategi Promosi dan Penjualan UMKM Tas di Kabupaten Kudus.,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 10, no. 1, p. 96, 2019.

Suryanti, “Pelestarian Batik sebagai Warisan Budaya di Kalangan Siswa SMA Muhammadiyah 2 Surakarta,” Univ. Muhammadiyah Surakarta, no. 1, 2013.

S. A. Prasetyo, “Karakteristik Motif Batik Kendal Interpretasi dari Wilayah dan Letak Geografis,” Jurnall Imajin., vol. 10, no. 1, pp. 51–60, 2016, [Online]. Available: https://doi.org/10.15294/imajinasi.v10i1.8816.

T. H. Sukarna and M. S. Ramadhan, “Perancangan Batik Dengan,” in Perancangan Batik dengan Menggunakan Alat Sederhana sebagai Alternatif Pengganti CAP, 2018, vol. 5, no. 3, pp. 2708–2733.

S. Hartini, “Peran Inovasi: Pengembangan Kualitas Produk dan Kinerja Bisnis,” J. Manaj. dan Kewirausahaan, vol. 14, no. 1, pp. 82–88, 2012, doi: 10.9744/jmk.14.1.83-90.

E. Multiyaningsih, Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alphabeta, 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i2.2684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats