Inovasi Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kecerdasan Linguistik Anak Usia Dini

Yushinta Eka Farida, Santi Andriyani, Drajat Wibowo

Abstract


Media is has important role in the learning process of early childhood. Media can be used as a tool for closering perception and understanding of teachers of the child’s comprehension. Partners in this program are Raudhatul Athfal (RA) Al-Masithoh and Raudhatul Athfal Miftahul Ulum, both located in Sukosono, Kedung, Jepara.  The aims of this program are: (1) to equip the knowledge and skills of RA teachers on learning media called softbook; (2) to improve the linguistic intelligence of students using bilingual softbook as a learning medium. The methods used are education, training, practice, mentoring, and evaluation. The results of this program is a product formed a softbook (buku bantal) made from spons ati as the basic material. It is related to  RA theme with bilingual concept (Indonesian and English).

Keywords: Softbook, linguistic intelligence, Bilingual Languge

ABSTRAK 

Media memegang peranan penting dalam proses pembelajaran anak usia dini. Media dapat dijadikan sebagai wahana untuk mendekatkan persepsi dan pemahaman guru dengan daya tangkap anak. Mitra pada program pengabdian ini adalah Raudhatul Athfal (RA) Al-Masithoh dan Raudhatul Athfal Miftahul Ulum yang keduanya berlokasi di desa Sukosono, Kedung, Jepara Jawa Tengah. Adapun tujuan dari PKM ini adalah: (1)  untuk membekali pengetahuan dan keterampilan guru RA mengenai media pembelajaran berbentuk buku banta:l (2) untuk meningkatkan kecerdasan linguistik siswa dengaan menggunakan buku bantal bilingual sebagai media pembelajaran. Metode yang digunakan adalah edukasi, training, praktik, pendampingan, dan evaluasi.  Hasil dari pengabdian ini adalah : produk dalam kegiatan ini berupa buku bantal dengan bahan dasar spons ati berdasarkan tema RA dengan konsep bilingual (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris).

Kata Kunci : buku bantal, kecerdasan linguistik, bahasa bilingual


Keywords


Softbook, linguistic intelligence, Bilingual Languge

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Haryono, S.E., Anggraini, Henni & Muntomimah, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini dari Bahan Bekas Bahan Bekas. diakses pada tanggal 10 April 2018 melalui https://semnas.unikama.ac.id/lppm/prosiding/2017/4.PENDIDIKAN/Sarah_Penelitian_Pendidikan.pdf.

Elisa, S. P., Sutrisno, H., SH, M. S., & Sudarti, H. (2014). Pemanfaatan Media Animasi Audio Visual dalam Pembelajaran Kemandirian Merapikan Mainan pada Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Laboratorium Model Universitas Muhammadiyah Pontianak. FKIP Program Studi PG PAUD.

Multiyaningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alphabeta.

Sanjaya, W. (2010). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i2.308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats