PKM Parenting Education Berbasis Theraplay bagi Orangtua Siswa Berkebutuhan Khusus di SDN 1 Sowan Lor

Authors

  • Hamidatur Rohmah Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Santi Andriyani Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Rizki Ailulia Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia
  • Reizal Muhaimin Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i2.2972

Keywords:

Anak Berkebutuhan Khusus, Orangtua, Parenting Education, Pengasuhan, Theraplay

Abstract

ABSTRACT

 

This service activity aims to provide insight humanist care for parents in assisting children with special needs. The partner of this PKM program is SDN 1 Sowan Lor Kedung Jepara which has 27 students with special needs. The method PKM program includes several stages, namely: socialization, training, mentoring and evaluation (sustainable). The results PKM show that partners understand the material of parenting education. At the socialization stage, parents actively ask questions and share related to the child's condition. In the training stage, partners also play an active practicing theraplay which includes the engagement, nurture, structure, challenge. These four dimensions as a means of building bonding with children. Furthermore, the mentoring is carried out for parents in filling out the guidance book for parents. The evaluation is carried out through the distribution questionnaires using google forms to see the success of partners. This PKM provides benefits for parents in increasing the literacy humanist parenting insights in children so that their potential develops properly. 

Keywords: Children with Special Needs, Parents, Parenting Education, Parenting, Theraplay

 

ABSTRAK

 

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan wawasan pengasuhan humanis bagi orangtua dalam mendampingi anak berkebutuhan khusus. Mitra program PKM ini adalah SDN 1 Sowan Lor Kedung Jepara yang memiliki siswa berkebutuhan khusus sebanyak 27. Adapun metode pelaksanakan PKM ini meliputi beberapa tahap yaitu: tahap sosialisasi, tahap pelatihan, tahap pendampingan, dan tahap evaluasi (keberlanjutan). Hasil PKM ini menunjukkan bahwa mitra memahami materi kegiatan parenting education. Pada tahap sosialisasi orangtua aktif bertanya dan sharing terkait kondisi anak. Pada tahap pelatihan, mitra mempraktikkan model theraplay yang meliputi dimensi engagement (ketertarikan), dimensi nurture (kasih sayang), dimensi structure (struktur), dimensi challenge (tantangan). Keempat dimensi ini sebagai sarana membangun bonding dengan anak. Selanjutnya dilakukan tahap pendampingan orangtua dalam mengisi guidance book for parent. Tahap evaluasi dilakukan melalui penyebaran kuesioner menggunakan google form guna melihat keberhasilan mitra. PKM ini memberikan manfaat bagi orangtua dalam menambah literasi wawasan pengasuhan yang humanis pada anak agar potensinya berkembang dengan baik.

Kata kunci: Anak Berkebutuhan Khusus, Orangtua, Parenting Education, Pengasuhan, Theraplay

References

Adriana. (2018). Pengaruh Pengetahuan Parenting Terhadap Keterlibatan Orangtua Di Lembaga Paud. Jurnal AUDHI, 1(1), 40–51.

Astrid, W. E. N. (2020). Indahnya Pengasuhan dengan Theraplay. Bentang Pustaka.

Fachrurrozi. (2019). Parenting Education Untuk Keterampilan Orang Tua dalam Mendeteksi Anak Berkebutuhan Khusus di Desa Tlasih, Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo. Prosiding Seminar Nasional Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat (SNPM), 20–24.

Fadiana. (2020). Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Tunagrahita Melalui Pembelajaran Terintegrasi Semiotik Dengan Media Buku Pop Up. Dinamisia, 4(2), 373–383.

Fadjryana Fitroh, S., & Rizki Tiara, D. (2021). Pengaruh Program Parenting Berbasis E-Learning Terhadap Literasi Orangtua Tentang Sugesti Positif Anak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(1), 2407–4454. https://journal.trunojoyo.ac.id

Fatah Natsir, Aisyah, & Nurul Ihsan. (2018). Mutu Pendidikan: Kerjasama Guru Dan Orang Tua. Mudarrisuna: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 8(2), 311–327.

Hamidaturrohmah. (2020). Strategi Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Berkebutuhan Khusus Di SD Inklusi Era Pandemi Covid19. Elementary Journal Islamic Teacher, 8(ISSN:2355-0511), 247–278. https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/elementary

Hidayati. (2019). Pendidikan Inklusi dan Anak Berkebutuhan Khusus. Samudra Biru.

Kemendiknas, 2009 Permendikbud_Tahun2009_Nomor070. (n.d.).

Kemdikbud, 2017 Permendikbud_Tahun2017_Nomor030. (n.d.)

Pasyola. (2021). Peran Parenting Self-Efficacy dan Optimisme terhadap Psychological Well-Being Ibu yang Memiliki Anak Intellectual Disability. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 131–142.

Rahmatika. (2018). Menggambarkan Manfaat Program Parenting Menurut Orang Tua Di Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. . Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1), 90–98.

Sabila. (2021). Mindful Parenting pada Orangtua dengan Anak Gangguan Pemusatan Perhatian danHiperaktivitas (GPPH): Tinjauan Sistematis. Jurnal Psikologika, 26(1), 195–216.

Sufa. (2022). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Pada Masa Golden Age. Jurnal Basicedu, 6(3), 4905–4912.

Downloads

Published

2023-10-20

How to Cite

Rohmah, H., Andriyani, S., Ailulia, R., & Muhaimin, R. (2023). PKM Parenting Education Berbasis Theraplay bagi Orangtua Siswa Berkebutuhan Khusus di SDN 1 Sowan Lor. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 7(2), 117–130. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i2.2972

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.