PELATIHAN METODE PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI PADA GURU PAUD

Authors

  • Romi Cendra Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Novri Gazali Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Toktong Parulian Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Alficandra Alficandra Universitas Islam Riau, Indonesia
  • Leni Apriani Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i1.137

Keywords:

Metode Pengembangan, Motorik Kasar

Abstract

This activity was aimed to educate and train teachers of early childhood education program concerning two key matters for the success of early-age children’s gross motor skill development, namely: basic knowledge and skills of early-age children’s gross motor skill development methods. This training was provided using direct practice method, a method employed by teachers by practicing in a direct manner in accordance with the materials to be delivered to children. It was expected that through this direct practice activity, children gain experience by directly interacting with objects. This activity was carried out for a period of one day on April 30, 206 from 07.30 to 17.00 outside the effective learning hours. This activity was conducted in Plamboyan, District of Tapung, Regency of Kampar, Province of Riau, with 24 teachers of early childhood education program being participants. From this activity, it was concluded that physical/motoric development is part of basic skill development in kindergarten leading to activities for training children’s motoric skills, especially gross motoric skills, including walking, running, leaping, exercising, playing with ball, using tools, dancing, doing rhythmic exercise and combined moves.

Keywords: Method Development, Gross Motor Skills

 

ABSTRAK

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan ilmu dan keterampilan kepada para guru pendidikan anak usia dini (PAUD) mengenai dua hal penting untuk sukses dalam mengembangkan kemampuan motorik kasar anak-anak usia dini, yaitu : memberikan pengetahuan dan keterampilan dasar metode pengembangan motorik kasar anak usia dini melalui metode praktik langsung. Metode praktik langsung adalah metode yang dilakukan oleh guru dengan cara melakukan praktek secara langsung sesuai dengan materi yang akan disampaikan kepada anak-anak. Melalui kegiatan praktik langsung diharapkan anak mendapatkan pengalaman melalui interaksi langsung dengan objek.. Program kegiatan dilaksanakan selama satu hari, yaitu pada tanggal 30 April 2016 mulai pukul 07.30 hingga 17.00 di luar jam efektif belajar. Kegiatan ini dilaksanakan di Plamboyan Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar Provinsi Riau dengan  peserta adalah guru-guru pendidikan anak usia dini (PAUD) yang berjumlah 24 orang. Kesimpulan kegiatan ini yaitu pengembangan fisik/motorik merupakan salah satu bagian pengembangan kemampuan dasar di TK yang mengarah pada kegiatan untuk melatih motorik anak khususnya motorik kasar anak yang terdiri atas gerakan-gerakan jalan, lari, lompat, senam, keterampilan dengan bola, keterampilan menggunakan peralatan, menari, latihan ritmik dan gerak gabungan.

 Kata Kunci: Metode Pengembangan, Motorik Kasar

References

Ariyana, D & Rini, N. R. (2009). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Anak Dengan Perkembangan Motorik Kasar dan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 7 Semarang. FIKkes Jurnal Keperawatan. Vol. 2, No. 2. Maret. 11-20.

Desmita. (2007). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hakim, A.R & Soekardi, S. (2013). Pengaruh Usia dan Latihan Keseimbangan Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Kelas Bawah Mampu Didik Sekolah Luar Biasa. Journal of Physical Education and Sports. Volume 2, Nomor 1, Juni. 200-204.

Masitoh, dkk. (2005). Pendekatan Belajar Aktif di Taman Kanak- Kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sumantri, M.S. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Slamet, S. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2018-04-25

How to Cite

Cendra, R., Gazali, N., Parulian, T., Alficandra, A., & Apriani, L. (2018). PELATIHAN METODE PENGEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI PADA GURU PAUD. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 65–70. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i1.137

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.