Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Motivasi Guru dan Karyawan

Sukiyanto Sukiyanto, Tsalitsatul Maulidah

Abstract


Abstract: To achieve high levels of performance, it depends on a variety of influence factors. There are at least six external factors that determine an employee's performance level, namely: (a) environment, (b) management behavior, (c) position design, (d) level of education, (e) training, (f) motivation and (g) administration Remuneration. The purpose of this research was to determine the principal's leadership style and organizational culture on the motivation of teachers and employees. With a total population of 150 people, this study used quantitative research methods. The focus of this research is to measure variables. The procedure of this research emphasizes theories through the measurement of variables. By using the path analysis included in the multivariate model with the Amos version 5.0 program. The sampling technique are used in this research is a random method, where the samples taken were 60 people. This reseach00 uses a survey approach that examines by taking samples from a population using a questionnaire to collect data. Based on the results of the research , it can be concluded that the Principal's leadership style affects the Work Motivation of Teachers and employees, and organizational culture has a significant positive effect on organizational performance and employee job satisfaction.

 

Keyword: Organizational culture, Leadership style, Motivation

 

Abstrak: Untuk mencapai tingkat kinerja yang tinggi, sangat bergantung pada berbagai faktor yang mempengaruhi. Setidaknya ada enam faktor eksternal yang menentukan tingkat kinerja seseorang pegawai yaitu: (a) lingkungan, (b) perilaku manajemen, (c) design jabatan, (d) jenjang pendidikan, (e) pelatihan, (f) motivasi dan (g) administrasi pengupahan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap motivasi guru dan karyawan. Dengan jumlah populasi dalam penelitian ini yaitu sebanyak 150 orang Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Fokus penelitian ini untuk mengukur antar variabel. Prosedur penelitian ini menekankan pada teori-teori yang melalui pengukuran variabel. Dengan menggunakan path analysis yang termasuk dalam model multivariate dengan program Amos versi 5.0. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode  random, dimana sampel yang diambil adalah 60 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan survey yang meneliti dengan mengambil sampel dari suatu populasi dengan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa gaya kepemimpinan Kepala Sekolah berpengaruh terhadap Motivasi Kerja Guru dan karyawan, dan budaya organisasi berpengaruh positif yang signifikan terhadap kinerja organisasi dan kepuasan kerja karyawan.

 

Kata kunci: Budaya organisasi, Gaya kepemimpinan, Motivasi.


Keywords


Organizational culture, Leadership style, Motivation

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Carudin. (2011). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Sekolah Pasca Sarjana UPI.

Colquitt, J. A., Lapine, J. A., & Wesson, M. J, (2009). Organizational Behavior: Improving Performance and Commitment in the Workplace, New York: McGraw-Hill-Irwin.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional. Depdiknas RI: Jakarta.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia, Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. Depdiknas RI: Jakarta.

Djohar, A. (2007). Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Dalam Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Pedagogiana Press.

Djumadi. (2005). Perjanjian Kerja. Radjawali Pers. Jakarta.

Febrianto, L. S., Dwidayati, N. K., Hendikawati, P. (2018). Perbandingan Metode Robust Least Median of Square (LMS) dan Penduga S Untuk Menangani Outlier Pada Regresi Linier Berganda. UNNES Journal of Mathematics 7(1) : 83-95.

Ghozali, I. (2005). Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Gibson, J. L. (2000). Organisasi, Perilaku, Struktur dan Proses, Edisi ke-5. Cetakan ke-3. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hamid, A. (2017). Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan. 17(2), 274-285.

Hamzah B. U. (2013). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PTBumi Aksara.

Usman, H dan Setiady, P. (2006) Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Indarwati, Yulianti. (2006). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru Matematika Dalam Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) pada Sekolah Menengah Atas Kota Palembang. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya. 4(7).

Koesmono, H. T. (2005). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Kerja serta kinerja Karyawan pada Sub Sektor Industri Pengolahan Kayu Ekspor di Jawa Timur, Pustaka Universitas Airlangga, Surabaya.

Mulyasa. (2013). Pengembangan dan implentasi pemikiran kurikulum. rosdakarya bandung.

Syaukani, H. R. (2002). Otonomi Daerah dalam Negara Kesatuan, Pustaka Pelajar, Yogjakarta.

Soejono. (2005). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi dan Kepuasan Kerja Karyawan pada Terminal Penumpang Umum si Surabaya, Jurnal Ekonomi Manajemen, Fakultas Ekonomi-Universitas Petra Surabaya, Journalis Online.

Sudarsana, K. (2017). Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Purwadita. 1(1)

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, T. A. (2009). Indikator Produktivitas Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan. Teknologi Dan Kejuruan, 32(1), 107-118.

Yogaswara, R. (2010). Diktat Kuliah Analisis Kelayakan. Bandung: Jurusan Teknik Industri. Fakultas Rekayasa Industri. IT Telkom.

Widodo, P. P., dkk, (2011). Pemodelan Sistem Berorientasi Obyek Dengan UML. Graha ilmu. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i1.874

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats