Deskriptif Tingkat Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dari Prespektif Aksiologi

Nabrisi Rohid, Siti Masitoh, Mochamad Nursalim

Abstract


Abstract: Motivasi mempunyai peranan besar pada keberhasilan individu dalam belajar. Pada pembelajaran matematika, seorang siswa yang sudah mempunyai kemampuan pemahaman matematis dituntut juga untuk bisa mengkomunikasikannya. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis motivasi belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XI IPS MA Alfalah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket untuk mendapatkan data motivasi belajar dan tes tertulis untuk memperoleh hasil kemampuan komunikasi matematis. Indikator motivasi belajar diantaranya minat, perhatian, konsentrasi dan ketekunan. Indikator yang digunakan dalam mengukur tes komunikasi matematis dalam penelitian ini yaitu Written Text, Drawing dan Mathematical Expressions. Teknik pengolahan data menggunakan reduksi data, penyajian data yang kemudian dinaratifkan. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang mempunyai motivasi tinggi mampu menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis. Sedangkan siswa yang mempunyai motivasi rendah tidak mampu menyelesaikan tes kemampuan komunikasi matematis. 

 

Keywords: Motivasi Belajar, Komunikasi Matematis, Aksiologi

 

 

Abstrak: Motivation has a big role in individual success in learning. In learning mathematics, a student who already has the ability to understand mathematics is also required to be able to communicate it. The aim of this study was to analyze the learning motivation and mathematical communication skills of the XI IPS MA Alfalah students. Data collection techniques in this study used a questionnaire to obtain data on learning motivation and a written test to obtain the results of mathematical communication skills. Indicators of learning motivation include interest, attention, concentration and persistence. The indicators used in measuring the mathematical communication test in this study are Written Text, Drawing and Mathematical Expressions. Data processing techniques use data reduction, presenting data which is then narrated. The results in this study indicate that students who have high motivation are able to complete the test of mathematical communication skills. While students who have low motivation are unable to complete the test of mathematical communication skills.

 

Kata Kunci: Learning motivation, mathematical communication, axiology


Keywords


Motivasi Belajar, Komunikasi Matematis, Aksiologi

Full Text:

PDF

References


Anim, A. Armanto, D. Sari, N. (2021). Perspektif Kajian Aksiologi Pada Pembelajaran Daring Di Era Pandemic. Journal of Science and Social Research Vol IV (3): 276-282.

Ardianik, A. Masitoh, S. Nursalim, M. (2022). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dan Gaya Belajar Siswa Secara Interaksi Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Soal Cerita Matematika dari Perspektif Aksiologi dalam Filsafat Ilmu. Jurnal Ilmiah Soulmath: Jurnal Edukasi Pendidikan Matematika Vol. 10 (2): 163-176. Online Publication. https://doi.org/10.25139/smj.v10i2.5199

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal Vol. 5(2): 172–182. Online Publication. http://dx.doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Fitriani, S. Nurhanurawati, N. Coesamin, M. Pengaruh Kemampuan Awal dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 9 (1) Hal. 31-41. Online Publication. DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v9i1.pp31-41

Goes, N. M., & Boruchovitch, E. (2022). Strategies for regulating motivation and motivation to learn of High School students. Estudos de Psicologia (Campinas) 39. Online Publication. DOI: https://doi.org/10.1590/1982-0275202239e210046

Guay, F. (2022). Sociocultural Contexts and Relationships as the Cornerstones of Students’ Motivation: Commentary on the Special Issue on the “Other Half of the Story”. Educ Psychol. https://doi.org/10.1007/s10648-022-09711-3

Hilmiatussadiah, K. G. (2020). Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Dengan Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia 1(2), 66–69. https://ejournal.upi.edu/index.php/JPEI/article/view/26697

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu 7 (1),9-18.

Mutamima, & Manoy, J. T. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Tipe Kepribadian. 8(3), 576–582.

Nuha, M. U. (2022). The Role of The Administrators in Increasing The Motivation to Learn The Yellow Book in Students at The Al-Ihya Islamic Boarding School ‘Ulumaddin Kesugihan Cilacap. Nusantara Raya International Conference (Nura-ICon), 1(1), 92–96.

Salahuddin, I. (2018). Pengaruh Kemampuan Awal, Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2): 144–155.

Syachtiyani, W. R. & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol 2 (1). Online Publication. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i1.878

Yaniawati, R. P., Indrawan, R., & Setiawan, G. (2019). Core Model on Improving Mathematical Communication and Connection, Analysis Of Students’ Mathematical Disposition. International Journal of Instruction, 12(4). https://doi.org/10.29333/iji.2019.12441a




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i1.2968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats