Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Koordinat Kartesius di Kelas X

Tutiarny Naibaho, Bajongga Silaban, Susi Sihombing

Abstract


Abstract: This study aims to determine the increase in students' mathematical communication skills on Cartesian coordinate material in class X SMA N 1 Pagaran. This type of research is Classroom Action Research (PTK) with the subjects in the study namely students in class X SMA N 1 Pagaran with a total of 20 students. This research was conducted only in one class. The instruments used were post-test 1 and post-test 2 in the form of essays that had been tested for instrument validation and student and teacher observation sheets. After different treatments, the results of observations of student activity during the learning process were obtained, namely 75.5% in the active category, the results of observations of teacher activity during the learning process, namely 3.3 in the very good category, achieved individual student learning completeness by obtaining the proportion of correct answers at least moderate or 65%, the achievement of student learning mastery in a classical manner, namely there are 85% of students obtaining student learning mastery individually at least moderate or 65%, there is an average increase in the percentage of students' mathematical communication in Cycle I, namely 58.65 and Cycle II, namely 76,565. This means that the learning carried out has been successful, so it can be concluded that the Two Stay Two Stray learning model can improve students' mathematical communication on Cartesian coordinate material in class X SMA N 1 Pagaran.

 

Keywords: Model, Cooperative Two Stay Two Stray, Mathematical Communication.

 

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi koordinat kartesius di kelas X SMA N 1 Pagaran. Jenis penelitian ini adalah PenelitianTindakan Kelas (PTK) dengan Subjek dalam penelitian yaitu siswa di kelas X SMA N 1 Pagaran dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini dilakukan hanya pada satu kelas. Insturmen yang digunakan adalah post tes 1 dan post tes 2 dengan bentuk esai yang telah dilakukan uji validasi intrumen serta lembar observasi siswa dan guru. Setelah dilakukan perlakuan yang berbeda, diperoleh hasil observasi aktivitas siswa saat proses pembelajaran yaitu 75.5% dalam kategori aktif, hasil observasi aktivitas guru saat proses pembelajaran yaitu 3.3 dalam kategori sangat baik, tercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dengan memperoleh proporsi jawaban benar paling sedikit sedang atau 65%, tercapainya ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu terdapat 85% siswa memperoleh ketuntasan belajar siswa secara individual paling sedikit sedang atau 65%, terdapat pertambahan rata-rata persentase komunikasi matematis siswa pada siklus I yaitu 58.65 dan siklus II yaitu 76.565. Hal ini berarti pembelajaran yang dilaksanakan telah berhasil, maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray dapat meningkatkan komunikasi matematis siswa pada materi koordinat kartesius di kelas X SMA N 1 Pagaran.

 

Kata Kunci: Model, Kooperatif Two Stay Two Stray, Komunikasi Matematis


Keywords


Model ,Kooperatif Two Stay Two Stray, Komunikasi Matematis

Full Text:

PDF

References


Anis, Q. (2022). Pengaruh Pembelajaran Creative Problem Solving (Cps) Terintegrasi Islam Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sma Ditinjau Dari Penalaran Matematis. Uin Raden Intan Lampung.

Arthaningsih, N. K. J., & Diputra, K. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Melalui Lesson Study Terhadap Hasil Belajar Matematika. Journal Of Education Technology, 2(4), 128. https://doi.org/10.23887/Jet.V2i4.16424

Badin, I., Sahjat, S., & Muhammad, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Viii-C Smp Negeri 7 Kota Ternate Pada Konsep Getaran Dan Gelombang. Saintifik@, 4(2). http://dx.doi.org/10.33387/Sjk.V4i2.1376

Eliantari, N. P. R., Kristiantari, M. R., & Sujana, I. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition Berbantuan Circular Card Terhadap Keterampilan Menulis. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 23. https://doi.org/10.23887/Jppp.V4i1.24780

Fajrin, O. A. (2018). Pengaruh Model Talking Stick Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SD. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 2(1A), 85–91. https://doi.org/10.21067/Jbpd.V2i1a.2353

Khasanah, N., Supriyanto, D. H., & Susanto, S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V. Jurnal Pendidikan Modern, 5(2), 48–56. https://doi.org/10.37471/Jpm.V5i2.74

Laia, K., & Harefa, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. LAURU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 1(1), 8–12. https://doi.org/10.56207/Lauru.V1i1.10

Leniati, B., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan TSTS (Two Stay Two Stray) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(1), 149. https://doi.org/10.23887/Mi.V26i1.33359

Lubis, M. A. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (tsts) dan artikulasi terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem di sma negeri 1 sibabangun kabupaten tapanuli tengah. jurnal biolokus, 1(2), 117.

Mansurah, R., Wahyuningsih, S., Insani, N., & Syaharuddin, S. (2021). Meta-Analisis: Model Kooperatif Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 4(2), 97–102. https://doi.org/10.31764/Elementary.V4i2.5209

Nuriyanto, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Siswa SMP. Jurnal Suluh Edukasi, 1(1), 101–120.

Pour, A. N., Herayanti, L., & Sukroyanti, B. A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Keaktifan Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 2(1), 36. https://doi.org/10.36312/E-Saintika.V2i1.111

Priatna, A., & Patmawati, I. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Peningkatan Keterampilan Menyimak Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(Vol 5 Nomor 2 Desember 2020), 187–203. https://doi.org/10.23969/Jp.V5i2.3535

Putri, P. K., Achmad Hidayatullah, & Shoffan Shoffa. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar. JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 6(1), 24–36. https://doi.org/10.33222/Jumlahku.V6i1.885

Putri, Y. D., & Yarman, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 20 Padang. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Matematika, 8(3), 70–76. http://repository.unp.ac.id/id/eprint/22386

Rachmawati, Y., & Ernawati, T. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1), 45. https://doi.org/10.30738/Natural.V5i1.2564

Sari, A., & Azmi, M. P. (2018). Penerapan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 164–171. https://doi.org/10.31004/Cendekia.V2i1.42

Sartika, D., Musyifah, S., & Syarifuddin, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Cooperatif Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas VIII Mtsn 4 Bima. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(1), 38–50. https://doi.org/10.53299/Diksi.V3i1.139

Septimaningsih, Y., & Zaiyasni, Z. (2020). Pengaruh Model Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2548–2554. https://doi.org/10.31004/Jptam.V4i3.741

Sidabutar, G. S., & Dharsana, I. K. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Melalui Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar PGSD Undiksha, 6(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i2.19463

Sihite, A. M. L., Surahman, M., & Sugiman, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(15).

Suci, A. I., & Yamin, M. (2022). Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Terhadap Hasil Belajar Membaca Siswa. Journal Of Elementary School (JOES), 5(1), 97–105. https://doi.org/10.31539/Joes.V5i1.3967

Sunbanu, H. F., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041. https://doi.org/10.31004/Basicedu.V3i4.260

Utami, S. G., Yuliantini, N., & Hasnawati, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar Negeri Kota Bengkulu. JURIDIKDAS: Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(2), 162–170.

Zairmi, U., Fitria, Y., & Amini, R. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Dalam Pembelajaran IPA DI Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1031–1037. https://doi.org/10.31004/Basicedu.V3i4.221




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i2.3168

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats