PENERAPAN EVALUASI DIRI SEKOLAH DASAR MODEL EMI DI KABUPATEN PONOROGO TAHUN 2017

Subangun Subangun

Abstract


 Abstract: This research is aimed to give an idea about the implementation of self-evaluation of elementary school of Evaluasi Mutu Internal (EMI) model in Kabupaten Ponorogo. This research was conducted in Kabupaten Ponorogo with elementary school research object and elementary school operator in UPTD Kecamatan Jenangan  and UPTD Kecamatan Pulung. The approach used in this research is descriptive qualitative. Data collection techniques used are (1) interview, (2) observation, and (3) documentation. The data analysis used is a qualitative technique, namely to examine the problem on a case by case basis because the researcher believes that the nature of a problem one will be different from the nature of the other problem. The results show that self-evaluation of elementary school EMI model becomes alternative for primary school in preparation of self-evaluation. Self-evaluation of elementary school EMI model has advantages because it can be done easily, quickly, efficiently, and effectively. In addition, self-evaluation of the EMI model can be the basis for the preparation of short and long-term school work plans (RKS). Keywords: Self Evaluation, EMI, Character, Superior School
 

Abstrak: Penelitian ini secara umum bertujuan untuk memberikan gambaran tentang penerapan evaluasi diri sekolah dasar model Evaluasi Mutu Internal (EMI) di Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Ponorogo dengan objek penelitian kepala sekolah dasar dan operator sekolah dasar di UPTD Kecamatan Jenangan dan UPTD Kecamatan Pulung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif, yakni mengkaji masalah secara kasus per kasus karena peneliti yakin bahwa sifat suatu masalah satu akan berbeda dengan sifat dari masalah lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi diri sekolah dasar model EMI menjadi alternatif bagi sekolah dasar dalam penyusunan evaluasi diri. Evaluasi diri sekolah dasar model EMI memiliki kelebihan karena bisa dilakukan dengan mudah, cepat, efisien, dan efektif. Di samping itu, evaluasi diri model EMI bisa menjadi dasar penyusunan rencana kerja sekolah (RKS) jangka pendek dan jangka panjang.  

Kata kunci:  Evaluasi Diri, EMI, Karakter, Sekolah Unggul

 

Full Text:

PDF

References


Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2015. Evaluasi Diri Sekolah. Jakarta: Pusat Pengembangan Tenaga Kependidikan.

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2012. Evaluasi Mutu Internal Perguruan Tinggi Indonesia. Jakarta: Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional. 2010. “Evaluasi Diri Sekolah (EDS): Apa, Mengapa, dan Bagaimana”. Bahan Ajar dan Materi Pelatihan dalam Rangka Penguatan Kemam-puan Kepala Sekolah/Madrasah diakses 26 April 2016.

Hendarman. 2014. “Kendala-Kendala Pelaksanaan Evaluasi Diri Sekolah (EDS)” jurnaldikbud.kemdikbud.go.id diakses 25 April 2016.

Mauluddin, Muhammad dan Amy Yayuk Sri Rahayu. 2013. “Analisis Pelaksanaan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SPMP) Melalui Evaluasi Diri Sekolah (EDS) di SDN Cilandak Timur 08 Pagi Jakarta Selatan. lib.ui.ac.id diakses 26 April 2016.

Nuchron, Sunarto, dan FX Sudarsono. 2013 ”Model Evaluasi Diri Sekolah Menengah Kejuruan di Daerah Istimewa Yogyakarta”. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1, Februari 2013.

Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah. kepri.kemenag.go.id diakses 26 April 2016.

Permendiknas Nomor 63 Tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. sipma.ui.ac.id diakses 26 April 2016.

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. 2012. “Prosedur Operasional Baku EMI”. http://pjm.pens.ac.id diakses 28 April 2016.

Rastiti, Ni Putu Ayu. 2015 “Praktik Pengisian Instrumen Evaluasi Diri Sekolah Online di SDN 3 Banjarangkan Kabupaten Klungkung”. Tesis Program Magister Program Studi Kajian Budaya Program Pascasarjana Universitas Udayana Denpasar dalam www.pps.unud.ac.id diakses 26 April 2016.

Singgih, Moses Laksono. 2013. “Sosialisasi Evaluasi Mutu Internal” (Materi 05). www.moseslsinggih.org diakses 27 April 2016.

Tyas, Fitri Ning dan Desi Nurhikmahyanti. 2014. “Penerapan Program Evaluasi Diri Sekolah (EDS): Studi Kasus di SMA Negeri 1 Gresik”. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 3 No. 3, Januari 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v5i1.113

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats