Efektifitas Penggunaan Software Maple terhadap Pemahaman Mahasiswa Informatika pada Materi Sistem Persamaan Linear
Abstract
Abstract :
Maple software is one of the mathematics software used to assist in learning mathematics. In this study, maple software is used to assist in learning the Linear Equation System (SPL). This is because based on observations and interviews with Informatics students, who study related to SST the Gauss and Gauss Jordan Elimination methods using Elementary Row Operations, experience problems in terms of calculations, accuracy and lack of understanding of the material. So this study aims to see the effect or effectiveness of using maple software on SPL material. This effectiveness is seen by conducting a paired sample t-test, using the value of SPL material learning without using maple software and using maple software, for the same treatment of material and students. The results of this test, the value of Sig. (2-tailed) of 0.000 and the value of Sig. (2-tailed) is less than 5%, so there is effectiveness of using maple software on informatics students' understanding of SPL material.
Abstrak:
Software maple adalah salah satu software matematika yang digunakan untuk membantu dalam pembelajaran matematika. Dalam penelitian ini, software maple digunakan untuk membantu dalam pembelajaran Sistem Persamaan Linear (SPL). Hal ini disebabkan karena berdasarkan observasi dan wawancara terhadap mahasiswa Informatika, yang mempelajari terkait dengan SPL metode Eliminasi Gauss dan Gauss Jordan menggunakan Operasi Baris Elementer, mengalami permasalahan dalam hal perhitungan, ketelitian dan kurang pemahamannya terhadap materi. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh atau efektifitas penggunaan software maple pada materi SPL. Efektifitas ini dilihat dengan melakukan pengujian paired sample t-test, menggunakan nilai pembelajaran materi SPL tanpa menggunakan software maple dan dengan menggunakan software maple, untuk perlakuan materi dan mahasiswa yang sama. Hasil dari pengujian ini, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 dan nilai Sig. (2-tailed) ini lebih kecil dari 5%, sehingga terdapat efektifitas dari penggunaan software maple terhadap pemahaman mahasiswa informatika pada materi SPL.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahadi, G. D., Nur, N., & Ersela, L. (2023). The Simulation Study of Normality Test Using Kolmogorov-Smirnov , Anderson-Darling, and Shapiro-Wilk. Eigen Mathematics Journal, 6(1), 11–19.
As’ari, W., & Dkk. (2022). Perbandingan Hasil Belajar Berdasarkan Penggunaan Software Maple dan Geogebra : Sebuah Meta Analisis. JUSTEK : Jurnal Sains Dan Teknologi, 5(1), 1–10.
Danial, D., Nur Azmy, Jamaluddin, Syarifuddin, & Fitriani. (2022). Efektivitas Penerapan Media Alat Peraga Papan Statistika terhadap Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai, 1(1), 15–19. https://doi.org/10.47435/sentikjar.v1i0.825
Fajrianti, R., & Meilana, S. F. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Animaker Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6630–6637. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3325
Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2), 85–114. https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937
Handayani, S. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas IV MI The Noor Bendunganjati Pacet Mojokerto. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 2(2), 100–107. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v2i2.471
Hanifah, A. I. (2022). Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Aljabar Linear Elementer. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(Query date: 2022-11-22 07:08:36). Retrieved from http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/jpimat/article/view/1625%0Ahttp://files/65076/Hanifah - 2022 - Kemampuan Pemahaman Matematis Pada Mata Kuliah Alj.pdf
Marfu’ah, I., & Heriyati, H. (2023). Analisis Kesalahan Hasil Belajar Mahasiswa pada Operasi Matriks Mata Kuliah Aljabar Linear dan Matriks. Journal on Education, 6(1), 907–917. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3009
Nadlifah, M. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa pada Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Aplikasi Maple. CERMIN : JURNAL PENELITIAN, 7(1), 11–21.
Nawafilah, N. Q. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Menggunakan Operasi Baris Elementer. Jurnal Reforma, 8(1), 167. https://doi.org/10.30736/rfma.v8i1.112
Setiawan, A. D., Yamani, A. Z., & Winati, F. D. (2022). Pengukuran Kepuasan Konsumen Menggunakan Customer Satisfaction Index (CSI) dan Importance Performance Analysis (IPA) (Studi Kasus UMKM Ahul Saleh). Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan, 1(4), 286–295. https://doi.org/10.55826/tmit.v1i4.62
Sholichah, L., Rahmawati, E., & Dewi, G. K. (2022). Pengaruh Model Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1037–1045. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2079
Zain, U. N. I., Affandi, L. H., & Oktaviyanti, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran IPS. Journal Of Classroom Action Research, 4(2), 71–74. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1679
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i2.3315
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/Â is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.