EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VISUAL OFFICE MIX PADA MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Pinkan Amita Tri Prasasti

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to determine the effectiveness of the use of visual media-based office mix  media on science students in the third-semesterf PGSD study Program in Universitas PGRI Madiun in the academic year 2016/2017. This research was a quantitative research with experimental research method. The research design used in this research was Pre Experimental Design with Intact-Group Comparison. In this research, there were two groups selected, that were experimental group and control group. The research subjects were the third semester students consisting of 2 classes, consisting of 37 and 36 student. The data collection technique was done through test, observation and interview. The determination of control class and experiment class was done by simple random sampling technique. In analyzing the data, it was used tatistical methods with t-test (t-test). From the hypothesis test analysis by using t-test with 5% significance level, it was obtained the value of t obs = 19.18 while t table = 1.685. BecauseTobs>t table Ha is accepted. So it can be concluded that the use of visual-based media slide power point (office mix) is effective on learning Science.

 

Keywords: Learning Media Ofice Mix, PGSD, Universitas PGRI Madiun

 

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis visual office mix pada pembelajaran sains mahasiswa semester 3 prodi PGSD Universitas PGRI Madiun Tahun Akademik 2016/2017. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre experimental Design dan jenis penelitian yang digunakan Intact-Group Comparison. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok yang dipilih yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Subjek penelitiannya adalah mahasiswa semester 3 yang terdiri dari 2 kelas, yang berjumlah 37 dan 36. Teknik pemngumpulan data dilakukan melalui tes, observasi dan wawancara. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen dilakukan dengan teknik simple random sampling. Dalam menganalisis data, digunakan metode statistik dengan t-test (uji-t). Dari analisis uji hipotesis soal tes menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%, diperoleh nilai = 19,18 sedangkan = 1,685 Karena > maka diterima. Jadi dapat disimpulkan penggunaan media berbasis visual slide power point (office mix) efektif pada pembelajaran Sains mahasiswa PGSD Universitas PGRI Madiun Tahun Akademik pelajaran 2016/2017.

 

Kata Kunci: Media Pembelajaran Ofice Mix, PGSD, Universitas PGRI Madiun


Keywords


Learning Media Ofice Mix, PGSD, Universitas PGRI Madiun

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setyawan, B. (2012). Pengaruh Media Power Point Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar. Jurnal Skripsi, (http://dispendik.surabaya.go.id/surabayabelajar/jurnal/199/4.6.pdf). Diunduh 08 April 2016.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dirman Dan Juarsih. (2014). Kegiatan Pembelajaran Yang Mendidik. Jakarta: Rineka Cipta.

Rahmawati F. (2011). Efektifitas pemanfaatan media audio visual pembelajaran dalam upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar. jurnal skripsi, (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/3107/1/FITRIA%20NINGTIAS%20RAHMAWATI-FITK.pdf, diunduh 08 April 2016)

Hasanudin. (2015). Penggunaan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Skripsi, (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/29797/1/HASAN-%20FITK.pdf), diunduh 08 April 2016).

Muslich, M. (2011). Authentic Assessment. Bandung: Refika aditama.

Prasasti, P. A. T. (2016). Effectiveness of Scientific Approach in Science Learning with PBL Setting to Empower Science Process Skills. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 14-20.

Prasasti, P. A. T. (2012). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Ranah Kognitf dan Ranah Afektif Siswa Kelas X Semester Genap SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012.

Prasasti, P. A. T. (2014). Pengembangan Modul Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Disertai Fishbone Diagram pada Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Memberdayakan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Kemampuan Menganalisis (Penelitian Pengembangan di SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Rusman. (2013). Belajar Dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta

Sholikhah, O. H. (2017). Implementation Of Quantum Teaching Learning Viewed From Multiple Intelligences in Mathematics Learning In Proceeding Internasional Seminar of Primary Education (Vol. 1).

Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran.Jakarta: Kencana Prenado Meda Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v5i2.126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats