Pengaruh Minat Baca dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA PGRI 1 Jombang

Dwi Wahyuni

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to determine the influence of reading interest and learning motivation on the learning achievement of class X students of SMA PGRI 1 Jombang. Sampling in this study used a saturated sampling technique or census, so the number of samples used was equal to the total population, namely 90 respondents, they were students of class X SMA PGRI 1 Jombang. The data collection technique was carried out by distributing questionnaires to 90 class X students of SMA PGRI 1 Jombang. The conclusion of this study based on the results of multiple regression analysis shows that there is a positive and significant influence on reading interest and motivation together on the learning achievement of class X sma PGRI 1 Jombang students. The coefficient of determination shows that the influence of interest in reading and learning motivation on the learning achievement of class X SMA PGRI 1 Jombang students was 55.2% while the remaining 44.8% was explained by other variables that were not included in this study.

 

Keywords: Reading interest, motivation, learning achievement

 

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat baca dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA PGRI 1 Jombang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh atau sensus, maka jumlah sampel yang digunakan sama dengan jumlah populasi yaitu 90 responden yang seluruhnya adalah siswa kelas X SMA PGRI 1 Jombang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebaran kuesioner kepada 90 orang siswa kelas X SMA PGRI 1 Jombang. Simpulan penelitian ini didasarkan hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan minat baca dan motivasi secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA PGRI 1 Jombang. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa pengaruh minat baca dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA PGRI 1 Jombang sebesar 55,2% sedangkan sisanya 44,8% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

 

Kata kunci: minat baca, motivasi, prestasi belajar


Keywords


minat baca, motivasi, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Depdiknas. (2003). Undang-undang RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Djamarah, Syaiful Bahri. (2000). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hamalik, Oemar. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Harris. A. J & E. R Sipay. (1980). How to Increase Reading Ability. New York: Longman

Juliandi A, Irfan, Manurung S. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis: Konsep dan Aplikasi. Medan: UMSU Press

Nana Sudjana. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa

Somadayo, S. (2011). Strategi dan Teknik Pembelajaran Membaca. Yogyakarta: Graha Ilmu

Sugiyono. (2014). “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Winkel, W.S. (2004). Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i2.2602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats