Respon Mahasiswa Kualifikasi Akademik Guru Madrasah Diniyah Terhadap Pembelajaran Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
Abstract
Abstrack : This study aims to determine the response of students of the Madin qualification program to Al-Islam and Muhammadiyah (AIK) courses as well as the implementation of the AIK course learning at STIT Muhammadiyah Bojonegoro where almost all of these students have Nahdlatul Ulama (NU) background. This study used a qualitative descriptive analytic method, with a focus on research of 5th semester students with a total number of respondents as many as 29 students who were the 2018 class. Data collection techniques used in this study included observation, interviews, questionnaires and documentation. The results of this study can be given the meaning that (1) the provision of AIK courses to Madin students is well accepted and necessary to increase knowledge insight; (2) based on the results of interviews with students in the class, the lecturer gave a very good understanding and did not blame other understandings; (3) the material is in accordance with the curriculum and can provide great influence on the Muhammadiyah perspective so that it allows them to understand Muhammadiyah.
Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon mahasiswa program kualifikasi Madin terhadap mata kuliah Agama Islam dan KeMuhammadiyahan (AIK) serta pelaksanaan pembelajaran mata kuliah AIK di STIT Muhammadiyah Bojonegoro dimana hampir semua mahasiswa tersebut memiliki latar belakang Nahdlatul Ulama (NU). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik kualitatif, dengan fokus penelitian pada mahasiswa semester 5 dengan jumlah responden sebanyak 29 mahasiswa yang merupakan angkatan 2018. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) pemberian mata kuliah AIK kepada mahasiswa Madin diterima dengan baik dan diperlukan untuk menambah wawasan pengetahuan; (2) berdasarkan hasil wawancara dengan mahasiswa di kelas, dosen memberikan pemahaman yang sangat baik dan tidak menyalahkan pemahaman lain; (3) Materi yang sesuai dengan kurikulum dan dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap cara pandang Muhammadiyah sehingga memungkinkan mereka memahami Muhammadiyah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin dkk,. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Modernitas Dalam Gerakan Dakwah Organisasi Muhammadiyah Di Aceh, Al-Idarah : Jurnal Manajemen dan Administrasi Islam.
Bappeda Jatim. Rencana Pembangunan Jangka Mengengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Timur 2014-2019
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. (2015). Laporan Hasil
Monitoring dan Evaluasi Madin Jawa Timur 2015. Surabaya: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.
Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur. (2016). Pedoman Teknis Bantuan Penyelenggaraan Pendidikan Diniyah dan Guru Swasta
Tahun 2016. Surabaya: Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur.
Fariadi. (2010). Persepsi Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Al Islam Dan Kemuhammadiyahan (Aik) : Internalisasi Nilai-Nilai Aik Bagi Mahasiswa. Jurnal PROGRESIVA Vol. 4, No.1.
Kasali, Rheinald. (2007). Re-Code Your Change DNA: Membebaskan Belenggu-belenggu untuk Meraih Keberanian dan Keberhasilan dalam Pembaharuan. Jakarta: Gramedia.
Leonita Siwiyanti, (2015). Peran Studi Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Dalam Pembentukan Akhlak Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Utile Jurnal Kependidikan.
Lexy J Moleong. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
M. Nafiur Rofiq. ( 2011). Eksistensi Kebijakan Pemerintah Provinsi Jawa Timur terhadap Peningkatan Kualifikasi Akademik Guru Madrasah Diniyah di Jawa Timur. JURNAL FALASIFA. Vol. 2 No. 1
Miles, Mattew B dan A. Michael Huberman. (2007). Analisis Data Kualitatif,. Buku sumber tentang metode- metode baru. Jakarta: Universitas Indonesia. Press.
Nakamura, Mitsuo (2012). The Crescent Arises over the Banyan Tree: A Study of the Muhammadiyah Movement in a Central Javanase Town, c. 1910s-2010. Singapore: ISEAS.
Noer, Deliar. (1990). Gerakan Moderen Islam di Indonesia ; 1900-1042. Jakarta: LP3ES.
Pemerintah Provinsi Jawa Timur. (T.th). Pedoman Penyelenggaraan Program Peningkatan Kualitas Guru Madrassah Diniyah Provinsi Jawa Timur. Surabaya: Biro Administrasi Kemasyarakatan.
Rakhmat, Djalaludin. (1999). Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Rofiq, M. Nafiur. 2011. Eksistensi Kebijakan Pemerintah. JURNAL FALASIFA. Vol. 2 No.1.
Suharto, Toto. (2014). Gagasan Pendidikan Muhammadiyah dan NU sebagai Potret Pendidikan Islam Moderat di Indonesia. Surakarta: Jurnal Studi KeIslaman. p.81-109.
Syaifullah. (1997). Gerak politik Muhammadiyah dalam Masyumi. Jakarta : Pustaka utama Grafiti.
Syamsul Hidayat, dkk. (2012). Studi Kemuhammadiyahan: Kajian
Historis Ideologi dan Organisasi. Surakarta: LPID UMS.
Tim Pedoman Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan. (2013). Pendidikan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan perguruan tinggi muhammadiyah. Yogyakarta: Majelis pendidikan tinggi PP muhammadiyah.
Tri Saswandi, Ayu Permata Sari. (2019). Analisis penerapan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam perkuliahan. Jurnal EDUCATIO Jurnal Pendidikan Indonesia. Volume 5 Nomor 1. DOI: https://doi.org/10.29210/120192327 p-ISSN 2476-9886 e-ISSN 2477-0302
Wahyuddin, et.all. (2009). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: PT. Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v8i1.1211
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan Edutama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/Â is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.