Profil Kemandirian Belajar Mahasiswa dan Analisis Faktor yang Mempengaruhinya: Komunikasi Orang Tua dan Kepercayaan Diri

Nursaptini Nursaptini, Muhammad Syazali, Muhammad Sobri, Deni Sutisna, Arif Widodo

Abstract


The purpose of this study is to analyze (1) the profile of learning independence, and (2) the effect of parental communication and confidence in student learning independence. This study uses quantitative expost-facto. The study was conducted on students of Elementary School Teacher Education (PGSD), FKIP Universitas Mataram. The sample consisted of 66 students from 2 different classes and determined by purposive sampling. Data collection uses a closed questionnaire. Analysis of learning independence profiles using descriptive statistics, namely percentages. The influence of parental communication and self-confidence were analyzed using correlation and regression. The results showed that students' learning independence can be grouped into 5 categories: very good (68.18%), better (27.27%), good (1.51%), more than adequate (1.51%), and less (1.51%). The results of the correlation analysis of linear regression showed that the effect of self-confidence was higher (R = 0.553) compared to the effect of parental communication on student self-reliant learning (R = 0.451). This means that self-confidence gives an effect of 55.30%, and parental communication of 45.10% on the formation of student learning independence.       

Keywords: Parental Communication, Self Confidence and Learning Independence

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis (1) profil kemandirian belajar, dan (2) pengaruh komunikasi orang tua dan kepercayaan diri terhadap kemandirian belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan kuantitatif expost-facto. Penelitian dilakukan pada mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), FKIP Universitas Mataram. Sampel berjumlah 66 mahasiswa dari 2 kelas berbeda dan ditentukan secara purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Analisis profil kemandirian belajar menggunakan statistik deskriptif yaitu persentase. Pengaruh komunikasi orang tua dan kepercayaan diri dianalisis menggunakan korelasi dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar mahasiswa dapat dikelompokkan menjadi 5 kategori yaitu sangat baik (68.18%), lebih baik (27.27%), baik (1.51%), lebih dari cukup (1.51%), dan kurang (1.51%). Hasil analisis korelasi dari regresi linear menunjukkan bahwa pengaruh kepercayaan diri lebih tinggi (R = 0.553) dibandingkan dengan pengaruh komunikasi orang tua terhadap kamandirian belajar mahasiswa (R = 0.451). Artinya bahwa kepercayaan diri memberikan pengaruh sebesar 55.30%, dan komunikasi orang tua sebesar 45.10% terhadap pembentukan kemandirian belajar mahasiswa.

Kata kunci: Komunikasi Orangtua, Kepercayaan diri dan Kemandirian Belajar


Keywords


Komunikasi Orangtua, Kepercayaan diri dan Kemandirian Belajar

Full Text:

PDF

References


Akib, H., & Salam, R. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Berbasis Importance Performance Analysis (IPA) pada Kecamatan Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Scientific Pinisi, 2(April 2016), 16–20.

Akib, H., Guntur, M., & Salam, R. (2016). Civitas Academic Perception of “Blissful Services” for Recipient Postgraduate Program State University of Makassar, Indonesia. In International Conference on Public Organization VI (ICONPO VI) (pp. 340–350). Thammsat University, Tha Prachan Campus.

Amanda, M. O., Salam, R., & Saggaf, S. (2017). Pengaruh Supervisi Kepala Sekoalh terhadap Kinerja Guru di SMK Negeri 1 Bungoro Kabupaten Pangkep. In Prosiding Seminar Nasional Himpunan Sarjana Ilmu-ilmu Sosial (Vol. 2, pp. 149–154).

Asiyah, Walid A, Kusumah R.G.T. (2019).Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 9 (3). 217-226.

Azzet, A. M. (2013). Urgensi Pendidikan Karakter diIndonesia Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bungin, B. (2008). Sosiologi Komunikasi Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Prenada Media Group.

Cangara, H. (2011). Pangantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Fauzi, A & Widjajanti DB. (2018). Self-regulated learning: the effect on student’s mathematics achievement. IOP Conf.Series: Journal of Physic: Conf.Series 1097(2018) 012-139.

Fitri, E, Zola, N. Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia). 4 (1): 1-5

Gunawan, H. (2013). Jenis Pola Komunikasi Orangtua dengan Anak Perokok Aktif di Desa Jembayan Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai Kartanegara. Ejournal Ilmu Komunikasi. 1 (3): 218-233.

Indriawati, P. (2013). Pengaruh Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Universitas Balikpapan. JPE (Jurnal Pendidikan Edutama ). 5 (2). 1-8.

Kemdiknas.go.id. 2012. Membangun Rasa.

Megawati & Fakhri Kahar. (2017). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Dengan Guru terhadap Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Office, Vol.3, No.1, 34-42.

Naim, N. (2011). Dasar-dasar Komunikasi Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Pratiwi, I. D & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian belajar pada Siswa SMA Negeri X. Jurnal Psikologi Teori dan Terapan. 7 (1): 43-49.

Ramadhani, R. (2013). Komunikasi Interpersonal Orangtua dan Anak dalam Membentuk Perilaku Positif Anak pada Murid SDIT Cordova Samarinda. Ejournal Ilmu Komunikasi. 1 (3): 112-121.

Simorangkir N.R, Menanti & Azhar, A. (2014). Kontribusi Komunikasi Persuasif Guru terhadap Kepercayaan Diri dan Motivasi Belajar. Analitika Jurnal Magister Psikologi UMA. 6 (2) 68-76.

Siswoyo. (2013). Pendidikan Untuk Pencerahan & Kemandirian Bangsa. Yogyakarta: Fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Sobri, M. dan Moerdiyanto (2014). Pengaruh Kedisiplinan dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya. Harmoni Sosial Jurnal Pendidikan IPS. 1(1) 43-48.

Syahputra, D. (2017) Pengaruh Kemandirian Belajar dan Bimbingan Belajar terhadap Kemampuan dan Memahami Jurnal Penyesuaian pada Siswa SMA Melati Perbaungan. At-Tawassuh, 2(2) 368-388.

Suhardita, Kadek. (2011). Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan dalam Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa (Penelitian Quasi Eksperimen pada Sekolah Menengah Atas Laboratorium (Percontohan) UPI Bandung Tahun Ajaran 2010/2011). Jurnal UPI Edisi Khusus (1): 127-138.

Yanti, S & Surya, E. (2017) Kemandirian Belajar dalam Memaksimalkan Kualitas Pembelajaran.https://www.researchgate.net/publication/321833928.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v7i1.711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats