Pengembangan Panduan Transformasi Administrasi Pembelajaran berbasis Digital melalui Google Aplikasi

Widia Sukma Sari, Bambang Ismanto, Tri Nugroho Budi Santoso

Abstract


life, including education. Indirectly, it requires the digitalization ability of teachers. However, it still faces various problems with many factors. The purpose of this research is to produce a product development guide to become a solution of the problems encountered.  It is development research (R&D) with the ADDIE development design model. The subjects of this research are teachers at the Christian Business and Management Vocational School in Salatiga. The data collection techniques applied are observations, interviews, documentations, and expert judgment. The results obtained from this guide through expert validation are as follows: material expert assessment 3.6 with the "Very Eligible" category, assessment of linguists received a rating of 4 with category "Very Eligible", and media expert category 3.5 with the "Very Eligible" category. Based on the results of the assessments of these experts, it can be concluded that this guide product’s suitable for use in an educational institution. This guide is able to become a literacy medium to help teachers improve their digitalization skills, especially in managing various learning documents that play an important role in the teaching and learning activities carried out.

 

Keyword: guide development, learning administration, teacher digitalization

 

Abstrak: Perkembangan globalisasi yang maju saat ini menuntut peningkatan kualitas manusia pada segala aspek kehidupan termasuk pada dunia pendidikan. Secara tidak langsung hal ini menuntut kemampuan digitalisasi para guru. Tetapi pada praktiknya, masih banyak permasalahan dengan banyaknya faktor yang mendasari.  Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan suatu produk pengembangan panduan untuk menjadi sebuah solusi dari permasalahan yang dihadapi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model desain pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah para guru di SMK Kristen Bisnis dan Manajemen Salatiga. Teknik pengumpulan data yang diterapkan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan penilaian para ahli. Hasil kelayakan yang diperoleh pada produk panduan ini melalui validasi para ahli sebagai berikut: penilaian ahli materi memperoleh penilaian 3,6 dengan kategori “Sangat Layak”, penilaian ahli bahasa memperoleh penilaian 4 dengan kategori “Sangat Layak”, dan penilaian ahli media sebesar 3,5 dengan kategori “Sangat Layak”. Berdasar hasil penilaian uji kelayakan beberapa para ahli tersebut, dapat disimpulkan bahwa produk panduan ini layak digunakan pada institusi pendidikan. Produk panduan ini mampu menjadi media literasi dan membantu para guru meningkatkan kemampuan digitalisasinya, terutama dalam mengelola berbagai dokumen administrasi pembelajaran yang berperan penting pada kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan.    

 

Kata Kunci: pengembangan panduan, administrasi pembelajaran, digitalisasi guru


Keywords


pengembangan panduan, administrasi pembelajaran, digitalisasi guru

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2014). Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013 (Cetakan kesatu). Refika Aditama.

Aliffia, S., Aprinastuti, C., & Amelia, M. A. (2022). Pengembangan Buku Panduan Guru Materi Debit Berbasis Etnomatematika Menggunakan Tradisi Bercocok Tanam Padi di Kulon Progo. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(1), 1229–1243. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2147

Andriani, D. N., & Daroin, A. D. (2022). Analisis Faktor Keberhasilan Pembelajaran Menggunakan Learning Management System (LMS). Jurnal Pendidikan Edutama, 9(1), 1–10.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-0-387-09506-6

Danuri, M. (2019). Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital. Jurnal Ilmiah Infokom, 15(2).

Dharmawan, K., Ramona, Y., Rupiasih, N., & Nilakusmawati, D. P. E. (2015). Pemanfaatan Aplikasi Google Docs Sebagai Media Pembinaan Karya Ilmiah Remaja. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi & Aplikasinya, 45–48.

Fathurrahman, M. (2018). Pentingnya Arsip Sebagai Sumber Informasi. JIPI (Jurnal Perpustakaan Dan Informasi), 3(2), 215–225.

Hendrawati, R., Ismanto, B., & Iriani, A. (2021). Pengembangan Website Bimbingan Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1401–1408. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.931

Kudiasanti, R. T. A. (2017). Pengembangan Aplikasi Edukatif Berbasis Android dan Dekstop “Edcounting-App” sebagai Media Pembelajaran Akuntansi Keuangan Siswa Kelas XI AK SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Negeri Yogyakarta.

Kurniazuhroh, F., & Adhe, K. R. (2019). Pengembangan Buku Panduan Menjahit Bagi Guru Taman Kanak-Kanak Di Sidoarjo. PAUD Teratai, 8(1).

Lestari, N., & Wirasty, R. (2019). Pemanfaatan Multimedia Dalam Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. AMALIAH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 3(2), 349–353. https://doi.org/10.32696/ajpkm.v3i2.289

Mansyur, A. R. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and learning journal, 1(2), 113–123.

Ningrum, O. S., & Puspasari, D. (2015). Penggunaan Aplikasi Google Drive Sebagai Penunjang Paperless Office. Jurnal Administrasi Perkantoran (JPAP), 3(3).

Pemerintah Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Permendikbud.

Pramono, D., Ngabiyanto, N., Isnarto, I., & Saputro, I. H. (2021). Online Assessment pada Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19: Transformasi Dunia Pendidikan Menuju Paperless Policy. Indonesian Journal of Conservation, 10(2), 97–99.

Prananto, I. W. (2018). Media Pembelajaran Tematik Berbasis Macromedia Flash 8 yang Berkualitas. Prosiding Seminar Nasional “Penguatan Pendidikan Karakter Pada Siswa Dalam Menghadapi Tantangan Global, 203–207.

Puspitasari, A., & Rakhmawati, L. (2013). Pengembangan E-Book Interaktif Pada Mata Kuliah Elektronika Digital. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 537–543.

Putra, W. M., & Merliana, N. P. E. (2021). Peran Arsip Digital Dalam Mendukung Proses Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP, 3, 141–152.

Santoso, T. N. B. (2022). Pengembangan Sistem Database Berbasis Tri Darma Perguruan Tinggi Pada Program Studi Pendidikan Ekonomi. JAMP : Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 5(1), 36–45. https://doi.org/10.17977/um027v5i12022p36

Sherren, K., Parkins, J. R., Smit, M., Holmlund, M., & Chen, Y. (2017). Digital archives, big data and image-based culturomics for social impact assessment: Opportunities and challenges. Environmental Impact Assessment Review, 67, 23–30. https://doi.org/10.1016/j.eiar.2017.08.002

Widayanti, M. D., & Abidin, M. Z. (2020). Pengembangan Buku Panduan Pembelajaran Metode Proyek Untuk Guru TK. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 164–181. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7222

Widoyoko, S. E. P., & Qudsy, S. Z. (2014). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v9i2.2506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats