Pelatihan Pengembangan Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan pada Caffe Boat Nangg To'i di Desa Lasi Kilo Dompu NTB

Rosa Yuliati, Eka Farida

Abstract


This service activity aims to provide training to Caffe Boat Nanga To'i owners regarding digital marketing through the Instagram social media platform.The marketing system implemented by business owners is still lacking because it only uses face to face information. So it is hoped that this digital marketing development training can help increase sales of Caffe Boat Nanga To'i and contribute to increasing tourists at Nanga To'i Beach in Lasi Village. The method of implementing this service begins with the observation and interview stages, then assisting in creating Instagram accounts and taking photo spots, then providing Caffe Boat Nanga To'i marketing digitization training on Instagram accounts. The results of this service show that business owners understand the digital marketing system through Instagram social media and know what consumers need so that the business being run is able to compete with other competitors.


Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan kepada pemilik Caffe Boat Nanga To’i mengenai digital marketing melalui platform media sosial Instagram. Sistem pemasaran yang diterapkan oleh pemilik usaha masih tergolong kurang karena hanya menggunakan informasi face to face. Sehingga diharapkan dengan adanya pelatihan pengembangan digital marketing ini dapat membantu meningkatkan penjualan Caffe Boat Nanga To’i serta ikut berkontribusi dalam meningkatkan wisatawan di Pantai Nanga To’i desa Lasi. Metode pelaksanaan dalam pengabdian ini diawali dengan tahap observasi dan wawancara, selanjutnya pendampingan pembuatan akun instagram dan pengambilan gambar spot-spot foto, kemudian memberikan pelatihan digitalisasi marketing Caffe Boat Nanga To’i di akun instagram. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pemilik usaha telah memahami sistem pemasaran digital melalui media sosial Instagram serta mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh konsumen agar bisnis yang sedang dijalankan mampu bersaing dengan kompetitor lainnya.


Keywords


Pelatihan, Digital Marketing, Penjualan

Full Text:

PDF

References


Arif, Alfis. (2022). Workshop Digital Pariwisata Desa Bantuan Kabupaten Lahat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Fordicate (Informatics Engineering Dedication). Vol. 1 No. 2 Tahun 2022. E-ISSN: 2809-2546.

Farida, Eka., & Ramadhan, T.S. (2021). Pendampingan dan Pelatihan Digitalisasi Pin UMKM Di Google Maps Desa Andonosari. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat. Vol. 2 (2021) hal. 296-301. eISSN. 2808-8182. Penerbit: Universitas Islam Malang.

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 14 Jakarta: Erlangga.

Supardi. (2022). Pelatihan Pembuatan Handycrafts Untuk Mengembangkan Potensi Industri Kreatif Masyarakat di Dekranasda Jakarta Barat. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat). Vol. 6. No. 2 (2022). ISSN: 2581-1320 (Print) ISSN:2581-2572 (Online). Homepage: http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS

Yoeti, Oka A. (1996). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung. Penerbit: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i1.3212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats