Pendampingan Pembuatan Nama Store dan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Usaha Sarung BHS

Eka Farida, Ifa Khoiria Ningrum, Dewi Endah Fajariana

Abstract


ABSTRACT

In facing the current very open and competitive market mechanism, market dominance is a prerequisite for increasing business competitiveness. The problem faced and the weakness of the MSME group is the lack of access to information, especially market information. This is an obstacle because limited access to market information can result in low market reviews which can lead to weakened competitiveness. The method we use is direct observation of MSME actors. Through the assistance program for creating store names and digital marketing, we hope to be able to help MSME actors to create brand names that can build business image and reputation, and gain recognition from the public as consumers of marketed products.

 

ABSTRAK

Dalam menghadapi mekanisme pasar yang sangat terbuka dan kompetitif saat ini, penguasaan pasar merupakan prasyarat untuk meningkatkan daya saing usaha. Masalah yang dihadapi dan menjadi kelemahan kelompok UMKM adalah kurangnya akses informasi, khususnya informasi pasar. Ini menjadi kendala karena dengan keterbatasan akses informasi pasar tersebut dapat mengakibatkan rendahnya peninjauan pasar sehingga dapat menyebabkan melemahnya daya saing. Metode yang kami pakai yaitu observasi langsung kepada pelaku UMKM. Melalui program pendampingan pembuatan nama store dan digital marketing, kami berharap dapat membantu pelaku UMKM untuk membuat nama brand yang dapat membangun citra dan reputasi usaha, serta memperoleh pengakuan dari masyarakat selaku konsumen produk yang dipasarkan.


Keywords


Store Name, Digital Marketing, Business Development

Full Text:

PDF

References


Ariwibowo, P. (2017). Strategi pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam pengentasan kemiskinan dan pembangunan perekonomian di indonesia. JABE (Journal of Applied Business economy), 173-183.

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid I Edisi Ke 14 Jakarta: Erlangga.

Latisia, S. (2019). Strategi pemberdayaan usaha mikr, kecil dan menengah (UMKM) di Kota Kediri. Jurnal Mediasosian : Jurna Ilmu Sosial dan Administrasi Negara, 1(2), 62-75.

Rahmawati, Edy. (2016). E-Marketing : Strategi Pemasaran Ukm Berbasis Teknologi Informasi Untuk Menembus Pasar Global, Seminar Nasional IENACO-2016 ISSN:2337-4349. Management Departement, Faculty of Economics & Business, University Of Mataram.

Rochjadi Hafiluddin & Saleh, C. (2014). Strategi pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Berbasis "Community Based Economic Development". Wacana, Sosial, Dan Humaniora, 17(2), 68-77.

https://www.similarweb.com/top-websites/indonesia/e-commerce-and-shopping/marketplace/




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v8i2.4834

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats