Optimalisasi Penggunaan Digital Marketing Melalui Sosial Media dan E-Commerce pada Industri Kecil Menengah di Desa Kingkang, Kabupaten Klaten

Suranto Suranto, Dhany Efita Sari, Sabar Narimo, Titik Ulfatun, Rochman Hadi Mustofa, Joko Suwandi, Muhammad Fahmi Johan Syah, Surya Jatmika, Tri Nur Wahyudi, Mohammad Chairil Asmawan, Yovi Annang Setiyawan, Habil Azhar Hendawan

Abstract


ABSTRACT

Small and Medium Industries (SMIs) have an important role in realizing community development and welfare. In the current Industry 4.0 era, SMIs are required to keep up with technological developments, including SMIs players who must be able to use digital media as the main support for their business success. To support SMIs in optimizing the use of digital marketing, it is necessary to have effective assistance activities. The community service activities are in partnership with the assisted SMIs in Kingkang Village, Wonosari, Klaten. These activities focus on assisting SMIs in increasing promotion and sales through digital media business accounts, namely Instagram and Shopee e-commerce. The method used is to provide direct assistance in creating and managing business accounts. The assistance was done for one month with 13 sessions. The results of this program show that 100% of SMIs in Kingkang Village have had an Instagram business account and 70% of them have a Shopee account. SMIs are proven to have understood the use and management of these two digital media as promotion and sales media. Furthermore, SMIs felt the improvement in skills in how to use various features on Instagram and Shopee. Suggestions after these assistance activities are the need for follow-up activities with continuous guidance in using digital marketing effectively and optimally so it can support marketing activities and increase sales of SMIs’ businesses.

Keywords: digital marketing, small and medium industries, Instagram for Business, Shopee.

ABSTRAK

Industri Kecil Menengah (IKM) memiliki peran penting dalam mewujudkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat. Di era Industri 4.0 saat ini, IKM dituntut untuk terus mengikuti perkembangan teknologi, diantaranya pelaku IKM di mana mereka harus bisa memanfaatkan media digital sebagai pendukung utama kesuksesan usahanya. Untuk menunjang IKM dalam optimalisasi penggunaan digital marketing, maka diperlukan adanya kegiatan pendampingan yang efektif. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bermitra dengan IKM binaan yang ada di Desa Kingkang, Wonosari, Klaten. Kegiatan ini berfokus pada pendampingan IKM dalam peningkatan promosi dan penjualan melalui akun bisnis media digital yaitu Instagram dan e-commerce Shopee. Metode yang digunakan yaitu dengan memberikan pendampingan langsung pembuatan dan pengelolaan akun bisnis. Pendampingan dilakukan selama satu bulan dengan 13 sesi. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa 100% IKM di Desa Kingkang telah memiliki akun bisnis Instagram dan 70% memiliki akun Shopee. IKM terbukti sudah memahami penggunaan dan pengelolaan kedua media digital tersebut sebagai media promosi dan penjualan. Selain itu, IKM merasakan adanya peningkatan keterampilan tentang cara penggunaan berbagai fitur di Instagram dan Shopee. Saran setelah kegiatan pendampingan adalah perlunya kegiatan tindak lanjut dengan pembinaan berkelanjutan di dalam menggunakan pemasaran digital secara efektif dan optimal sehingga dapat mendukung kegiatan pemasaran dan meningkatkan penjualan usaha IKM.

Kata Kunci : digital marketing, industri kecil menengah, Instagram Bisnis, Shopee.


Keywords


digital marketing, industri kecil menengah, Instagram Bisnis, Shopee

Full Text:

PDF

References


Afrilia, A.M. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi. Jurkom, Riset Komunikasi. 1(1), 145–147. DOI: https://doi.org/10.24329/jurkom.v1i1.21

Andika, M., Masithoh, S., Kholiq, Y.N., Nisa, D.A., & Rohmah, N. (2021). Efektivitas Marketplace Shopee sebagai Marketplace Belanja Online yang Paling Disukai Mahasiswa. Journal of Education and Technology, 1(1), 24-29.

Arsanti, M., Wardani, O.P., Chamalah, E., Azizah, A., Setiana, L.N., & Turahmat. (2021). Pelatihan Pembuatan Iklan Pada Media Digital E-Commerce Sebagai Strategi Marketing Para Pelaku UMKM Biyunge Di Desa Panusupan Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 209-218. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i2.2184

Astuti, R. P., Kartono, K., & Rahmadi, R. (2020). Pengembangan UMKM melalui Digitalisasi Teknologi dan Integrasi Akses Permodalan. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8, 248–256. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.29313/ethos.v8i2.5764

Fajarwati, S. (2021). Internet Marketing Produk Crochet Sebagai Peluang Usaha Rumahan Bagi Ibu-Ibu Dawis. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 5(2), 63-68. DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v5i2.2149

Fauziah. (2020). Strategi Komunikasi Bisnis Online Shop “Shoppe” Dalam Meningkatkan Penjualan. Jurnal ABIWARA, 1(2), 45-53. DOI: https://doi.org/10.31334/abiwara.v1i2.792

Hendriyani, I.G.D.A. (2022, 9 April). Siaran Pers: Kemenparekraf Percepat Digitalisasi Produk dan Jasa Subsektor Ekraf Melalui “Baparekraf Digital Innovation Lab 2022”. https://kemenparekraf.go.id/destinasi-super-prioritas/siaran-pers-kemenparekraf-percepat-digitalisasi-produk-dan-jasa-subsektor-ekraf-melalui-baparekraf-digital-innovation-lab-2022

Idah, Y. M., & Pinilih, M. (2020). Strategi Pengembangan Digitalisasi UMKM. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers: Pengembangan Sumber Daya Pedesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan IX, 9(1), 195–204.

Indika, D.R. & Jovita, C. (2017). Media Sosial Instagram Sebagai Sarana Promosi Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis Terapan, 1(1), 25-32. DOI: https://doi.org/10.24123/jbt.v1i01.296

Mirza, M. & Ali, H. (2020). Strategi E-Commerce Shoppe: Dalam Konteks Bisnis Etik. Jurnal Manajemen, 10(2), 99-104. DOI: https://doi.org/10.26460/jm.v10i2.1509

Nursyifani, A & Sijabat, Y. P. (2021). Upaya peningkatan UMKM berbasis inovasi dan kreativitas di masa pandemi. Jurnal Economica, 9(2). 158-164. DOI: https://doi.org/10.46750/economica.v9i2.56

Prajana, A.M., Syafikarani, A. & Nastiti, N.E. 2021. Pemanfaatan Video Streaming Sebagai Media Pemasaran Pada Fitur Shopee Live. Jurnal TANRA, 8(2), 142-152. DOI: https://doi.org/10.26858/tanra.v8i2.22651

Purwana, Rahmi, R., & Aditya, S. (2017). Pemanfaatan Digital marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(1), 1-17. DOI: https://doi.org/10.21009/JPMM.001.1.01

Putri, A. S., & Zakaria, R. (2020). Analisis Pemetaan E-Commerce Terbesar di Indonesia Berdasarkan Model Kekuatan. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC 2020, 1–14.

Rachmawaty, A. (2021). Strategi Marketing Menggunakan Instagram (Studi kasus: Sapinesia). ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), 39-51.

Ridwan, I.M., Fauzi, A., Aisyah, I., Susilawati, & Sofyan, I. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal ABDIMAS BSI: urnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 137–142. DOI: https://doi.org/10.31294/jabdimas.v2i1.4974

Sabila, A.R. & Kusumaningrum, L. (2020). Analisis Kualitas Layanan E-Commerce Shopee Dalam Meningkatkan Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus: Pelanggan Shopee Di Kota Tangerang 2020). Jurnal Ji-Tech, 16(2), 72-80.

Tyas, E.H. (2019). Menggapai Mimpi Melalui Entrepreneurship. Jakarta: UKI Press.

Untari, D., & Fajariana, D.E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen, 2(2), 271-278. DOI: https://doi.org/10.31294/widyacipta.v2i2.4387

Yuniar, M.D. (2020). Aplikasi Instagram Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online : Sebuah Studi Pada Akun Warung Mamak. INTELEKTIVA: Jurnal Ekonomi, Sosial, dan Humaniora, 2(3), 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i1.2473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats