Pendampingan Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Promosi Penjualan IKan Air Tawar di BUMDes Karya Muda Pandanajeng Tumpang Malang

Afi Rachmat Slamet, Eka Farida, Fahrurrozi Rahman

Abstract


ABSTRACT

BUMDes Karya Muda Pandanajeng is a village business unit that focuses on the cultivation and marketing of freshwater fish. The purpose of establishing BUMDes is to increase village potential, increase village income, and make it easier for the community to be able to consume fresh water fish to meet the nutritional needs of the community with the nutritional content present in fish. This service activity aims to add insight into Karya Muda Pandanajeng BUMDes regarding the importance of developing digital marketing to increase the promotion of fresh water fish sales. The method of implementing this community service is participatory, namely a method that is oriented towards efforts to increase the role of the community directly in the process and its implementation. This assistance is carried out through sharing digital marketing knowledge, preparing the formation of media used for digital marketing, as well as the realization of digital marketing, and monitoring implementation. The results of this service activity show that developing digital marketing at Karya Muda Pandanajeng BUMDes has a problem, namely, there is no workforce that can be given responsibility for implementing digital marketing. Therefore, the servant provides advice and understanding to the Karya Muda Pandanajeng BUMDes director to appoint members who have knowledge of social media and digital marketing, who can then develop online marketing through social media marketing.

Keywords: Digital Marketing, Freshwater Fish, BUMDes

 

ABSTRAK

BUMDes Karya Muda Pandanajeng merupakan unit usaha desa yang berfokus terhadap budidaya dan pemasaran ikan air tawar. Tujuan pendirian BUMDes ini untuk meningkatkan potensi desa, menambah pemasukan desa, serta mempermudah masyarakat untuk dapat mengonsumsi ikan air tawar guna mencukupi kebutuhan gizi masyarakat dengan kandungan gizi yang ada dalam ikan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menambah wawasan terhadap BUMDes Karya Muda Pandanajeng mengenai pentingnya melakukan pengembangan pemasaran secara digital demi meningkatkan promosi penjualan ikan air tawar. Metode pelaksanaan pengabdian ini adalah partisipatif, yaitu metode yang berorientasi kepada upaya peningkatan peran masyarakat secara langsung dalam proses dan pelaksanaannya. Pendampingan ini dilakukan melalui sharing keilmuan pemasaran digital, persiapan pembentukan media yang digunakan untuk pemasaran secara digital, serta realisasi pemasaran secara digital, dan pemantauan pelaksanaan. Hasil kegiatan pengabdian ini menunjukkan bahwa melakukan pengembangan pemasaran secara digital di BUMDes Karya Muda Pandanajeng memiliki kendala yakni, belum adanya tenaga kerja yang dapat diberi tanggung jawab dalam pelaksanaan pemasaran digital. Oleh karena itu, pengabdi memberikan saran serta pengertian terhadap direktur BUMDes Karya Muda Pandanajeng untuk menunjuk anggota yang memiliki pengetahuan mengenai media sosial dan pemasaran digital, yang selanjutnya dapat mengembangkan pemasaran secara online melalui sosial media marketing.

Kata Kunci: Pemasaran Digital;,  Ikan Air Tawar, BUMDes


Keywords


Pemasaran Digital, Ikan Air Tawar, BUMDes

Full Text:

PDF

References


Budiyanto, N.E., & Mustagfirin. (2016). Aplikasi Gemar Memakan Ikan Dengan Android Untuk Menumbuhkan Minat Konsumsi Ikan di Universitas Wahid Hasyim Semarang. Momentum, 12 (1), 9-15.

Farida, Eka., & Ramadhan, T.S. (2021). Pendampingan dan Pelatihan Digitalisasi Pin UMKM Di Google Maps Desa Andonosari. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Masyarakat, Vol. 2, 296-301. eISSN. 2808-8182. Penerbit: Universitas Islam Malang.

Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jilid I. Edisi ke 14 Jakarta: Erlangga.

Yuliati, R., & Farida, Eka. Pelatihan Pengembangan Digital Marketing Dalam Meningkatkan Penjualan pada Caffe Boat Nanga To’i di Desa Lasi Kilo Dompu NTB. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengebdian Kepada Masyarakat), 7 (1), 71-76.

World Health Organization, International Atomic Energy Agency & Food and Agriculture Organization of the United Nations. (‎1996)‎. Trace elements in human nutrition and health. World Health Organization.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v7i2.3534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats