PENINGKATAN KINERJA PEMASARAN MELALUI PELATIHAN PERENCANAAN BAGI KELOMPOK USAHA KERAJINAN TAUFAN HANDRYCRAFT DI KOTA BATAM

Raymond Raymond

Abstract


Many SMEs failed in the initial process of operations, one reason the failure of SMEs is the lack of analysis of marketing planning undertakings run. Marketing planning is a chart of a design to achieve a business goal. The aim is to create value for consumers in favorable conditions or in the current marketing concept of a mutually beneficial relationship. The method used is to give lectures and explanations about the theory of business marketing planning, and Participants will be given training in making marketing business planning in addition Participants will be given the opportunity to discuss the problems faced in making business marketing planning. The results obtained from this training are Participants are motivated to make Marketing planning and skilled in making marketing Planning

Keywords:  Training, MSME, Marketing plan

ABSTRAK

Banyak UMKM gagal dalam proses awal pengoperasionalannya, salah satunya alasan gagalnya UMKM tersebut adalah kurangnya analisa terhadap perencanaan pemasaran usaha yang dijalankan. Perencanaan pemasaran adalah suatu bagan dari suatu desain untuk mencapai suatu tujuan bisnis. Tujuannya adalah untuk menciptakan nilai bagi konsumen dalam kondisi tetap menguntungkan atau dalam konsep pemasaran saat ini suatu hubungan yang saling menguntungkan. Metode yang digunakan adalah memberikan ceramah dan pemaparan tentang teori perencanaan pemasaran usaha, dan Peserta diberi pelatihan dalam membuat perencanaan pemasaran usaha selain itu Peserta diberikan kesempatan untuk mendiskusikan permasalahan yang dihadapi dalam pembuatan perencanaan pemasaran usaha. Hasil yang diperoleh dari pelatihan ini adalah Peserta termotivasi membuat Perencanaan pemasaran dan terampil dalam membuat Perencanaan pemasaran

Kata Kunci: Pelatihan, UMKM, Perencanaan pemasaran.  


Keywords


Pelatihan, UMKM, Perencanaan pemasaran

Full Text:

PDF

References


BPS. (2014). Batam Dalam Angka. Batam.

Dharmmesta, B. S. (2014). Peran Pemasaran dalam Perusahaan dan Masyarakat.

Mondy, & Noe. (2005). Human Resource Management (9th ed.). Pearson Prentice Hall.

Partomo. (2004). Usaha kecil dan menengah dan koperasi. Working Paper Series No.9.center for Industry and SMEs Studies.

Triastity, R. (2011). Marketing Plan Sebagai Upaya Pencapaian Strategi Pemasaran Perusahaan Jangka Panjang. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 11(1), 38–47.

Trimurti. (2008). Model Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Penerapan Teknologi Tenun Ikat. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 8(1), 96–103.

Wibowo, D. H. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm ( Studi pada Batik Diajeng Solo ). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i1.151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J-ABDIPAMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats