Penyuluhan Pengintegrasian Nilai Karakter dalam Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di Sekolah

Yoga Budi Bhakti, Irnin Agustina Dwi Astuti, Harun Rasjid, Sumiah Nasution

Abstract


The purpose of community service activities is to provide counseling about the value of character in the learning curriculum 2013 as well as provide training to measure the student’s attitudes in learning process. The value of character is considered necessary and make it a requirement in the increase or graduation in learning in the curriculum 2013. This service is done in three stages, there are planning, implementation, and evaluation. The planning stage is to prepare the presentation materials of character value integration in learning and values and attitudes measurement, training and extension module, and facilities and infrastructure in supporting the training. Implementation stage is training activities conducted on December 20-21, 2016. Evaluation stage is to provide evaluation of the training participants' products results in the implementation plan of learning and assessment of the performance of the participants. The methods used in this activity are training and mentoring and discussion. Training is done by providing information in knowing the value of the characters contained in the learning and providing training on how to measure values and attitudes. The results of this activity teachers can understand and apply the value of characters in learning in school.

Keywords : 2013 curriculum; character value; integrated. 

ABSTRAK

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk memberikan penyuluhan tentang nilai karakter dalam pembelajaran di kurikulum 2013 serta memberi pelatihan untuk mengukur sikap peserta didik dalam pembelajaranNilai karakter dipandang perlu dan menjadikannya sebagai syarat dalam kenaikan ataupun kelulusan dalam pembelajaran di kurikulum 2013. Kegiatan ini dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan yaitu menyiapkan bahan presentasi integrasi nilai karakter dalam pembelajaran dan pengukuran nilai dan sikap, modul pelatihan dan penyuluhan, serta sarana dan prasarana dalam menunjang pelatihan. Tahap pelaksanaan yaitu kegiatan pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 20-21 Desember 2016. Tahap evaluasi yaitu memberikan evaluasi terhadap hasil produk peserta pelatihan dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dan penilaian performa peserta. Metode yang digunakan dalam kegiatan pelatihan ini adalah dengan pelatihan dan pendampingan serta diskusi. Pelatihan dilakukan dengan cara memberikan informasi dalam mengetahui nilai karakter yang terkandung dalam pembelajaran dan memberikan pelatihan tentang cara mengukur nilai dan sikap. Hasil produk pelatihan ini dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran yang dapat dikembangkan lagi.

Kata Kunci : kurikulum 2013, nilai karakter, integrasi.


Keywords


kurikulum 2013; nilai karakter; integrasi

Full Text:

PDF

References


Bhakti, Y. (2017). Evaluasi Program Model CIPP pada Proses Pembelajaran IPA. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 1(2), 75 - 82. https://doi.org/10.30599/jipfri.v1i2.109

Bhakti, Y. B., & Astuti, I. A. D. (2018). The Influence Process of Science Skill and Motivation Learning with Creativity Learn. Journal of Education and Learning, 12(1), 30 -35.

Kemendikbud, R. I. (2014). Bahan Pelatihan Kurikulum 2013.

Nasional, K. P. (2010). Desain induk pendidikan karakter. JakartaKemendiknas RI.

Lickona, T. (1991). Educating for Character. How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility.

Mulyatna, F., Indrawati, F., & Hartati, L. (2018). Pelatihan Pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berdasarkan Kurikulum 2013. Abdimas Dewantara, 1(1), 11-22.

Mussolikhah, D. T., & Suputra, I. N. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 Pada Program Keahlian Administrasi Perkantoran (APK) SMK Negeri 1 Turen Kabupaten Malang. Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen, 1(3), 206-213.

Patmawati, S. Integrasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Mata Pelajaran Tata Hidang Siswa SMK Negeri 4 Yogyakarta.

Salim, A. (2016). Integrasi Nilai–Nilai Karakter Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Studi di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Kabupaten Kulon Progo Yogyakarta. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 6(2), 111-133.

Susilawati, R. N. U., & Dewi, H. C.. (2016). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol.3 No.1, Maret 2016.

Sutijan, S., Makhfud, H., Lestari, L., & Chumdari, C. (2015). Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan Karakter Terpadu. Paedagogia, 18(2), 1-9.

Zainuddin, M. (2008). Reformasi pendidikan: Kritik kurikulum dan manajemen berbasis sekolah. Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v2i2.195

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 J-ABDIPAMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats