Meningkatkan Nilai Jual Kerupuk Bawang “Berkah” Melalui Perancangan Desain Dan Media Promosi Di Desa Penidon Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban

Luluk Faridah, Dinita Rahmalia, Elin Rias Tuti, Siti Mutmainnah, Mohammad Naufal Abdi, M. Faris Naufal Hamdani, Fathul Fuad Attamini

Abstract


ABSTRACT

Onion Blessing Crackers are home products produced in Penidon Village, Plumpang District, Tuban Regency. This brand has been widely known by people, especially Tuban and its surroundings. But over time, buyers of this product have the same target age, there are no new buyers who know this brand. Then, how to make this Blessing Onion Cracker product known by the wider community so as to increase the sale and purchase of Blessing Onion crackers? Based on the problems faced, an approach method is needed, namely: Graphic Design Training, Digital Marketing Training, Website Development (World Wide Web), Social Media Development, Promotional Media Development. This services seeks to provide solutions to the above problems, through design design and promotional media with various considerations of design models so that they can become effective and attractive promotional media.

 

Keywords: Onion Crackers, Design, Promotional Media

 

ABSTRAK

Kerupuk Bawang Berkah adalah produk rumahan yang diproduksi di Desa Penidon Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban. Merk ini telah dikenal banyak orang khususnya Tuban dan sekitarnya. Namun seiring berjalan waktu, pembeli produk ini memiliki target usia yang sama tidak ada pembeli baru yang mengetahui merk ini. Lalu Bagaimanamembuat Kerupuk Bawang Berkah dikenal oleh masyarakat yang lebih luas sehingga meningkatkan penjualan dan produksi Kerupuk Bawang Berkah? Berdasarkan permasalahan yang dihadapi, diperlukan suatu metode pendekatan, yaitu : Pelatihan Desain Grafis, Pelatihan Digital Marketing, Pembuatan Situs (World Wide Web), Pembuatan Media Sosial, Pembuatan Media Promosi. Pengabdian ini berusaha memberikan solusi terhadap permasalahan diatas, melalui perancangan desain dan media promosi dengan berbagai pertimbangan model desain agar bisa menjadi media promosi yang efektif dan menarik.

 

Kata kunci: Kerupuk Bawang, Desain, Media Promosi


Keywords


Onion Crackers, Design, Promotional Media,

Full Text:

PDF

References


Ihsan, Bisarul, and Aulia Zuhrufi Nafisa. "Analisis Wacana Kritis pada Kumpulan Esai Muslim Tanpa Masjid Karya Kuntowijoyo." Hasta Wiyata 4.1 (2021): 50-57.

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo, 2002

Kotler, Philip & Kevin Lane Keller, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga. 2010

Rangkuti, Freddy. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Intergrated Marketing. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama. 2009

Sanyoto, Sadjiman Ebdi, Nirmana Elemen-Elemen Seni dan Desain, Yogjakarta: Jalasutra. 2009

Dewantari, Nustin Merdiana, Mutaqin, Ade Irman Saeful, Mariawati, Ade Sri, dkk. “Pemberdayaan Masyarakat dalam Meningkatkan Ekonomi Dengan Inovasi Olahan Pisang”. J Abdipamas 6.1 (2022): 83-88

Azizah, Aida, Chamalah, Evi, Arsanti, Meilan, dkk. “Pendampingan Pemasaran Online Hasil Pengolahan Kopi di Desa Wisata Lerep Ungaran Barat Kabupaten Semarang”. J. Abdipamas 6.1 (2022): 99-106

Suranto, Suranto, Sari, Dhany Efita, Narimo, Sabar, dkk. “Optimalisasi Penggunaan Digital Marketing Melalui Sosial Media dan E-Commerce pada Industri Kecil Menengah di Desa Kingkang, Kabupaten Klaten”. J. Abdipamas 6.1 (2022): 123-136




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v6i2.2782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats