Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis AI Bagi Guru Sejarah di Kabupaten Lahat

Syarifuddin Syarifuddin

Abstract


The massive development of digital technology has influenced various areas of human life, including education. AI is a technology that has the potential to provide a new color in the creation of learning media. However, the lack of teacher readiness to optimize the use of AI is still an obstacle, which is why training in creating learning media based on artificial intelligence (AI) was carried out for history teachers in Lahat Regency. This activity aims to help teachers understand and utilize technology in their teaching process. The participants who attended were history teachers in Lahat Regency. This training is carried out in various ways, including lectures, discussions and direct practice sessions. In the training, teachers were introduced to several AI applications, such as Bing Image Creator, Google Bard, and CapCut. During the activity, the teachers showed great enthusiasm. They show a strong desire to learn and practice using this technology. After attending the training, many teachers feel more confident and have new skills in creating interactive and interesting learning media. Evaluations carried out after the training also showed that they were now able to apply the knowledge gained in creating learning media, which was expected to improve the quality of teaching in the classroom.

Keywords: Community Service, Training, Learning Media, AI

ABSTRAK

Perkembangan teknologi digital secara masif telah mempengaruhi berbagai bidang kehidupan manusia termasuk diantaranya pada bidang pendidikan. AI merupakan teknologi yang memiliki potensi untuk memberikan warna baru dalam pembuatan media pembelajaran. Namun kurangnya kesiapan guru untuk mengoptimalisasi penggunaan AI masih menjadi hambatan, oleh karena itulah dilaksanakan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis kecerdasan buatan (AI) bagi guru sejarah di Kabupaten Lahat. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu guru-guru dalam memahami dan memanfaatkan teknologi dalam proses pengajaran mereka. Para peserta yang hadir merupakan guru sejarah di Kabupaten Lahat. Pelatihan ini dilakukan dengan cara yang bervariasi, meliputi ceramah, diskusi, dan sesi praktik langsung. Dalam pelatihan, para guru diperkenalkan pada beberapa aplikasi AI, seperti Bing Image Creator, Google Bard, dan CapCut. Selama kegiatan, terlihat sekali antusiasme yang besar dari para guru. Mereka menunjukkan keinginan yang kuat untuk belajar dan berlatih menggunakan teknologi ini. Setelah mengikuti pelatihan, banyak guru yang merasa lebih percaya diri dan memiliki keterampilan baru dalam menciptakan media pembelajaran yang interaktif dan menarik. Evaluasi yang dilakukan setelah pelatihan juga menunjukkan bahwa mereka kini sudah bisa menerapkan pengetahuan yang didapat dalam pembuatan media pembelajaran, yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas pengajaran di kelas.

Kata Kunci: Pengabdian Kepada Masyarkat,Pelatihan, Media Pembelajaran, AI


Keywords


Pengabdian Kepada Masyarkat,Pelatihan, Media Pembelajaran, AI

Full Text:

PDF

References


Fitri, W. A., & Dilia, M. H. H. (2024). Optimalisasi Teknologi AI dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54.

F. Y. Liriwati, “Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan Untuk Membangun Pendidikan Yang Relevan di Masa Depan,” IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, vol. 1, no. 2, 2023.

Gil de Zúñiga, H., Goyanes, M., & Durotoye, T. (2024). A Scholarly Definition of Artificial Intelligence (AI): Advancing AI as a Conceptual Framework in Communication Research. Political Communication, 41(2), 317–334. https://doi.org/10.1080/10584609.2023.2290497

Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Pembelajaran dan Asesmen di Era Digitalisasi. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 05(2), 473–476.

Rachmadtullah, R., Jessy Tanod, M. R., Irawan, N., McNeilly, A., & Suharni. (2014). Journal of Elementary Education. Elementary School Teachers’ Perspectives on Utilizing Artificial Intelligence for Developing Learning Media, 3(November), 14–20. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jee

Sarumaha, Y. A., Putra, A. P., & Hermawan, T. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 21–30. http://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/view/1043%0Ahttp://publikasi.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/APM/article/download/1043/724

Rahmawati, D., & Lutfi. (2024). Analisis Penerapan Metode Ceramah dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Pemahaman Materi Peran Ekonomi dalam Menyejahterakan Masyarakat di Mata Pelajaran IPS. 2, 510–518.

Wahyuningsih, E. N., & Handayani, S. D. (2024). Jurnal elementer. 1(November), 10–19.

W. S. Tonra, N. Angkotasan, D. P. Sari, and M. Ikhsan, “Menjadi Guru Kreatif melalui Aplikasi Canva,” JPM (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat), vol. 8, no. 1, 2023, doi: 10.21067/jpm.v8i1.7152.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/j-abdipamas.v8i2.4801

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat)

by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/J-ABDIPAMAS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats
demo slot pg slot gacor slot gacor