EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BERBASIS LCD PROJECTOR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI MAHASISWA

Nur Rohman, Dian Nurul Safitri

Abstract


Abstract : The purpose of this research is to know the effectiveness of LCD Projector-based learning with contextual learning model on student achievement in the course of learning planning mathematics IKIP PGRI Bojonegoro. This research uses a quantitative approach and includes quasi experimental research because it is not possible to control all variables that affect the dependent variable. The population in this study is all students of second level of Mathematics Education department of IKIP PGRI Bojonegoro. The sample in this research is obtained by simple random sampling. The hypothesis proposed will be tested using the t-test. The result of this research is LCD projector-based learning with contextual learning model more effective than conventional learning.

 

Abstrak : Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis LCD Projector dengan model pembelajaran kontekstual terhadap prestasi mahasiswa pada mata kuliah perencanaan pembelajaran matematika IKIP PGRI Bojonegoro. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk penelitian eksperimental semu karena tidak memungkinkan untuk mengontrol semua variabel yang mempengaruhi variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester empat tingkat II Prodi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Bojonegoro. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dengan cara simple random sampling. Hipotesis yang dikemukakan akan diuji menggunakan uji-t. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran berbasis LCD proyektor dengan model pembelajaran kontekstual lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional.

 



Keywords


Model Pembelajaran Kontekstual, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Amin, A. K. (2012). Eksperimentasi Pembelajaran Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Memasukkan Unsur-Unsur Quantum Learning pada Sub Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Se -Kabupaten Bojonegoro. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Hariadi, S. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran LCD Proyektor dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI), Vol. 11, No. 1, 100-110.

Krisiandi. (2016, Desember 15). Daya Imajinasi Siswa Lemah. Retrieved from Kompas.com: https://nasional.kompas.com/read/2016/12/1523091361/daya.imajinasi.siswa.lemah

Marwanto, R., Suhartono, & Joharman. (2014). Penerapan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Peningkatan Pembelajaran Bangun Ruang Siswa Kelas V SD Negeri 2 Pejagatan Tahun Ajaran 2013/2014. Kalam Cendikia, Vol. 3, No. 6.1, 592-596.

Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran : Sebagai Referensi bagi Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta : Kencana.

Salahudin, A. (2011). Filsafat Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Sanjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Slameto. (2010). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Trianto. (2007). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Utami, Y. (2017). Pengaruh Pemanfaatan Media Pembelajaran Proyektor LCD Menggunakan Program Power Point Terhadap hasil Belajar Siswa dalam Menentukan Volume Kubus dan Balok pada Bangun Ruang. Jurnal Mantik Penusa, Vol. 1, No. 1, 52-58.

Yama, D. (2015). The Revitalization Policy Of Character-Education In Terms Of Strengthening The Concept Of Nationalism. Directorate General the National Unity and Politics Agency (Kesbangpol), the Ministry Of Home Affairs . International Journal of Education, Vol. 8, No. 2, 103-110.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v5i2.197

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats