Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa

Astrie Anggraini, Nurussakinah Daulay

Abstract


Abstract: This study has a goal to know the effectiveness of group counseling services with self-management techniques in improving student learning discipline. Research using quantitative research method with quasi experimental design with Nonequivalent Control Group design model, with pretest-posttest control group design. The technique of taking this respondent's response to purposive sampling. Respondents This study X-regular class and took 8 students to become a control group and 8 students to become experimental groups. The results data analysis showed that there was a significant difference of student learning discipline after being treated group counseling with self management technique (F 0.003 <0.05). Conclusion Ha accepted and Ho rejected, the post-test experimental group and post-test control group significantly. That is, group counseling services with self-management techniques are effective in improving student learning discipline.

 

Keywords: Group Counseling Service, Self Management, Discipline

 

 

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas layanan konseling kelompok dengan teknik self management dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan quasi experimental design dengan model nonequivalent control group design, dengan pretest-posttest control group design. Teknik pengambilan responden penelitian ini secara purposive sampling. Responden penelitian ini yaitu kelas X-Reguler dan diambil 8 siswa untuk menjadi kelompok kontrol dan 8 siswa menjadi kelompok eksperimen. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan kedisiplinan belajar siswa setelah diberi perlakuan konseling kelompok dengan teknik self management (F 0,003 < 0,05). Kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak, yaitu post-test kelompok eksperimen dan post-test kelompok kontrol berbeda secara signifikan. Artinya, layanan konseling kelompok dengan teknik self management efektif dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa.

 

Kata Kunci: Layanan Konseling Kelompok, Self Management, Kedisiplinan Belajar


Keywords


Layanan Konseling Kelompok, Self Management, Kedisiplinan Belajar

Full Text:

PDF

References


Akmaluddin, A., & Haqqi, B. (2019). Kedisiplinan belajar siswa di sekolah dasar (sd) negeri cot keu eung kabupaten aceh besar (studi kasus). Journal Of Education Science, 5(2), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.3314/jes.v5i2.467

Anggraeni, D. (2021). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 1.

Dakhi, A. S. (2020). Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Deepublish.

Elvina, S. N. (2019). Teknik self management dalam pengelolan strategi waktu kehidupan pribadi yang efektif. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(2), 123–138. https://doi.org/https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1058

Fatimah, A. N., Sujayati, W., & Yuliani, W. (2019). Efektivitas Teknik Self-Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Sma. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 2(1), 24–29. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/fokus.v2i1.4173

Harahap, P., & Chita, A. (2021). Prosedur Kelompok Dalam Konseling. Yogyakarta: Mirra Buana Media.

Kurniati, E. (2018). Bimbingan dan konseling di sekolah; prinsip dan asas. Ristekdik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 54–60. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31604/ristekdik.2018.v3i2.54-60

Kurniawati, E., Arafat, Y., & Puspita, Y. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan melalui Manajemen Berbasis Sekolah. Journal of Education Research, 1(2), 134–137. https://doi.org/10.37985/joe.v1i2.12

Lestari, E., Cahyono, H., & Awaluddin, A. (2019). Penerapan model pembelajaran group investigation pada materi lingkaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 124–139. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.12814

Lubis, L., Daulay, N., & Zainuddin, Z. (2022). Improving Student Achievement Through Group Guidance Services with Self-Management Techniques. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 7(2), 201–216. https://doi.org/https://doi.org/10.31538/ndh.v7i2.2031

Nadhifa, F., Habsy, B. A., & Ridjal, T. (2020). Konseling Kelompok Realita untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah, Efektifkah? Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(1), 49–58. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/PIP.341.6

Nanang, A. (2019). fadlilah aisah,‘Optimalisasi Peran Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Konseling Dalam Mengatasi Masalah Belajar Siswa.’ Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7.

Nasution, H. S., & Abdillah, S. A. (2019). Bimbingan Konseling “Konsep, Teori dan Aplikasinya.” Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Nurjannah, N., Israwaty, I., & Azzahra, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tentang Pengaruh Kalor Terhadap Kehidupan. J-HEST Journal of Health Education Economics Science and Technology, 4(2), 115–121. https://doi.org/10.36339/jhest.v4i2.6

Padil, P., & Nashruddin, N. (2021). Implementasi layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa di sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(1), 25–36. https://jurnal.stkipmb.ac.id/index.php/jubikops/article/view/151

Prasojo, R. J. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1), 37082.

Rahmawati, G. A. (2019). Efektifitas Teknik Self Management Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas X Tpm Smk Muhammadiyah 2 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2018/2019. FKIP Bimbingan Konseling, 1–11. simki.unpkediri.ac.id

Silvia, S., Ratnaningsih, N., & Martiani, A. (2019). Miskonsepsi kemampuan pemecahan masalah matematik berdasarkan langkah polya pada materi aljabar. Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers.

Sri Hariati, P. N., Rohanita, L., & Safitri, I. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 6(1), 18–22. https://doi.org/10.36987/jpms.v6i1.1657

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). Faktor kedisiplinan belajar pada siswa kelas x smk larenda brebes. Mimbar Ilmu, 24(2), 232–238. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279

Syifa, H., Farial, F., & Prasetia, M. E. (2022). Faktor Penyebab Ketidakdisiplinan Siswa Dalam Kehadiran di SMA Negeri 1 Alalak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5518–5526. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9150

Telaumbanua, K. (2018). Efektivitas layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kedisiplinan belajar siswa kelas XI SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Education And Development, 4(1), 25. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/ed.v4i1.248

Ulfa, M., & Suarningsih, N. K. (2018). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Melalui Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kapontori. Psikologi Konseling, 12(1). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/konseling.v12i1.12181

Umam, A. K. U., & Hasanah, M. (2023). Teknik Self-Management pada Layanan Konseling untuk Peningkatan Kedisiplinan Siswa. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 9(2), 57–66.

Wahyuningsih, D. D. (2020). Panduan Untuk Konselor Teknik Self Management Dalam Bingkai Konseling Cognitive Behavior Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa SMP. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.

Wulandari, T., Syukur, Y., Netrawati, N., & Hariko, R. (2022). Efektivitas konseling kelompok dengan pendekatan cognitive behavior therapy untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(2), 376–380. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29210/022282jpgi0005

Yusran, N., & Setyowati, A. (2022). Layanan bimbingan kelompok teknik self-management untuk meningkatkan kematangan karir peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Ahmad Dahlan, 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i2.3200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats