Analisis Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan di Sekolah Dasar Negeri Sidoarjo
Abstract
Abstract: This article describes the achievement of educator and education personnel standards at SDN 2 Sidoarjo as a pilot school. This type of research is qualitative research with a case study approach, conducted by obtaining primary and secondary data from observation, interviews and documentation. The research subjects were the principal, 21 teachers and 4 education personnels at SDN 2 Sidoarjo. Data analysis techniques used data reduction models, data presentation and drawing conclusions or verification that developed by Miles and Huberman. The results obtained are the analysis of the standards of educators and education personnel at SDN 2 Sidoarjo has met the standards of educators and education personnel based on the Regulation of the Minister of National Education of the Republic of Indonesia No.13 of 2007. However, there are findings that some educators still have a diploma or high school education but these educators are currently in the process of obtaining a bachelor's degree or S1 PGSD / PGMI in accordance with applicable educator standards, the role of principals in Improvement of Human Resources through further study, professional training and continuing to upgrade the skills of educators and education personnel, the pattern of leadership management of school coconuts is very decisive in meeting national education standards.
Keywords: analysis, teacher, education personal, SDN 2 Sidoarjo
Abstrak: Artikel ini mendeskripsikan ketercapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan di Sekolah Dasar Negeri 2 Sidoarjo sebagai sekolah percontohan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, dilakukan dengan mendapatkan data primer dan sekunder dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, 21 guru dan 4 tenaga kependidikan di SD Negeri 2 Sidoarjo. Teknik analisis data menggunakan model reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman. Hasil yang diperoleh adalah analisis standar pendidik dan tenaga pendidikan di SD Negeri 2 Sidoarjo telah memenuhi standar pendidik dan tenaga kependidikan berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No.13 Tahun 2007 Namun terdapat temuan beberapa tenaga pendidik masih memiliki ijazah atau pendidikan terakhir SMA akan tetapi tenaga pendidik tersebut saat ini sedang berproses untuk mendapatkan ijazah sarjana atau S1 PGSD/PGMI sesuai dengan standar tenaga pendidik yang berlaku, peran kepala sekolah dalam Improvement Of Human Resources melalui study lanjut, pelatihan keprofesian dan terus melakukan upgrading skill tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, pola managemen kepemimpinan kelapa sekolah sangat menentukan dalam pemenuhan standar nasional pendidikan .
Kata Kunci: analisis, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, SDN 2 Sidoarjo
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggranei, F. N. (2020). Realitas Kompetensi Guru Pasca Sertifikasi. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION : Economic, Accounting, Management and Business, 3(4), 331–340. https://doi.org/10.37481/sjr.v3i4.229
Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis kompetensi profesional guru. Jambura Journal of Educational Management, 1(2), 122–130. https://doi.org/10.37411/JJEM.V1I2.522
Cahyono, L. E., Wibowo, S. B., & Murwani, J. (2015). Analisis penerapan 8 standar nasional pendidikan pada SMP Negeri 2 Dolopo kabupaten MadiunUPATEN MADIUN. Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan, 4(2), 161–167. https://doi.org/10.25273/JAP.V4I2.684
Citrowati, E., & Nurhafizah, N. (2019). Profesionalisme guru dalam mengembangkan anak sejak usia dini sebagai generasi penerus bangsa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(1),.
Damanik, J. (2015). Upaya dan strategi pemenuhan standar nasional pendidikan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 8(3), 151. https://doi.org/10.33541/JDP.V8I3.126
Darmadi, H. (2015). Tugas, peran, kompetensi, dan tanggung jawab menjadi guru profesional. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 161–174. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/edukasi.v13i2.113
Depdiknas, R. I. (2005). Standar Nasional Pendidikan. Pp Ri, (19).
Diani, R., Asyhari, A., & Julia, O. N. (2018). Pengaruh model RMS (reading, mind mapping and sharing) terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada pokok bahasan Impuls dan momentum. Jurnal Pendidikan Edutama, 5(1), 31. https://doi.org/10.30734/JPE.V5I1.128
Emzir, P. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan. Tadbir : Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 1(2), 215. https://doi.org/10.29240/jsmp.v1i2.295
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan sistem pendidikan nasional untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. FOUNDASIA, 11(2). https://doi.org/10.21831/FOUNDASIA.V11I2.26933
Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan solusi untuk meningkatkan kompetensi dan kualitas guru : sebuah kajian pustaka. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(2), 123–132.
Jamin, H. (2018). Upaya meningkatkan kompetensi profesional guru. At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 19–36. Retrieved from https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/112
Kementerian Pendidikan Nasional. (2007). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 13 Tahun 2007 Tanggal 17 April 2007 Tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah. (April), 1–6.
Khrisnamurti, D. A. (2019). Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan standar pendidik dan tenaga kependidikan di SMA Negeri 6 Samarindaik dan Tenaga Kependidikan di SMA Negeri 6 Samarinda. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(3), 191–199. https://doi.org/10.21093/TWT.V6I3.1736
Lestari, S. (2018). Analisis Standar Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (Studi Di SDN 3 Tamanagung Banyuwangi). Nidhomul Haq, 3(1), 18–22. https://doi.org/10.31538/NDH.V3I1.35
Mastiningsih, N. N. (2020). KURIKULUM IDEAL, KURIKULUM AKTUAL, DAN HASIL BELAJAR. Jurnal Widya Sastra Pendidikan Agama Hindu, 2(2), 108–117.
Mu’minin, N. A., Muchtar, A., & Zakiyaturrobi’ah, L. (2015). Kompetensi pendidik dalam pendidikan agama islsam. Intelegensia Jurnal Pendidikan Islam, 03(01), 75–88.
Mulyasa, E. (2010). Menjadi guru profesional : Menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan (Mukhlis, ed.). Bandung.
Pemerintah, P., Indonesia, R., Atas, P., Rahmat, D., Yang, T., Esa, M., & Indonesia, P. R. (2013). PP RI 32 2013 tentang standar nasional pendidikan.
Poerwandari, D. E. K. (2017). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. LPSP3 UI.
Raharjo, M., safitri, E. R., & Saputra, A. (2023). The development of the hybrid learning method with the open broadcaster software (OBS) application. Proceedings of the Fifth Sriwijaya University Learning and Education International Conference (SULE-IC 2022), 398–408. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-010-7_40
Riantoni, C., & Nurrahman, A. (2020). Analisis tingkat hubungan karakter jujur siswa terhadap hasil belajar IPA terpadu. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(2), 1–8. https://doi.org/10.30734/JPE.V7I2.512
Saifulloh, M., Muhibbin, Z., & Hermanto, H. (2012). Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Sosial Humaniora, 5(2), 206–218. https://doi.org/10.12962/j24433527.v5i2.619
Sanda, Y., Warman, W., Pitriyani, A., & Yesepa, Y. (2022). Peningkatan mutu perguruan tinggi melalui manajemen pendidik dan tenaga kependidikan. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 85–94.
Setiawan, I. (2019). Analisis Ketercapaian Indikator pada Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan di SMP Muhammadiyah Cipanas. At-Tarbawi: Jurnal Kajian Kependidikan Islam, 4(1), 40. https://doi.org/https://doi.org/10.22515/attarbawi.v4i1.1565
Sherly, S., Indajang, K., & Dharma, E. (2021). Analisis ketercapaian standar pendidik dan tenaga kependidikan SMA Swasta Sultan Agung Pematangsiantar. Jurnal Education and Development, 9(4), 456–462. https://doi.org/10.37081/ED.V9I4.3163
Sopandi, A. (2019). Pengaruh Kompetensi Profesional Dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Guru. SCIENTIFIC JOURNAL OF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.5281/zenodo.2628070
Subandi, N., Galuh, P., Sauri, S., Berlian, U. C., & Pendidikan, M. (2021). ANALISIS STANDAR PROSES PENDIDIKAN MENUJU PENDIDIKAN. 1(1).
Sukiyanto, S., & Maulidah, T. (2020). Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap motivasi guru dan karyawan. Jurnal Pendidikan Edutama, 7(1), 127. https://doi.org/10.30734/JPE.V7I1.874
Sumar, W. T. (2018). Implementasi Kompetensi Guru Mengelola Kurikulum K13 Dalam Pembelajaran Tematik Di Sdn Se Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Pedagogika, 9(1), 71–87. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i1.28
Triwiyanto, T. (2013). Standar nasional pendidikan sebagai indikator mutu layanan manajemen sekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, 19(2), 112000. https://doi.org/10.17977/JIP.V19I2.4208
Tunas, B., & Sunaryo, W. (2020). Peningkatan Efektivitas Beban Kerja Guru Tersertifikasi dalam Jabatan Melalui Evaluasi Program dengan Pendekatan Model CIPP pada Madrasah Tsanawiyah Negeri Kabupaten Serang Provinsi Banten (Doctoral dissertation, Universitas Pakuan). Bogor : SPS Unpak., 2021.
Undang-Undang Republik Indonesia. (2005). Nomor 14 Tahun 2005. Tentang Guru Dan Dosen, 2005(14), 1–50.
UU No. 24 Tahun. (2007). No Titleывмывмыв. Ятыатат, вы12у(235), 245.
Yanti, H., & Syahrani, S. (2021). Standar bagi pendidik dalam standar nasional pendidikan Indonesia. Adiba: Journal of Education, 1(1), 61–68. Retrieved from https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/42
DOI: http://dx.doi.org/10.30734/jpe.v10i2.3145
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Pendidikan Edutama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
JURNAL PENDIDIKAN EDUTAMA(JPE) by http://ejurnal.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/JPE/Â is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.